Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata

KemejingNet.Com. Saat menulis artikel dalam blog maupun saat menulis di MS word, kita sering dihadapkan pada berapa jumlah kata yang telah kita tulis tersebut. Selain itu pekerjaan yang konyol dan melelahkan, tentunya itu adalah pekerjaan yang membuat kepala kita pusing apabila harus menghitung secara manual satu persatu jumlah kata yang telah kita tulis.

Anda bisa membayangkan harus berapa lama jika kita harus menghitng kata yang ada secara manual. Selain melelahkan tentunya kita akan banyak kehilangan waktu yang berharga jika harus melakukan hal tersebut.

Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata

Dalam artikel ini akan kita bahas 2 cara mudah menghitung jumlah kata yang ada dalam sebuah dokumen. Cara yang pertama adalah mengitung jumlah kata dalam MS word dan Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Word Count Tool.

Didalam MS Word sebenarnya telah tersedia sebuah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk menghitung berapa jumlah kata yang telah diketikkan dalam dokumen.

Cara Membuat Lembar Kerja Patroit Dan Landscape Sekaligus Di Word

Fitur tersebut adalah Word Count (Penghitung Kata) dimana fitur ini dapat kita gunakan dengan mudah untuk menghitung berapa jumlah halaman, jumlah kata, jumlah charakter tanpa spasi, jumlah charakter dengan spasi, jumlah paragraf, dan jumlah baris.

Nah... mudah bukan,? Anda ingin tau caranya, silahkan ikuti langkah langkah berikut ini  :

Cara Menghitung Jumlah Kata Dengan MS Word

1. Silahkan buka dokumen MS Word yang ingin Anda hitung jumlah katanya.
2. Silahkan blog atau gunakan Ctrl+A pada tulisan yang ingin Anda hitung.
3. Pada menu bar, silahkan pilih tab “Review”, dengan begitu akan muncul beberapa menu.

Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata

3. Kemudian pilih "Word Count", maka akan muncul menu seperti gambar berikut ini yang menunjukkan jumlah kata dan sebagainya.


Cara Menghitung Jumlah Kata Dengan Word Count Tool

Jika menggunakan cara yang kedua ini, kita harus terkoneksi dengan internet, karena cara menghitung jumlah kata dengan Word Count Tool ini kita harus mengunjungi situs yang menyediakan layanan penghitung jumlah kata.

Cara ini sering saya gunakan untuk menghitung berapa jumlah kata yang telah saya buat saat menulis artikel. Sebelum artikel saya publish biasanya saya cek dulu berapa jumlah kata yang telah saya hasilkan.

Bila Anda tertarik untuk menggunakannya silahkan kunjungi alamat berikut ini  : http://www.wordcounttool.com/

Setelah Anda mengunjungi alamat tersebut, silahkan Anda kembali ke artikel yang Anda buat, Copy artikel Anda atau untuk lebih cepat gunakan Ctrl+A, pastekan pada kolom yang telah disediakan dalam situs tersebut lalu klik Submit, maka akan terlihat berapa jumlah kata yang telah Anda hasilkan pada artikel Anda.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat screenshoot berikut, gambar berikut ini adalah hasil dari jumlah kata yang sedang Anda baca saat ini.


Demikian Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata, baik yang menggunakan MS Word maupun dengan menggunakan Word Count Tool. Semoga bermanfaat. Selamat berkreasi.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!