Ingin Semakin Pintar Ngeblog? Perhatikan Komentar Pembaca

KemejingNet - Ingin Semakin Pintar Ngeblog? Perhatikan Komentar Pembaca. Aktifitas ngeblog pasti tidak akan jauh dari yang namanya blogwalking, dan Anda semua pasti sudah tau apa itu blogwalking. Hal yang sudah pasti dilakukan saat blogwalking adalah meninggalkan jejak dengan menuliskan sebuah komentar pada sebuah artikel yang telah kita baca di blog yang kita kunjungi.

Blog tanpa komentar, itu ibarat sayur tanpa garam, pasti akan hambar rasanya. Setiap admin blog pasti senang bila blognya ramai dikunjungi banyak orang dan juga banyak komentar, dan disitulah sebenarnya asyiknya ngeblog, karena kita bisa berinteraksi dengan banyak orang dengan berbagai karakter.

Ingin Semakin Pintar Ngeblog? Perhatikan Komentar Pembaca

Dari berbagai komentar yang ada pada blog kita, ataupun komentar-komentar yang kita lihat di blog orang lain, terkadang dari situlah kita bisa mendapatkan sebuah ide untuk menulis sebuah artikel. Saya sendiri terkadang bingung mau nulis apa, namun tiba-tiba saja bisa mempunyai ide ketika membaca sebuah komentar.

Silahkan baca juga  :  Apakah Kunci Sukses Sebuah Blog Itu?

Lalu apa hubungannya komentar blog dengan semakin pintar ngeblog

Seperti judul artikel ini "Ingin Semakin Pintar Ngeblog? Perhatikan Komentar Pembaca". Bila kita cermati dengan seksama sebenarnya banyak sekali yang bisa kita dapatkan dari komentar pengunjung yang ada di blog kita.

Banyak karakter yang dituliskan seseorang ketika mengomentari artikel yang telah kita buat, ada sebuah komentar yang terkadang cuma basa-basi, ada juga komentar yang hanya ingin meninggalkan link, ada juga komentar yang memberi saran maupun kritik, serta ada juga komentar yang bersifat pertanyaan atas apa yang kita tulis.

Dari berbagai komentar yang ada tersebut sebenarnya ada kriteria komentar yang bisa membuat kita semakin berkembang dalam mengelola blog, karena dari sebuah komentar kita bisa belajar sesuatu yang sebelumnya belum kita mengerti.

Komentar yang bagaimanakah yang bisa membuat blogger semakin berkembang

Menurut pandangan saya ada tiga kriteria komentar yang bisa membuat kita semakin berkembang dalam mengelola blog dan juga bisa membuat kita belajar sesuatu yang tadinya belum kita mengerti. Yang pertama adalah komentar kritik yang kedua adalah komentar saran dan yang ketiga adalah komentar pertanyaan.

Ok, sekarang kita bahas satu persatu dari ketiga kriteria yang bisa membuat blogger semakin berkembang seperti yang telah saya sebutkan diatas  :

1. Komentar Kritik.
Tidak semua kritik itu bersifat jelek, terkadang sebuah kritik itu malah bisa membangun kepribadian seseorang untuk lebih memahami apa yang telah diperbuat. Demikian juga dengan seorang blogger, sebagai contoh saja, apabila kita membuat sebuah artikel yang memang bahasan yang kita buat belum benar-benar kita fahami, pasti kalau ada pembaca yang telah memahami topik yang kita buat, pasti orang tersebut akan memberikan kritik karena memang orang tersebut benar-benar telah memahaminya.

Dari kasus yang demikian, sebenarnya ada manfaat yang bisa kita ambil, yaitu kita akan lebih belajar lagi untuk memahami topik tersebut agar ketika kita membuat arikel yang serupa di kemudian hari, kita akan lebih hati-hati dan benar-benar mengumpulkan bahan dengan detail dan terkonsep.

2. Komentar Saran.
Saran sebenarnya juga tidak jauh beda dari kritik cuma, biasanya sebuah saran disampaikan dengan bahasa yang lebih halus. Sebuah saran juga bisa membuat seorang blogger menjadi lebih berkembang, karena biasanya orang yang memberi saran tentang apa yang harus kita lakukan, karena orang tersebut kemungkinan besar pernah mengalami hal yang serupa dengan apa yang kita lakukan.

Biasanya blogger yang memberi saran adalah blogger yang memang telah akrab dengan kita karena seringnya saling berkunjung antar blog, dan itulah salah satu nikmatnya ngeblog, walupun kita hanya kenal lewat dunia maya, namun hubungan bisa seperti sudah kenal dekat di dunia nyata.

3. Komentar Pertanyaan.
Dalam point yang ketiga ini, menurut saya adalah point yang terpenting yang bisa membuat seorang blogger semakin pintar dan berkembang. Kenapa bisa begitu?... Jawabannya adalah ketika ada sebuah komentar yang mengajukan pertanyaan tentu sebagai penulis dan admin blog kita harus bisa menjawabnya.

Namun, masalahnya disini terkadang sebuah pertanyaan dalam komentar yang diajukan oleh pembaca belum benar-benar kita tau dan kita fahami dengan benar. Nah, dari sinilah seorang blogger malah akan menjadi semakin pintar, karena pasti kita akan mencari referensi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan semakin banyaknya kita membaca referensi tentu pengetahuan kita akan semakin bertambah, dan tanpa kita sadari tentu ilmu kitapun akan semakin bertambah, dan yang pasti semua itu akan membuat kita semakin berkembang dalam membuat artikel serta mengelola sebuah blog.

Manfaat lain dari sebuah komentar pertanyaan adalah, kita bisa membuat artikel dari pertanyaan yang diajukan oleh pembaca dan jawaban dari pertanyaan tersebut adalah yang kita jabarkan dalam sebuah artikel. Selain artikel tersebut bisa bermanfaat bagi yang mengajukan pertanyaan, siapa tau artikel tersebut juga bisa bermanfaat yang mungkin mempunya permasalahan yang sama.

Selain itu ketika membuat sebuah artikel yang idenya dari komentar pembaca, tentu blog kita akan semakin mempunyai nilai plus dimata pembaca setia blog kita, dan itu juga sangat bermanfaat untuk perkembangan sebuah blog dalam menjaring visitor.

Silahkan baca juga  :  Cara Mendapatkan Ide Saat Malas Menulis Artikel

Kesimpulan
Pada kesimpulannya menjadi blogger itu adalah belajar dan berbagi, oleh karena itu untuk menjadi blogger yang bisa berkembang kita tidak boleh alergi dengan kritik dan saran, karena dari kritik dan saran itulah kita bisa belajar.

Dan dengan semakin banyaknya teman blogging yang kita miliki, tentu pengetahuan kita akan semakin bertambah dari seringnya saling berkunjung dan membaca artikel-artikel dari blog lain. Demikian celotehan saya kali ini, moga apa yang saya tulis ada manfaatnya. Akhir kata, Tetap semangat dan Salam blogger.




Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!