Cara Cepat Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel

KemejingNet - Cara Cepat Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel. Aplikasi Profil Desa (Prodeskel) ini sangat bermanfaat sekali untuk menyimpan database kependudukan. Dengan memasukkan data penduduk dalam aplikasi ini, semua data penduduk akan terintegrasi baik dari daerah sampai pusat.

Itu artinya, apabila aplikasi ini benar-benar dimanfaatkan oleh semua desa yang ada di Indonesia, pasti data penduduk akan tercatat dengan singkron antara desa dan Kementerian dalam Negeri.

Namun, suatu program pasti ada kelebihan dan kekurangannya, adapun kelebihan dari aplikasi ini telah saya sebutkan diatas, sedangkan kekurangannya adalah aplikasi ini berbasis online, itu artinya semua desa harus memiliki koneksi internet yang bagus untuk mempergunakan aplikasi ini.

Selain harus ketersediaannya koneksi internet kendala lain adalah, terkadang bagi orang yang belum memahami aplikasi ini, akan terasa ribet dalam meng-input datanya. Pada tutorial kali ini saya mencoba untuk membagikan bagaimana caranya input data KK ke Aplikasi prodeskel dengan cepat,

Bagi Anda yang kebetulan ditugaskan untuk mengisi data kependudukan ini silahkan Anda simak langkah-langkahnya dibawah ini. Dan untuk lebih jelasnya telah saya sertakan pula vidio totorialnya yang bisa Anda lihat.

Untuk input data KK ke aplikasi prodeskel dengan cepat, pertama-tama Anda harus memiliki database kependudukan lengkap dari NIK, Nama KK, Nomor KK, Tempat lahir, Tanggal Lahir, Jenis kelamin, Status, Pendidikan, Pekerjaan, Alamat lengkap dengan RT/RW, yang biasanya dibuat dalam format dokumen Excel.

Dari data tersebutlah nantinya kita tinggal mencopynya satu persatu kedalam aplikasi prodeskel yang berbasis online. Apabila Anda belum mempunyai dokumen tersebut Anda bisa membuatnya terlebih dahulu, atau memintanya ke Catatan Sipil kemudian baru Anda edit.

Adapun langkah cepat input data KK ke Aplikasi prodeskel adalah sebagai berikut  :

1. Pertama buka dulu dokumen Database kependudukan Anda.

2. Langkah kedua Anda harus Log in di aplikasi Prodeskel dengan mengunjunggi alamat
www.prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id. Silahkan masuk dengan Username dan password Anda.

3. Setelah Anda masuk di aplikasi prodeskel, silahkan klik DKK -> Entri Data -> Metode Kontinyu -> KK Baru, maka akan muncul tabel isian seperti gambar berikut ini.


4. Langkah keempat, silahkan Anda buka database KK, yang telanh terbuka, copy No KK. dan kembali ke aplikasi prodeskel, lalu paste no KK kedalam kolom yang telah tersedia, yaitu kolom no satu.

5. Kelima silahkan kembali ke database KK, copy nama Kepala Keluarga, lalu kembali lagi ke aplikasi prodeskel, paste Nama Kepala Keluarga di kolom kedua.

6. Langkah keenam, silahkan isi kolom alamat sampai dengan kolom sumber data dengan lengkap lalu ketika semua sudah terisi klik simpan.

7. Langkah ketujuh, setelah Anda simpan, karena Anda memilih metode kontiyu secara otomatis Anda akan dibawa kembali untuk mengisi data seperti yang telah Anda lakukan tadi. Lakukan langkahnya seperti pada langkah keempat dan kelima.

8. Apabila Anda ingin berhenti dalam mengisi data dan ingin melanjutkannya di lain waktu silahkan klik kembali. Apabila dalam pengisian data ada kekelruan dan Anda ingin membetulkan silahkan Anda klik tanpa pensil pada kolom KK, edit bila memang ada perubahan atau hapus bila ada kesalahan, Silahkan lihat tabel berikut,


Untuk lebih jelasnya dalam langkah-langkah pengisiannya, telah saya sertakan vidio tutorialnya, silahkan Anda lihat vidionya berikut ini


Bila ingin lihat di youtube atau mau di download silahkan klik link dibawah ini : https://www.youtube.com/watch?v=e8V9bj3rKkc

Dalam langkah ini yang kita masukkan baru hanya data Kepala Keluarganya saja, untuk lebih lengkapnya tentang memasukkan data-data anggota keluarga akan saya share pada artikel tentang input data keluarga ke prodeskel pada artikel selanjutnya.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan tentang Cara Cepat Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan sedikit membantu bagi yang membutuhkan. Jumpa lagi di artikel selanjutnya tentang aplikasi prodeskel yang lain. Salam blogger

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!