13 Jus Buah Ini Sangat Berkhasiat Untuk Kesehatan

13 Jus Buah Ini Sangat Berkhasiat Untuk Kesehatan. Buah-buahan memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pelengkap menu 4 sehat 5 sempurna. Kandungan fitamin pada setiap jenis buah-buahan sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain dapat dikonsumsi langsung buah-buahan juga bisa dibut minuman dalam betuk jus, selain dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh, buah-buahan yang telah dibuat jus juga dapat dikombinasikan dengan buah yang lainnya.

Berikut ini ada 13 jenis jus dari buah-buahan yang bermanfaat bagi kesehatan, yang bisa anda pilih menurut kebutuhan tubuh Anda, silahkan disimak.

1. Buah Anggur

Khasiat-Jus-Buah-Anggur

Khasiat Buah Anggur :  Buah anggur selain enak untuk dikonsumsi juga mempunyai berbagai khasiat diantaranya, menghilangkan lemak pada ginjal dan juga pada bagian tubuh yang lain. Kandungan tanin yang terdapat pada buah anggur juga mampu menyerang berbagai virus yang ada. 

Kandungan flavonoida yang ada pada buah ini bisa sebagai antioksidan dan mencegah atheroclerosis. Buah anggur juga mengandung zat besi serta mencegah konsitipasi, membersihkan hati, membantu fungsi ginjal, membantu pembentukan darah, menonaktifkan virus dan juga dapat menurunkan kolesterol.

Adapun cara penggunaannya adalah sebagi berikut  :  Cuci bersih 100 gram buah anggur segar lalu buang bijinya, kemudian buah anggur diblender bersama 50 cc air matang. Jus Buah Anggur  ini diminum secara rutin satu hari satu gelas secara rutin.

2. Buah Apel

Khasiat-Jus-Buah-Apel

Khasiat Buah Apel :  Buah apel berkhasiat untuk memperbaiki otot, pencernaan serta mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan dan juga menyerap kelebihan air didalam usus. Apel juga dapat mengontrol keluarnya insulin, menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol.

Selain dapat membersihkan tubuh, buah apel juga berkhasiat untuk menyembuhkan segala peradangan, mengatasi segala infeksi serta membantu pembentukan tulang dan juga menyerap kalsium dari makanan.

Cara penggunaannya  :  100 gram buah apel, cuci bersih lalu dibuang bijinya kemudian dagingnya dibuat jus dengan air 50 cc. Jus Buah Apel ini dapat diminum satu gelas sehari setelah makan siang.

3. Buah Alpukat

Khasiat-Jus-Buah-Alpukat

Khasiat Buah Alpukat :  Khasiat dari buah alpukat adalah untuk mengobati sariawan, kencing batu, darah tinggi, kulit muka kering, sakit gigi berlubang, kencing manis serta menggurangi radang pada tulang.

Adapun cara penggunaannya  :  Ambil 100 gram alpukat matang kemudian dicuci, kemudian buang bijinya dan diambil dagingnya saja. Potong alpukat kecil-kecil lalu diblender, tambahkan air atau susu kedelai sedikit demi sedikit hingga 50 cc. Jus Buah Alpukat ini diminum satu gelas sehari pada siang atau malam hari sesudah makan.
 

4. Buah Belimbing Manis

Khasiat-Jus-Buah-Belimbing

Khasiat Buah Belimbing ;  Belimbing manis memiliki khasiat sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan darah tinggi, kolesterol dan asam empedu dalam darah.

Cara Penggunaannya  :  Ambil 100 gram belimbing manis yang masih segar dan masak, kemudian dicuci bersih lalu diblender bersama bijinya. Sewaktu memblender tambahkan air sedikit demi sedikit hingga 50 cc. Minum Jus Buah Belimbing ini satu gelas sehari sesudah makan.

5. Buah Jambu Biji

Khasiat-Jus-Buah-Jambu-Biji

Khasiat Buah Jambu Biji :  Jambu biji juga memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk mengatasi diare akut dan kronis, disentri, radang usus, gangguan pencernaan dan juga kencing manis.

Cara Penggunaannya  :  100 gram jambu biji segar yang telah dicuci bersih lalu buang bijinya kemudian diblender. Tambahkan air sedikit-demi sedikit saat memblender hingga 50 cc. Minum Jus Buah Jambu Biji ini satu gelas sehari setelah makan.

6. Buah Sirsak

Khasiat-Jus-Buah-Sirsak

Khasiat Buah Sirsak :  Sirsak mempunyai khasiat untukmeningkatkan daya tahan tubuh, mencegah proses penuaan, mengatasi sembelit, mengatasi gangguan pegal di pinggang dan juga nyeri pinggang dan batu empedu.

Cara Penggunaannya :   Ambl 100 gram buah sirsak segar yang telah masak, setelah dicuci bersih buang bijinya lalu diblender, tambahkan air secara sedikit demi sedikit sampai 50 cc saat memblender. Jus Buah Sirsak ini sangat bagus diminum satu hari satu gelas setelah 2-3 jam setelah makan pagi atau siang.

7. Buah Nanas

Kasiat-Jus-Buah-Nanas

Khasit Buah Nanas :  Buah nanas juga mempunyai berbagai khasiat, diantaranya berguna untuk membantu pencernaan protein dan konstipasi, pemecah protein dan lemak, Jus buah nanas juga bisa mengatasi gangguan sembelit, trauma, ISPA, artritis dan anti tumor.

Cara  Penggunaan :  50 gram nanas segar yang telah masak dicuci bersih lalu dikupas kemudian diblender, seperti halnya membuat jus yang lain tambahkan air secara sedikit sedikit saat memblender hingga 50 cc. Jus Buah Nanas ini diminum satu gelas sehari sebelum tidur.

Pantangan :  Jangan berlebihan menggunakan terapi buah nanas ini, terutama bagi penderita arthritis cukup 2-2 sendok makan sehari. Wanita hamil dilarang makan buah ini.

8. Buah Jeruk Lemon

Khasiat-Jus-Buah-Jeruk-Lemon

Kasiat Buah Jeruk Lemon :  Jeruk lemon sangat berkhasiat sebagai antioksidan, anti kanker dan juga dapat menghancurkan batu empedu.

Cara Penggunaan  :  Abil 100 gram buah jeruk lemon yang masih segar dan masak, lalu dicuci bersih, dikupas, buang bijinya dan diblender. Tambahkan air secara perlahan saat memblender hingga 50 cc. Jus Jeruk Lemon ini diminum sesudah makan pagi dan makan malam masing-masing 1 gelas.

9. Buah Mangga


Khasiat-Jus-Buah-Mangga

Khasiat Buah Mangga :  Khasiat buah mangga adalah dapat melancarkan saluran pencernaan, memproteksi tubuh dari infeksi, membersihkan aliran darah, menguranggi kelebihan panas pada badan, mengurangi rasa sakit dan juga menghilangkan bau badan.

Cara Penggunaan  :  50 gram mangga segar dan masak, cuci bersih sebelum dikupas, lalu ambil dagingnya kemudian diblender. Tambahkan air sebanyak 50 cc secara perlahan sewaktu memblender. Jus Buah Mangga ini sangat bagus diminum pada pagi atau sore hari 2-3 jam sesudah makan.

10. Buah Pir

Khasiat-Jus-Buah-Pir

Khasiat Buah Pir : Mengobati diabetes, antidemam, mengatasi gangguan pencernaan, dan jika Anda sering bepergian dengan kendaraan bawalah buah pir ini, karena buah pir dapat dijadikan obat mabuk kendaraan.

Cara Penggunaan  :  200 gram buah pir segar yang telah masak dicuci bersih lalu dikupas dan buang bijinya kemudian diblender. Tambahkan 50 cc air secara perlahan saat memblender. Jus Buah Pir ini diminum tiga kali sehari 1 gelas pasa pagi, siang dan malam hari.

11. Buah Tomat

Khasiat-Jus-Buah-Tomat

Khasiat Buah Tomat  :  Selain sering digunakan untuk memasak, tomat juga mempunyai khasiat untukmembantu metabolisme tubuh, membersihkan usus dan perut, mengatasi masalah pencernaan dan susah buang air besar, meredakan nyeri pada penderita asam urat tinggi, membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker, membersihkan darah dan hati dan mencegah usus buntu.

Cara Penggunaan  :  Ambil 50-100 gram tomat, cuci bersih lalu diblender. Jus Buah Tomat ini diminum 2-3 jam setelah makan 1 gelas sehari.

12. Buah Mentimun

Khasiat-Jus-Buah-Mentimun

Khasiat Buah Mentimun  :  Buah mentimun dapat membantu membersihkan pencernaan, mendinginkan suhu tubuh, dan juga menyehatkan kulit. Buah mentimun juga sangat berperan pada jaringan konektif seperti infraseluler, otot tendon, ligamen, kartilago dan tulang.

Cara Penggunaan  :  100 gram mentimun segar dicuci bersih lalu dikupas kemudian diblender, tambahkan air sebanyak 50 cc sedikit-demi sedikit sewaktu memblender. Jus Buah Mentimun ini diminum bersama 1 sendok air jeruk nipis, Jus ini dimunum 3 kali seminggu masing-masing 1 gelas sesudah makan.

13. Buah Pepaya
Khasiat-Jus-Buah-Pepaya

Khasiat Buah Pepaya  :  Selain sering dijadikan sayur pada buah pepaya yang masih muda, buah pepaya yang telah masak memiliki berbagai khasiat yang diantaranya adalah, memperlancar pencernaan, mengobati lambung, mengurangipanas tubuh, mengurangi gangguan jantung, anti amuba, peluruh kencing, pemecah serat, mengatasi diare, demam, luka, alergi, reumatik dan juga encok.

Cara Penggunaan :  100 gram pepaya yang telah masak dicuci bersih, lalu dikupas, buang bijinya kemudian diblender. Tambahkan air sedikit demi sedikit sewaktu memblender hingga 50 cc. Jus Buah Pepaya ini diminum satu gelas sehari setelah makan pagi atau makan siang.

Baca juga :  4 Manfaat Pisang Yang Luar Biasa 

Dari ke 13 Jus Buah diatas silahkan dipilih mana yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda saat ini, konsumsilah secara benar, dan alangkah lebih bagusnya lagi bila Anda juga berkonsultasi dengan Dokter, mengenai penyakit yang Anda derita. Semoga brmanfaat.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!