5 Tips Meningkatkan Potensi Pengunjung Blog

KemejingNet -5 Tips Meningkatkan Potensi Pengunjung Blog. Setiap pemilik blog pasti punya pemikiran yang sama tentang bagaimana meningkatkan pengunjung blog. Hal ini tidaklah mengherankan karena blog yang mempunyai kunjungan yang ramai pasti sang pemilik akan merasa senang karena tidak sia-sia didalam menulis artikel.

Sebenarnya kunci utama untuk Meningkatkan Potensi Pengunjung Blog itu terletak pada konten yang dibuat. Konten yang unik dan menarik pasti akan melibatkan pengguna baru dan membuat pengguna lama blog Anda akan kembali lagi dan lagi. Tapi bagaimana Anda menghasilkan konten yang tinggi dan berkualitas, punya nilai, dan unik itu?

5 Tips Meningkatkan Potensi Pengunjung Blog

Jawabannya dari konten yang unik adalah, Sebuah konten/artikel yang memang benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang, apa yang kita tulis bisa menjadi solusi untuk masalah yang orang cari. Namun disini artikel yang dihasilkan bukanlah artikel copy paste plek yang diambil dari karya orang lain. Kalaulah memang kita butuh referensi, bolehlah kita mengambil dari blog lain asalkan kita tulis kembali dengan gaya bahasa kita sendiri agar artikel tetap unik dan tidak terindikasi plagiat kontent.

Baca Juga  :  4 Faktor Kenyamanan Pengunjung Blog

5 Tips Meningkatkan Potensi Pengunjung Blog 

Untuk menigkatkan jumlah pengunjung pada blog kita tidaklah cukup kita lakukan dengan selalu publish artikel saja, ada banyak faktor yang bisa menunjang datangnya jumlah visitor. Untuk itu kita membutuhkan tips-tips lain yang perlu kita lakukan. Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah dengan cara menerapkan 5 tips yang akan saya jelaskan berikut ini.

1. Cari Tau Minat Pembaca Dan Konsisten

Tips yang perlu dilakukan adalah dengan meluangkan waktu untuk mencari tahu siapa yang membaca konten Anda dan topik apa yang paling banyak dibaca orang di blog Anda. Apabila blog Anda membahas tentang komputer dan juga tentang photoshop badingkanlah dari kedua topik tersebut mana yang banyak mendapatkan pengunjung.

Apabila topik tentang komputer lebih banyak pengunjungnya daripada topik photoshop, maka kembangkanlah topik komputer lebih banyak daripada photoshop, karena topik itulah yang bisa berpeluang mendatangkan banyak pengunjung di blog Anda

Konsisten juga menjadi hal penting untuk meningkatkan postensi pengujung. perbaruilah konten Anda sesering yang Anda bisa. Dengan update secara reguler disitu Anda akan membangun sebuah kepercayaan dan keterlibatan dengan pengguna Anda, dan mereka akan lebih mungkin untuk berbagi konten dengan teman-teman serta keluarga mereka.

2. Pastikan Halaman Anda Fast Loading 

Salah satu kriteri SEO pada sebuah blog atau website adalah dari kecepatan reload sebuah halaman, semakin cepat loading sebuah halaman itu akan semakin baik, entah itu dimata mesin maupun dimata pengguna. Kebanyakan sebuah situs yang memiliki loading yang lambat pasti akan ditinggalkan oleh pengunjung sebelum pengunjung bisa membuka halaman itu sendiri.

Oleh karena itu loading sebuah halaman juga mempunyai potensi untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Banyak situs yang bisa di gunakan untuk menguji kecepatan loading sebuah blog, Anda bisa menggunakan pagespeed insight maupun g-metrik untuk mengujinya.

3. Patikan Blog Anda Mobile Friendly

Menurut hasil riset jumlah pengguna smartphone diperkirakan berkembang sebesar 16% dari dua miliar pengguna pada tahun 2015. Diperkirakan pada tahun 2017 akses web dari ponsel akan mewakili 69% dari semua lalu lintas yang ada. Menurut emarketer.com. Rata-rata pengguna sekarang menghabiskan hampir tiga jam per hari pada perangkat mobile.

Untuk memenangkan lebih banyak pengunjung, optimalkan situs Anda untuk semua layar. Situs Anda perlu dapat diakses di mana saja dan kapan saja, di smartphone dan di setiap perangkat lainnya. Untuk mengantisipasi hal itu silahkan gunakan template yang mobile friendly di blog Anda.

Untuk mengecek situs Anda mobile friendly atau tidak silahkan cek Melalui Webmaster tool mobiel frienly atau melalui situs ini troy.labs.daum.net

4. Share Artikel Ke Media Sosial

Share artiekel ke media sosial juga salah satu tips bagus untuk meningkatkan pengunjung.  Dengan banyaknya media sosial yang ada Anda bisa menjaring pengunjung dari  media tersebut dengan cara mengirim artikel Anda. Artikel atau video bisa menjadi cocok untuk dikirim, jadi pastikan Anda memiliki pesan yang paling penting dalam membagikannya ke media sosial.

Menempatkan plugin sosial media dan tombol berbagi untuk membantu pengguna agar berbagi konten adalah cara yang tempat. Gunakan ikon yang besar untuk tombol sosial media di blog Anda agar orang-orang tertarik untuk berbagi. Namun untuk pengalaman pengguna yang terbaik, sebaiknya menjaga tombol-tombol tersebut terpisah dari iklan AdSense Anda.

5. Gunakan Google Analystic

Gunakan google analystic untuk mengetahu kinerja lalulintas blog Anda. Dengan menggunakan google analystic Anda akan tau tingkat keterlibatan pengguna yang mengakses situs Anda. Dengan menggunakan google analystic Anda akan tau konten mana yang paling populer serta seberapa lama orang berada di situs Anda.

Selain itu google analystic juga bisa Anda manfaatkan untuk melihat demografi pengunjung situs Anda dari nama, tempat, dan juga jenis kelamin, serta tingkat umur pengunjung. Dan masih banyak lagi yang akan Anda peroleh jika Anda menggunakan google analystic utuk mengetahui kinerja situs Anda.

Pada intinya, sebelum Anda melakukan kelima tips diatas, yang lebih penting untuk Anda lakukan adalah buatlah konten yang memang bemanfaat dan dibutuhkan oleh orang banyak. Tanpa artikel yang bermanfaat apalah artinya kita share artikel ke media sosial karena hasilnya akan tetap sama saja.

Demikian Cara meningkatkan potensi pengunjung blog yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat difahami. Sekian, Salam blogger and happy blogging.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!