4 Jenis Penyakit Pohon Kelapa Dan Cara Penanggulangannya

Ceritatani.Com - 4 Jenis Penyakit Pohon Kelapa Dan Cara Penanggulangannya. Bila dilihat sekilas pohon kelapa akan nampak seperti tidak pernah terserang penyakit, namun sebenarnya pohon kelapa juga bisa terserang hama penyakit seperti pada tanaman lain pada umumnya. Pada umumnya pohon kelapa yang terserang penyakit akan menurun kualitas produksi buahnya.

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang pohon kelapa, jika penyakit-penyakit tersebut tidak ditanggulangi tentu produktifitas serta pertumbuhan pohon kelapa tidak akan maksimal. Untuk itu sebelum kita menanggulangi penyakit pada pohon kelapa, akan lebih maksimal kalau kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis penyakit yang menyerangnya.

Berikut ini 4 jenis penyakit pohon kelapa yang coba Ceritatani bagikan untuk menambah wawasan Anda semua, terutama para petani kelapa.

4-Jenis-Penyakit-Pohon-Kelapa-Dan-Cara-Penanggulangannya

Jenis-Jenis Penyakit Pohon Kelapa

1. Penyakit Busuk Pucuk Dan Gugur Buah.
Jenis penyakit ini disebabkan oleh virus Phytoptora. Penyakit ini akan menyerang daun muda pohon kelapa serta akan menyebabkan gugurnya buah kelapa muda. Ciri-ciri penyakit ini adalah, pelepah menjadi layu, pelepah muda menjadi kusut serta pelepah akan putus (istilah jawanya dengkleh).

Jika dibiarkan, penyakit ini akan membuat pertumbuhan pohon kelapa jadi kurang sempurna dan serta produktifitas buahnya akan berkurang karena buah kelapa akan gugur sebelum buah menjadi tua.

Cara Penanggulangannya  :
Pengendalian penyakit pohon kelapa jenis Phythoptora ini adalah dengan cara disemprot fungisida. Atau bisa juga dengan cara injeksi asam foras pada batang pohon kelapa.

2. Penyakit Pendarahan Batang.
Penyakit ini juga sering disebut Kangker batang, penyakit jenis ini biasanya akan menyerang batang pohon kelapa sehingga batang kelapa sering mengeluarkan cairan seperti darah.

Cara Penanggulangannya  :
Penyakit pendarahan batang ini bisa ditanggulangi dengan cara memberi pupuk pada pohon kelapa, adapun pupuk yang digunakan adalah Phonska, KCL yang tinggi.

3. Penyakit Gonoderma
Penyakit gonoderma pada pohon kelapa ini disebabkan karena pohon kelapa sering tergenang air, atau drainase nya kurang lancar. Penyakit ini akan menyebabkan pohon kelapa mati dan tumbang.

Cara Penaggulangannya  :
Karena penyakit ini disebabkan oleh genangan air yang tidak lancar, untuk menanggulangginya sebaiknya drainase atau saluran air disekitar tanaman kelapa dibuat selancar mungkin agar air tidak menggenang.

4. Penyakit Pestikano
Penyakit pestikano ini hampir mirip dengan penyakit busuk daun, namun perbedaanya penyakit ini hanya menyerang daun muda kelapa saja. Penyakit ini akan menyebabkan daun muda patah dan tidak berkembang.

Cara Penanggulangannya  :
Adapun cara penanggulanggannya hampir mirip dengan penyakit Busuk pucuk yaitu dengan cara disemprot fungisida. Cara lain penanggulangan penyakit ini adalah dengan cara memangkas daun yang sudah tua, agar sanitasi disekitar daun kelapa muda menjadi lebih lapang.

Itulah 4 jenis penyakit yang sering menyerang phon pisang dan cara penanggulanggannya, semoga apa yang disampaikan disini bisa bermanfaat bagi petani yang membudidayakan tanaman kelapa. Salam Tani.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!