Kriteria Memilih Template Blog Yang Baik Untuk Digunakan

Dalam mengelola sebuah blog hal terpenting adalah konten yang berkualitas. Namun ada hal yang perlu juga untuk diperhatikan, yaitu tampilan blog atau template yang digunakan. Sebagus apapun konten yang dibuat akan tetapi tampilan blog atau template yang digunakan berantakan tentu pengunjung akan bosan melihatnya.

Kriteria Memilih Template Blog Yang Baik Untuk Digunakan bisa dibilang gampang-gampang susah, disinilah yang nantinya akan menjadi faktor penentu image dari sebuah blog. Blog yang sering bergonta-ganti template tentu kurang bagus dan tidak memiliki image yang bagus, baik itu dimata pengunjung maupun search engine.

Kriteria-Template-Yang-Baik

Untuk itu sebelum menentukan untuk memakai sebuah template, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apakah template yang dipilih adalah template yang benar-benar baik atau tidak. Ada tiga kriteri yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah template itu baik atau tidak. Tiga kriteria template yang baik untuk blog adalah Responsive, User Friendly, dan juga Fast Loading.

Silahkan baca juga :  4 Blog Dengan Gudang Template Terbaik

Sekarang kita bahas sama-sama ketiga kriteria template yang baik tersebut

1. Responsive
Template responsive adalah template yang bisa menyesuaikan tampilan di semua layar. Seperti kita ketahui saat ini sebagian pengguna internet telah banyak yang menggunakan smartphone dan tablet, untuk itu tampilan sebuah halaman yang responsive sangat diperlukan agar kita tidak kehilangan pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.

Sebelum kita download sebuah template dan kita gunakan untuk blog kita, ada baiknya template dicek terlebih dahulu apakah resposive atau tidak. Ada beberapa situs yang bisa kita gunakan untuk menentukan sebuah template tersebut responsive atau tidak.

Untuk mengecek sebuah tempalate rsponsive atau tidak kita bisa menggunakan situs troy.labs.daum.net. Disini kita bisa mengecek template dengan berbagai tampilan perangkat mobile yang ada saat ini.

Kriteria-Template-Yang-Baik


Dari google sendiri kini telah hadir tool testmysite.thinkwithgoogle.com dimana kita bisa mengecek mobile friendly sebuah template dan juga kecepatan loading sebuah template sekaligus, apabila nilai yang didapat semua dalam angka diatas 80 an keatas itu artinya template tersebut layak untuk dipilih dan digunakan.

Namun terlepas dari itu hasil yang didapat dari tool-tool tersebut, semua tergantung pada pribadi blogger masing-masing dalam memilih sebuah template.

2. SEO Friendly Dan User Friendly.
Tempalte SEO friendly adalah template yang memiliki struktur data yang bagus, template jenis ini akan mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan posisi sebuah blog di SERP. Untuk mengecek SEO sebuah template Anda bisa mengunjungi situs chkme.com/page-seo-tools.  kini sudah tidak aktif lagi.

Silahkan ketikkan url blog Anda dan klik chek. bila seo skor template 100% itu artinya template tersebut memiliki struktur data yang bagus.

Kriteria-Template-Yang-Baik

Template User Friendly adalah template yang memiliki tampilan yang simpel dimana template memiliki warna yang tidak membuat mata pengunjung sakit melihatnya. Selain itu template user friendly juga sangat disukai oleh google, template user friendly biasanya memiliki tampilan yang sederhana dan enak dipadang serta rapi sehingga pengujung akan betah di blog Anda.

3. Fast Loading
Salah satu kriteria SEO sebuah template adalah dari segi loadingnya. Template yang memiliki loading yang cepat sangat bagus bila digunakan. Sebuah halaman yang bisa di load dengan cepat tentu akan membuat pengguna tidak menunggu lama dan juga hemat kuota.

Sudah bisa dipastikan apabila pengunjung akan menutup sebuah halaman  jika halaman web tersebut tidak bisa di load dalam waktu kurang dari 3 menit. Untuk itu dalam memilih sebuah template yang baik, perhatikanlah segi loadingnya.

Ada beberapa tool yang bisa digunakan untuk mengecek speed sebuah template dan salah satunya telah saya sebutkan dalam point pertama yaitu tool dari google testmysite.thinkwithgoogle.com. Dan satu lagi tool yang bisa Anda gunakan untuk mengetes speed sebuah template yaitu GTmetrix.com.

Apabila skor template adalah A itu berarti kecepatan loading template tersebut sangat bagus, bila skor template B template tersebut juga masih memiliki kecepatan yang bagus dan layak untuk digunakan.

Kriteria-Template-Yang-Baik

Kesimpulannya
Memang sebuah template sangatlah mendukung kinerja sebuah blog, baik itu dimata pengunjung maupun dimata mesin pencari, namun hal yang paling utama dalam sebuah blog adalah konten, karena seperti para master bilang "Konten Adalah Raja" TAPI "Template Adalah Permaisurinya" Demikian semoga bermanfaat. Salam Blogger And Happy Blogging.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kriteria Memilih Template Blog Yang Baik Untuk Digunakan"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel