Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Beberapa Fitur Blogger

KemejingNet - Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Beberapa Fitur Blogger. Blogging adalah salah satu cara yang bagus untuk mengekspresikan berbagai pandangan dan ilmu pengetahuan tentang dunia web. Blogging juga salah satu cara untuk mendapatkan uang secara online. Banyak Layanan yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog. Jika Anda seorang pemula dalam dunia blogging atau belum tahu tentang blog maka saya sarankan Anda untuk membaca artikel ini sampai tuntas.

Apa Blog Itu dan Bagaimana Cara Membuat Blog.

Bagi seorang newbie dalam dunia blogging dan kebetulan ingin membuat blog baru pasti masih kebingunan tentang apa dan dari mana harus memulai membuat blog. Bagi seorang pemula saya menyarankan Anda untuk membuat blog di blogger. Saya sendiri juga menggunakan platform Blogger.

Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Beberapa Fitur Blogger

Blogger adalah tempat terbaik untuk membuat sebuah blog. Bukan hanya Anda saja, tapi sebagian besar orang awalnya akan menghadapi banyak masalah untuk memahami fitur dan kerja blogger. Saya sendiri juga menghadapi masalah ketika pertama kali saya baru mengenal blogging. Namanya juga pemula pasti akan merasa bingngung ketika akan merancang blog karena belum tahu tentang blogging..

Silahkan baca juga : Cara Mudah Membuat Blog Gratis Di Blogspot

Sedikit Pengertian Mengenai Fitur Blogger

Dalam artikel ini saya menjelaskan dan juga membahas tentang beberapa fitur di blogger. saya yakin artikel ini hanya berguna untuk blogger pemula. Karena bagi blogger yang telah lama berkecimpung di dunia blog pasti sudah sangat faham bagaimana tata cara menggunakan blogger.

Dalam posting ini saya akan mencoba untuk menjelaskan cara terbaik untuk menggunakan semua fitur yang ada, tetapi memang cukup panjang  tetapi mudah-mudahan cukup untuk bisa difahami cara kerjanya.

Blogger mempunyai 10 tab yang berbeda, dan dari semua tab tersebut memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam mengelola dan menjelajahi blog secara sempurna. Namun yang akan saya jelaskan disini hanyalah tentang bagian-bagian utama yang penting saja untuk difahami.

#1. Tab Posting

Ini adalah bagian utama dari blogger di mana Anda dapat membuat posting baru termasuk teks, gambar dan juga video yang bisa Anda publikasikan di blog Anda. Tak ada batas untuk membuat sebuah posting baru, Anda dapat membuat jumlah posting yang berbeda-beda. Untuk membuat posting baru Anda dapat memilih tombol pos baru dari dashboard blog.

Banyak fitur yang berbeda yang bisa Anda gunakan, baik itu, font, teks, gambar, video, serta Link ke setiap url artikel lainnya. Anda juga dapat beralih ke mode HTML di post editor blogger, ketika Anda membuat artikel. Untuk mengatur blog setingan postingan Anda, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan di sidebar.

Anda bisa membuat label posting Anda dengan kata kunci yang bisa Anda tentukan seperti Facebook, Google, blogger dan banyak lagi label yang bisa Anda buat. Anda juga dapat menjadwalkan waktu posting Anda sebelum artikel Anda dipublikasikan. Anda juga dapat mengatur waktu dan tanggal ketika Anda ingin mempublikasikan posting blog Anda secara otomatis.

Permalink adalah URL dari posting blog Anda yang harus sesuai dengan judul posting Anda. Kemudian pada tab deskripsi pencarian Anda juga bisa menempatkan sedikit kata postingan Anda secara singkat. Semua hal tersebut dapat membantu Anda untuk membuat posting yang efektif. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini Anda dapat melihat perbedaan antara editor posting dan artikel asli tampilan.

Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Beberapa Fitur Blogger

#2. Halaman

Halaman posting blog hampir dengan posting blog. Namun perbedaannya adalah posting blog merupakan artikel-artikel Anda, tetapi kalau halaman halaman adalah yang menggambarkan tentang blog Anda. Dalam halaman ini Anda bisa membuat, Contact, Sitemap, halaman privasi dan masih banyak lagi halaman yang lainnya yang bisa Anda buat. Jenis halaman tidak diterbitkan dalam bentuk posting. Anda juga dapat menghubungkan halaman Anda situs Anda yang lainnya.

Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Beberapa Fitur Blogger

#3. Statistik

Fitur ini adalah untuk memeriksa popularitas blog Anda dan juga membantu Anda untuk berkonsentrasi pada bagian-bagian yang membantu untuk meningkatkan lalu lintas blog Anda. Dalam statistik ikhtisar Anda dapat melihat jumlah pageview harian, bulanan ataupun waktu kunjungan blog Anda.

Anda juga dapat melihat beberapa posting populer yang mendapatkan lalu lintas tertinggi agar Anda dapat membandingkan dengan artikel yang lainnya. Anda juga dapat melihat sumber lalu lintas di mana Anda dapat melihat situs URL perujuk dan juga dari mana Anda memperoleh pengunjung. Anda juga dapat melihat beberapa kata kunci populer yang dapat membantu untuk memahami kinerja Seo dari blog Anda.


Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Beberapa Fitur Blogger

#4. Pendapatan

Jika Anda berhasil membangun blog Anda dengan konten berkualitas serta baik dan juga mampu membuat blog Anda lebih populer dengan jumlah pengguna yang membuka blog Anda banyak, maka hal itu adalah hal positif bagi blog Anda, maka itu adalah saat yang tepat untuk mendapatkan penghasilan dari blog Anda dengan mendaftar Google adsense.

Google Adsense adalah program periklanan yang akan membantu Anda untuk mendapatkan penghasilkan dari blog Anda. Akan tetapi sebelum Anda mendaftarkan blog Anda ke program adsense, Anda harus membaca kebijakan program mereka apakah blog Anda apakah blog Anda sesuai dengan kebijakan google adsense atau tidak.

Jika situs Anda telah mematuhi kebijakan adsense dan kemudian Anda mendaftar Anda tinggal menunggu persetujuan adsense yang akan dikirim melalui alamat email Anda. Apabila blog Anda diterima itu artinya Anda tinggal mengembangkannya, bagaimana agar blog Anda dapat dengan cepat menghasilkan uang dari google adsense.

Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Beberapa Fitur Blogger

#5. Tata Letak

Tata letak adalah tempat di mana Anda dapat mengatur semua posisi Widgets yang berbeda-beda pada Blog Anda. Disini Anda dapat menempatkannya di sidebar. Anda bisa memasang widget seperti box Search, Artikel populer, Follower dan juga yang lainnya. Pengaturan ini dapat dilakukan di tab Layout. Pengaturan struktur blog Anda dapat dilihat pada layout ini.

Untuk memasang widget Anda bisa klik pada tombol Add Widget Anda dapat menambahkan widget apapun yang terdaftar oleh blogger atau widget lain dalam bentuk HTML kedalam JavaScript dan css maka Anda dapat juga menggunakan kode Anda sendiri di dalam kotak HTML / JavaScript dan menyimpan kode Anda untuk menambahkan Anda sendiri widget baru.

template blogger


#6. Template

Untuk mengubah tema dan gaya blog Anda, ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan di fitur tab Template. Anda dapat menggunakan template dasar diterbitkan oleh blogger tetapi Anda juga dapat mencari beberapa desain template pada Google untuk blogger dan meng-uploadnya di blog Anda.

Banyak desain template karya dari berbagai blogger yang bisa anda pilih menurut selera Anda, baik itu yang free maupun premium. Dengan menggunakan backup / restore tombol Anda dapat meng-upload template baru Anda dan juga Anda dapat men-download tema lama Anda. Jika Anda memiliki pengetahuan dasar tentang html maka Anda dapat beralih untuk mengedit html. Di mana Anda dapat menambah dan mengubah gaya, Latar Belakang, posisi serta tata letak, warna dan banyak lagi hal-hal lainnya.

Baca Juga  :  4 Blog Dengan Gudang Template Terbaik


template blogger


#7. Tab Pengaturan

Ada 5 tab yang berbeda dalam pengaturan dasar, pos dan komentar pengaturan, ponsel dan email, pengaturan pencarian, Bahasa dan pengaturan lainnya. Dalam pengaturan dasar Anda dapat mengubah dan mengatur judul blog Anda, deskripsi dan privasi daftar blog Anda. Jika Anda memiliki domain apapun maka Anda juga dapat menggunakannya sebagai custom domain untuk blog Anda di tab penerbitan.

Jika Anda ingin menambahkan penulis baru maka Anda juga dapat melakukannya di tab izin. dan masih banyak lagi tab-tab yang bisa Anda gunakan. Namun sebaiknya jangan melakukan perubahan apabila Anda belum benar-benar faham fungsi serta caranya.

Satu lagi adalah impor dan ekspor, Anda bisa menggunakan fitur ini, fiturii ini bisa Anda gunakan untuk men-download dan juga upload semua posting blog Anda yang lain. Jadi kapan saja jika Anda ingin beralih ke blog baru maka fitur ini sangat membantu.

Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Beberapa Fitur Blogger


Dan masih banyak lagi fitur-fitur di blogger yang bisa Anda gunakan. Namun Saya tidak akan menjelaskan masing-masing dari semua tab tersebut disini. Karena tidak mungkin untuk menjelaskan semua dalam satu artikel. Disini saya cuma membahas tentang tab-tab yang sering digunakan di blogger. Setidaknya posting ini akan sedikit membantu Anda untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang blogger.

Akhir kata, semoga artikel diatas bisa sedikit membantu, dan di lain waktu akan saya coba bahas tentang fitur-fitur blogger yang lainnya. Happy Blogging.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!