Fluktuasi Traffic Blog Berdasarkan Jam, Hari, Dan Juga Musim Serta Berdasarkan Jenis Situs

Fluktuasi Traffic Blog Berdasarkan Jam, Hari, Dan Juga Musim. Mengurus blog atau menjadi blogger, pekerjaan yang paling sulit dan menyita banyak waktu adalah bagaimana agar traffic blog yang kita kelola semakin meningkat. Menganalisa dan mengamati traffic kunjungan di blog kita sangat diperlukan, karena disitulah kita dapat memantau perubahan trafik situs kita, baik saat traffic naik maupun turun.

Banyak faktor yang mempengaruhi perubahan traffic, terutama tentang update algoritma dari Google, yang bisa menyebabkan perubahan traffic pada banyak situs. Selain perubahan secara besar oleh Google, setidaknya ada banyak faktor yang menyebabkan pergerakan traffic tersebut. berikut ini beberapa penyebab fluktuasi trafik sebuah situs.

Penyebab fluktuasi trafik secara normal

1. Fluktuasi Traffic Berdasarkan Jam
Waktu (jam) mempunyai pengaruh besar terhadap traffic, dalam sehari setitaknya ada tiga titik waktu dimana jam-jam stersebut mempunyai berkontribusi sangat besar terhadap traffic, bisa dikatakan hampir separuh traffic dalam sehari itu terjadi dalam rentang titik waktu tersebut

Fluktuasi traffic tinggi biasanya terjadi sekitar jam 10-11, lalu dilanjutkan pada jam 14-16. Namun dengan semakin luasnya akses internet melalui smartphone, jarak tersebut sudah berkurang drastis. Traffic saat ini umumnya hampir rata-rata antara jam 9 hingga jam 21, di mana traffic tertinggi biaanya sekitar jam 15 dan traffic terendah sekitar jam 18. Setelah itu mulai jam 21, traffic akan turun secara siknifikan antara jam 3-4 pagi.

Statistik Histats Berdasarkan Jam

2. Fluktuasi Traffic Berdasarkan Hari Dalam Seminggu
Pada umumnya, traffic paling tinggi sering kali terjadi pada hari Senin dan juga Selasa, setelah itu traffic akan turun pada hari Jumat, dan akan turun secara drastis di akhir pekan yaitu hari sabtu dan juga minggu. Hal ini karena disebabkan semakin dekat dengan akhit pekan. Pada akhir pekan tentunya para pengguna web lebih memilih untuk bersantai.

Traffic Histats Berdasarkan Hari Dalam Seminggu


3. Fluktuasi Traffic Berdasarkan hari Libur
Seperti halnya pada akhir pekan, para pengguna web pada umumnya mempunyai aktifitas lain pada hari libur. Kebanyakan traffic pada hari libur akan lebih rendah dari hari Sabtu, mungkin karena pada hari libur orang lebih suasana yang lebih spesial dengan orang-orang terdekat.

4. Fluktuasi Traffic Karena Libur Panjang
Sebuah libur panjang seringkali terjadi, hal ini terjadi ketika akhir pekan bertemu dengan hari libur? Apabila terjadi hari libur pada hari Jumat, maka fluktuasi traffic akan sangat rendah, bila dibandingkan dengan hari Sabtu pada umumnya. Traffic akan berlanjut sepi pada hari Sabtu dan Minggu. Hal ini akan terukang ketika hari libur terjadi di pada Senin.

5. Fluktuasi Traffic Disebabkan Tanggal
Tanggal dalam bulan akan mempunyai pengaruh besar juga terhadap traffic. Pada umunya, ketika semakin dekat sebuah hari dengan akhir bulan, maka akan semakin banyak kesibukan lain bagi pengguna web, baik itu karena pekerjaan yang harus diselesaikan pada akhir bulan, maupun karena aktifitasnya lain. Oleh karena itu, mulai tanggal 25 sampai dengan tanggal 5 traffic ke web bisa saja akan berkurang secara signifikan,

Namun pada sisi lain, ada beberapa situs yang malah memiliki kenaikan traffic, situs-situs ini adalah situs jual beli, semakin dekat dengan akhir bulan maka kunjungan malah akan semakin naik pada situs ini, hal itu disebabkan karena akan semakin banyak pembeli yang datang.

6. Fluktuasi Traffic Berdasarkan Musim
Menjelang Idul Fitri, situs-situs komersial adalah yang akan mendapatkan peningkatan traffic secara sangat signifikan. Situs fashion, Situs kue lebaran, dan juga situs travelling. Hal ini juga akan berulang ketika menjelang Natal, meskipun pada jelang Natal perubahannya tidak terlalu besar ketika menjelang lebaran.

Pada saat musim liburan sekolah tiba tentu akan banyak aktifitas yang melibatkan keluarga, sehingga pada musim ini sebagian situs juga akan mengalami penurunan traffic, namun untuk situs travelling seperti pemesanan hotel atau tiket pesawat hal ini malah akan mengalami kenaikan traffic, terutama disaat menjelang liburan.

Kesimpulannya
Dengan berkaca dari beberapa jenis fluktuasi traffic yang telah dijelaskan diatas, sebenarnya kita harus mampu memanfaatkan keadaan yang ada. Adapun untuk caranya, silahkan Anda cari kesimpulan sendiri dari fluktuasi traffic yang ada, baik naik atapun turun.

Memang sangatlah penting untuk mengetahui sebab fluktuasi traffic yang ada pada situs kita, karena hal tersebut, akan dapat membantu kita didalam mengambil keputusan untuk mengatur langkah selanjutnya bagi eksistensi situs yang kita kelola. Demikian, semoga bermanfaat. Salam Blogger And Happy Blogging.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!