Tips Merawat Komputer Agar Tetap Bersih Dan Awet

KemejingNet - Tips Merawat Komputer Agar Tetap Bersih Dan Awet. Mempunyai komputer yang awet dan jarang ngadat adalah menjadi dambaan banyak orang, karena komputer yang awet tentu bisa meminimalisir pengeluaran untuk biaya sirvice. Untuk memiliki komputer yang awet, tentu diperlukan perawatan secara berkala, baik itu perawatan perangkat lunak, maupun perawatan perangkat kerasnya.

Merawat komputer Anda dari kotoran dan debu adalah hal penting yang mesti dilakukan agar komputer tetap awet dan juga terawat dengan baik. Debu tidak hanya berpotensi dapat merusak atau bahkan menghancurkan bagian dari komputer Anda. Membersihkan komputer Anda secara berkala akan membantu Anda tetap bekerja dengan baik dan menghindari perbaikan yang memakan biaya mahal.

PC Cleaner


4 Tips Merawat Kebersihan Komputer

1. Membersihkan Keyboard.
Keyboard adalah salah satu komponen komputer yang sangat rentan terkena debu, makanan, cairan, dan partikel lainnya yang bisa terjebak di bawah tombol pada keyboard Anda, hal ini bisa membuat keyboard tidak bisa bekerja dengan benar. Tips dasar membersihkan keyboard berikut ini mungkin bisa membantu menjaga keyboard Anda agar selalu bersih :

  • Cabut keyboard dari USB atau PS / 2 port. Jika keyboard dicolokkan ke port PS / 2, Anda perlu untuk mematikan komputer terlebih dahulu sebelum mencabutnya. Balikkan keyboard Anda dan kocok secara perlahan untuk menghilangkan kotoran dan debu yang ada didalamnya. Gunakan kompresi udara untuk membersihkan diantara sela-sela tombol. 
  • Basahi kain katun atau tisu dengan alk*h*l dan gunakan untuk membersihkan kepala USB Keyboard. Jangan tuangkan alk*h*l atau cairan lain langsung kedalam tombol. Hubungkan kembali keyboard ke komputer setelah USB dalam keadaan kering. Jika Anda menghubungkannya ke / 2 port PS, Usahakan hubungkan USB sebelum komputer dinyalakan
  • Jika Anda menumpahkan cairan pada keyboard, cepat mematikan komputer dan lepaskan keyboard. Kemudian putar keyboard secara terbalik agar cairan yang ada cepat menghilang. Jika cairan lengket, Anda akan perlu untuk membersihkan keyboard untuk membilas cairan yang lengket.  
  • Harap dicatat bahwa keyboard mungkin tidak bisa diperbaiki dengan metode yang telah saya sebutkan diatas, tapi metode di atas mungkin adalah pilihan terbaik. Untuk mencegah situasi ini usahakan jangan minuman dari daerah dekat dengan komputer. 
Baca juga  :  Touchpad Laptop Tidak Fungsi, Ini Solusinya
2. Membersihkan Mouse
Ada dua jenis mouse  utama yang sering digunakan : yaitu mouse optik dan mouse mekanik. pada dasarnya kedua mouse ini dapat dibersihkan dengan cara yang sama, meskipun mouse mekanis memerlukan kerja sedikit lebih, sedangkan mouse optik tidak memerlukan pembersihan internal karena mereka tidak mengandung bagian-bagian yang berputar; Namun, mouse optik dapat lengket dari waktu ke waktu seperti debu yang bisa mengumpul dekat emitor cahaya. Hal ini dapat menyebabkan gerakan kursor yang tidak menentu dan juga bisa membuat mouse tidak bekerja dengan benar.

Mouse optik mekanik sangat rentan terhadap debu dan partikel yang dapat menumpuk di dalam mouse, hal tersebut bisa membuat mouse sulit untuk melacak-atau memindahkan dengan benar. Jika pointer mouse tidak bergerak dengan lancar, mouse mungkin perlu untuk dibersihkan. Berikut ini beberapa tips dasar membersihkan mouse Anda :

  • Cabut mouse dari USB atau PS / 2 port. Jika mouse ditancapkan ke port PS / 2, Anda akan perlu untuk mematikan komputer sebelum mencabut. Basahi kain katun dengan alk*h*l, untuk membersihkan bagian atas dan bawah mouse.
  • Jika Anda memiliki mouse mekanik, menghapus bola pelacakan dengan memutar bola-cover cincin secara berlawanan arah jarum jam. Kemudian bersihkan bola pelacakan dan bagian dalam mouse dengan kain kapas yang telah dibasahi dengan alk*h*l. Biarkan semua bagian mengering sebelum pemasangan kembali dan berhubungan kembali mouse. 
  • Jika Anda menghubungkannya ke / 2 port PS, Anda perlu untuk mematikan komputer sebelum menghubungkannya.

3. Membersihkan Monitor
Kotoran, sidik jari, dan juga debu bisa membuat layar komputer Anda terlihat kotor; Namun, untuk membersihkan layar komputer Anda sangatlah mudah. Ada kit pembersih monitor yang bisa dijual dipasaran, tetapi terkadang hal tersebut malah bisa merusak monitor Anda,  karena terkadang sebuah pembersih tidak dirancang untuk membersihkan monitor. Misalnya, pembersih monitor yang dirancang untuk layar kaca mungkin tidak baik bila digunakan pada beberapa layar LCD non-kaca. Metode yang paling aman adalah dengan menggunakan kain bersih lembut yang dibasahi dengan air.

Jangan gunakan pembersih kaca untuk membersihkan monitor. Banyak layar memiliki lapisan anti-silau yang dapat rusak oleh pembersih kaca. Berikut tips untuk membersihkan kaca monitor komputer yang bisa Anda lakukan :

  • Matikan komputer. Cabut steker monitor dari stop kontak. Jika Anda menggunakan laptop, cabut laptop.
  • Gunakan kain bersih lembut yang dibasahi dengan air untuk menyeka layar monitor. 
  • Jangan menyemprotkan cairan apapun secara langsung ke layar. cairan bisa bocor ke monitor dan merusak komponen internal.


4. Tips untuk membersihkan permukaan komputer lainnya
Dari waktu ke waktu, Anda harus membersihkan komputer anda dari berbagai sisi baik itu belakang monitor untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika membersihkan permukaan ini:

  • Debu adalah musuh utama komputer Anda. Gunakan kain anti-statis untuk mengelap debu pada casing komputer Anda. Jangan menggunakan pembersih perabotan atau pelarut yang kuat. 
  • Gunakan sekaleng udara terkompresi untuk meniup puing-puing debu dari slot asupan udara.
  • Gunakan air atau pembersih kaca untuk membersihkan permukaan komputer bagian luar
  • Jaga agar komputer tetap dingin, Jangan batasi aliran udara di sekitar komputer Anda. Sebuah komputer dapat menghasilkan banyak panas, sehingga casing bisa tetap terjaga dari panas yang berlebihan. Hindari menumpuk kertas, buku, dan barang-barang lain di sekitar komputer Anda.
Sebuah barang akan tetap awet dan tahan lama apabila kita bisa merawatnya dengan baik, begitu juga dengan sebuah komputer. Komputer akan tetap awet dan jarangngadat apabila kita menjaga kebersihannya.

Demikian Tips Merawat Komputer Agar Tetap Bersih Dan Awet yang bisa sayasampaikan, semoga tips ini ada manfaatnya bagi pembaca dan yang membutuhkan. Salam blogger and happy blogging.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!