Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Ini Solusinya

KemejingNet - Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Ini Solusinya. Pernahkah Anda mengalami, ketika Anda sedang menulis sebuah dokumen di laptop maupun netbook, namun tiba-tiba touchpad menjadi macet dan tidak mau jalan?. Bila Anda pernah mengalaminya, tentu hal itu sangan menjengkelkan, apalagi ketika Anda sedang diluar rumah dan kebetulan tidak membawa Mouse Konvensional.

Bila Anda sering menggunakan laptop/netbook, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan touchpad. Touchpad mempunyai fungsi yang sama seperti mouse pada PC/Komputer pada umumnya yaitu bagian dari perangkat laptop yang digunakan untuk menggerakkan  kursor.

Touchpad tidak seperti mouse biasa yang ketika tidak bisa digunakan kita bisa langsung menggantinya dengan yang baru. Touchpad yang tidak jalan pada saat disentuh tangan bisa menjadi masalah besar. Hal tersebut bisa mengakibatkan laptop Anda harus menginap di tukang service komputer dan tentunya memerlukan biaya inap yang tidak sedikit he...he...

Touchpad-Laptop-Tidak-Berfungsi,-Ini-Solusinya
Touchpad Laptop Error

Cara Mengatasi TouchPad Laptop Yang Tidak Fungsi

Apabila Anda mengalami hal-hal yang telah saya sebutkan diatas mengenai touchpad laptop yang tidak berfungsi, sebaiknya Anda jangan buru-buru membawa laptop Anda ketukang service, karena masih ada cara yang mungkin bisa mengatasi macetnya touchpad laptop Anda.

Sebagian dari pengguna laptop, mungkin belum begitu faham kalau sebenarnya ada satu hal mendasar yang bisa dilakukan saat touchpad laptop Anda tidak merespon, yaitu dengan cara menekan tombol FN + F7. Tombol ini mempunyai fungsi untuk mengaktifkan dan juga menonaktikan perangkat touchpad.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua merek laptop memiliki tombol yang sama untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad ini, nah,.. berikut ini cara mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad pada beberapa merek komputer yang bisa Anda lakukan

  • Laptop/Komputer Merek Mac menggunakan "F2", 
  • Laptop/Komputer Merek Acer menggunakan "F7", 
  • Laptop/Komputer Merek Toshiba menggunakan "F9", 
  • Laptop/Komputer Merek Asus menggunakan "F3" atau "F7", 
  • Laptop/Komputer Merek Dell menggunakan "F7",  
  • Laptop/Komputer Merek Lenovo menggunakan F6.

Untuk lebih detailnya tombol mana saja yang akan dipakai Anda bisa melihat pada deretan tombol yang kadang mempunyai gambar seperti mouse atau touchpad. Pada tombol itulah yang harus ditekan secara bersamaan dengan tombol FN. Hal yang bisa terjadi adalah kemungkinan Anda dengan tidak sengaja telah menekan kedua tombol ini hingga mengakibatkan touchpad jadi tidak berfungsi.

Namun ketika hal diatas telah Anda lakukan namun touchpad laptop Anda masih saja tidak berfungsi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Cabutlah semua mouse eksternal yang tersambung dan kemudian me-restart ulang laptop Anda. Kemungkinan touchpad tidak berfungsi karena adanya tumpang tindih pada perangkat untuk menggerakkan kursor.
  • Yang kedua Anda bisa Gunakan System Restore. Cara ini bisa digunakan untuk mengembalikan setiap perubahan baik itu yang disengaja ataupun tidak disengaja yang telah kita lakukan pada kurun waktu seminggu sebelumnya.
  • Menghapus driver touchpad dan kemudian menginstall ulang. Dengan menghapus driver touchpad dan meng-install-nya kembali kemungkinan laptop Anda bisa mendeteksi perangkatnya sendiri kembali.  

Apabila semua hal yang telah dijelaskan diatas sudah Anda lakukan, namun touchpad laptop Anda masih saja tidak berfungsi, itu artinya laptop Anda harus benar-benar menginap di rumah tukang service komputer.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan mengenai taoucpad laptop yang tidak berfungsi dan cara menanganinya. Semoga apa yang telah saya sampaikan ada manfaatnya, Salam Blogger.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Ini Solusinya"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel