4 Fakta Konten Berada Dihalaman Pertama (Page One)

4 Fakta Konten Berada Dihalaman Pertama (Page One). Halaman pertama/Page One, terutama mesin pencari Google, tentu menjadi incaran para blogger agar konten yang telah dibuat bisa menempati posisi tersebut. Manfaat memiliki konten yang bisa berada di halaman pertama adalah bisa mendatangkan traffic yang banyak kedalam situs/blog yang dikelola.

Dan fakta telah membuktikan hal tersebut, setiap kita browsing untuk mencari sebuah informasi melalui search engine, terutama Google, pasti akan kita dapati hanya 10 artikel yang berada di halaman pertama mesin pencari. Dan sudah barang tentu pula dari kesepuluh artikel tersebutlah yang akan kita klik, terutama yang berada di urutan paling pertama terlebih dahulu.

Ada beberapa fakta yang sering saya jumpai ketika saya membaca sebuah konten yang berada di halaman pertama. Dari segi situs dan pemilik, fakta menunjukkan konten yang berada di halaman pertama banyak dikuasai oleh situs dan pemilik yang telah memiliki nama dan tentu juga pengalaman dibidang SEO yang mumpuni.

Adapun fakta dari segi konten yang ada di halaman pertama, menurut pengamatan mata newbie saya ada beberapa kriteria. Dalam artikel ini saya akan mengulas 4 Fakta Konten Berada Di Halaman Pertama tersebut.

4 Fakta Konten Berada Dihalaman Pertama (Page One)
Sumber Gambar :  www.autoeagear.com

1. Konten Dihalaman Pertama Google Rata-Rata Memiliki 2000 Kata Lebih

Fakta yang pertama adalah, konten yang memiliki jumlah kata yang banyak akan mempunyai kesempatan besar nagkring dihalaman pertama google. Dengan jumlah kata yang banyak tentu akan semakin banyak pula keyword yang ada di konten tersebut. Itulah faktanya kenapa konten dengan jumlah yang banyak bisa berada di halaman pertama.

Namun konten dengan jumlah kata yang banyak disini, tentu merupakan konten yang memang mempunyai kualitas, bukan hanya sekedar banyak kata saja namun dari segi penyampaiannya pun mudah dipahami dan tidak berbelit-belit.

Sebagai contoh konten dengan jumlah kata yang banyak dan berada di halaman pertama google adalah konten dari blog PanduanIM. Blog ini, kebanyakan kontennya merajai halaman pertama google, bahkan kontennya bisa sampai 5000 kata, bila Anda tidak percaya silahkan klik link artikelnya dibawah ini.

Baca :  5 Cara Untuk Masuk Ke Halaman Pertama Di Google Dengan Keyword Apapun

2. Konten Dihalaman Pertama Google Memiliki Link Out Lebih Banyak

Link keluar pada sebuah konten terkadang diperlukan, apalagi sebuah link yang menuju ke sebuah halaman yang relevan dengan konten yang sedang dibahas. Menaruh link keluar pada sebuah konten tentu tidak boleh asal-asalan, karena hal itu akan mempengaruhi posisi konten itu di halaman search engine.

Menaruh link keluar menuju kesebuah halaman yang terkait dengan bahasan konten yang ada, tentu akan mempunyai manfaat bagi pembaca konten tersebut. Karena terkadang pembaca membutuhkan informasi yang terkait dengan artikel yang sedang dibacanya. Untuk itu membuat link keluar menuju konten yang relevan tentu akan semakin memperkuat posisi artikel untuk masuk di halaman pertama.

3. Konten Dihalaman Pertama Google Terdapat Struktur Tulisan Dengan Bullet List

Konten dengan struktur tulisan menggunakan bullet maupun numbering, sering dipakai beberapa blogger dalam penulisan artikel. Bullet dan numbering mempunyai fungsi untuk memperjelas point-point yang disampaikan dalam artikel.

Selain untuk memperjelas maksud dari artkel yang sedang dibahas, metode penulisan dengan bullet dan numbering akan semakin membuat tulisan lebih rapi dan enak untuk dibaca. Dan hal itu kemungkinan besar juga menjadi salah satu kriteria dari google untuk menempatkan konten tersebut di halaman pertama.

Sebagai contoh konten yang memiliki struktur tulisan dengan bullet list maupun numbering list yang banyak adalah konten miliknya Mas Sugeng di blognya Sugeng .id. Selain struktur tulisan dengan bullet dan numbering dalam artikel ini juga banyak link out yang keluar seperti fakta yang telah saya sebutkan dalam point kedua, bahkan salah satu linknya mengarah ke blognya Linda Ikeji, salah satu blogger sukses dari Nigeria. Anda bisa membaca artikelnya disini

4. Konten Dihalaman Pertama Google Mudah Dipahami 

Fakta yang terakhir ini adalah kesimpulan dari ketiga fakta yang telah saya sebutkan diatas, konten yang mudah dipahami tentu merupakan konten yang user friendly, dan Google sendiri sangat menyukai sebuah konten yang user friendly, hal inilah yang menjadi pertimbangan Google untuk menempatkan sebuah konten untuk berada di halaman pertama.

Sedikit flasback ke point yang pertama, kedua dan ketiga, sebuah konten dengan jumlah kata yang banyak tentu akan semakin memperjelas apa yang disampikan pada konten tersebut asalkan pembahasannya gamblang, dengan begitu pembaca akan lebih paham apa yang disampikan. Sedangkan merujuk pada point yang kedua, dengan memberikan link keluar tentu pembaca akan semakin memahami lanjutan dari artikel yang dibacanya. Sedangkan struktur bullet dan numbering, juga mempunyai manfaat agar artikel yang dibuat bisa dipahami dengan point-point yang biasanya ditulis dengan struktur bullet maupun numbering.

Baca juga :  7 Faktor Blog Bisa Bersaing Di Serp

Itulah 4 Fakta Konten Berada Dihalaman Pertama (Page One) menurut pengamatan saya yang masih pemula ini. Tentunya masih banyak faktor-faktor lain yang bisa mendukung bagaimana sebuah konten itu bisa berada di halaman pertama Google. Sebagai blogger tentu kita harus mempelajari berbagai faktor tersebut agar konten yang kita buat bisa bersaing menembus halaman pertama. Semoga bermanfaat, Salam Blogger And Happy Blogging.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!