Membuat Media Tanam Dengan Polybag

KemejingNet.Com. Membuat Media Tanam Dengan Polybag. Saat ini banyak para petani yang berbudidaya tanaman dengan media polybag maupun pot. Alasan utama budiaya tanaman dengan polybag maupun pot adalah karena keterbatasan lahan yang ditanami. Alasan lain kenapa memanfaatkan polybag sebagai media tanam adalah, mudah dalam merawat tanaman.

Membuat medua tanam dengan polybag sangatlah mudah, kita tinggal mempersiapan polybag yang besar ataupun bisa menggunakan karung bekas (karung bekas pelet ikan sangat kuat bila buat polybag). Persiapkan juga  media tanamnya, seperti tanah, kompos, dan juga pupuk kandang, semakin banyak pupuk kandang maupun kompos akan semakin bagus kandungan unsur hara yang terdapat dalam media tanam.

Membuat Media Tanam Dengan Polybag

Cara Membuat Media Tanam Dengan Polybag

Nah berikut ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan dalam membuat media tanam dengan polibag :

I. Bahan-bahan
  • Plastik polybag / Bisa juga menggunakan karung bekas.
  • Tanah
  • Kompos.
  • Pupuk Kandang.
II. Cara Membuat
  • Campurkan media tanah dengan kompos dan pupuk kandang. (bila tak ada pupuk kandang cukup dengan kompos saja).
  • Setelah semua tercampur, isi polybag dengan media tanam yang telah dicampur tadi sampai penuh.
  • Siram polybag yang terisi media tanah sampai basah, dan polybag siap untuk ditanami.
Jenis tanaman yang bisa ditanam dengan media polybag
Banyak jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan media polybag ini, namun pada umumnya jenis tanaman yang sering ditanam dalam media polybag ini adalah, cabe, tomat, terong, jahe, kunir dan masih banyak lagi.

Manfaat menanam dengan media tanam polybag
Dengan menanam mengunakan media polybag ini kita bisa memanfaatkan lahan pekarangan ataupun taman depan rumah. Selain akan memperasri keadaan seputar lingkungan rumah, kita juga tidak perlu repot apabila keetika mau masak dan membutuhkan bumbu dapur kita tinggal mengambilya saya di kebun polybag yang telah ada.

Manfaat lain dari menanan dengan media polybag ini adalah, tanaman bisa kita rawat dengan baik, sebab tanaman akan mudah dipantau apalagi bila tenpatnya dekat dengan pekarangan seitar rumah kita.

Budidaya tanaman dengan menggunakan media polybag juga bisa kita manfaatkan sekaligus sebagai taman di pekarangan rumah, pekarangan rumah pasti akan lebih terlihat asri bila banyak tanaman yang ada, apalagi bila tanaman yang kita tanam berfariasai, misalnya ada cabe, tomat, dll.

Demikian cara membuat media tanam dengan polybag, bagaimana Anda tertarik untuk berbudidaya tanaman dalam polybag di pekarangan rumah Anda?, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!