Mitos Asam Urat Karena Mengkonsumsi Melinjo

Apakah Anda penyuka emping melinjo? Bila iya pernahkah Anda merasakan badan kurang enak ketika Anda mengkonsumsi emping secara berlebihan. Emping melinjo sangat enak bila dimakan untuk camilan. Memang ketika makan makanan yang satu ini, rasanya tidak mau berhenti sebelum habis.

Banyak mitos yang mengatakan bahwa kalau makan melinjo dapat menyebabkan kenaikan asam urat (Hiperurisemia) yang signifikan. Hal ini memanglah benar adanya karena melinjo mengandung purin. Peningkatan asam urat terjadi karena gangguan metabolisme purin dan asupan purin tinggi dari makanan itu secara berlebihan.

Hiperurisemia terjadi karena gangguan pengeluaran asam urat oleh ginjal. Hiperurisemia dapat disebabkan oleh faktor genetik dan dapat diturunkan. Konsumsi makanan dengan purin tinggi, konsumsi gula dan lemak berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat. Kegemukan, pengguna obat diuretik, diet penurunan berat badan, juga sering menyebabkan hiperurisemia. Namun, apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan dan cara pengolahannya benar, semua itu tidak akan menyebabkan asam urat. Simak juga Mengenal Lebih Dekat Pohon Melinjo

Hal yang bisa menyebabkan kenaikan asam urat ketika mengkonsumsi melinjo adalah ketika Konsumsi secara berlebihan dan minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng emping hasil olahan melinjo tersebut yang menyebabkan kadar asam uratnya meningkat. Jadi, bukan melinjo itu sendiri yang menyebabkan asam urat, karena apabila disiapkan dalam bentuk makanan lain tanpa minyak dan tidak dikonsumsi secara berlebihan tidak akan menyebabkan peningkatan asam urat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mitos Asam Urat Karena Mengkonsumsi Melinjo"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel