4 Tips Memilih Telur Bebek Yang Baik Untuk Ditetaskan

4 Tips Memilih Telur Bebek Yang Baik Untuk Ditetaskan. Beternak bebek bisa dilakukan dengan membeli bibit bebek yang sudah siap bertelur maupun dengan cara menetaskan sendiri baik menggunakan mesin tetas ataupun menggunakan cara tradisional pada ayam.

Memilih telur bebek yang bagus ketika akan ditetaskan itu sangat penting, karena daya tetas yang baik itu ditentukan dari kualitas telur yang digunakan. Berbeda dari telur ayam, telur bebek meiliki waktu yang lebih lama yaitu 28 hari penetasan, sedangkan telur ayam hanya memerlukan waktu 21 hari saja.

Tips Memilih Telur Bebek Yang Baik Untuk Ditetaskan

Berikut ini Ceritatani bagikan beberapa tips yang bisa diterapkan didalam memilih telur bebek yang akan ditetaskan.

1. Tips yang pertama :  Pastikan telur bebek yang akan ditetaskan berasal dari Indukan yang bagus, telur bukan dari bebek yang dipelihara dengan makanan konsentrat. (Bebek Tradisional).

2. Tips yang kedua :  Pastikan telur dari peternakan bebek yang memiliki pejantan yang bagus. Perbandingan pejatan dan betina yang bagus adalah 10:1.

3. Tips yang ketika :  Pastikan ada titik udara didalam telur. Adapun cara mengetahuinya adalah, buat teropong dengan menggunakan kertas karton, kemudian letakkan telur pada ujung teropong kemudian, arahkan telur pada sinar matahari atau lampu dan lihat apakah ada titik udara didalam telur atau tidak. Jika ada biasanya titik udara akan terlihat diujung telur.

Namun terkadang titik udara juga berada di samping tengah bagian telur. Dari hasil beberapa praktek yang telah kami lakukan, jika titik berada di ujung telur, biasanya bebek betina, namun jika titik udara berada dibagian samping tengah telur, kebanyakan bebek yang dihasilkan jantan.

Tips Memilih Telur Bebek Yang Baik Untuk Ditetaskan

4. Tips yang keempat :  Jika telur dalam keadaan kotor, jangan cuci telus dengan air, telur cukup dilap dengan kain yang basah saja atau bisa dengan menggunakan sabut kelapa.

Catatan  :  Beberapa tips tersebut hanyalah berdasarkan hasil praktek dan pengamatan yang telah dilakukan saja. Adapun untuk hasil dan menentukan pejantan ataupun betina tentu hal itu adalah kuasa dari Sang pemberi hidup semua mahkluk yang ada di bumi ini yaitu Allah SWT.

Demikian 4 Tips Memilih Telur Bebek Yang Baik Untuk Ditetaskan, semoga apa yang kami sampaikan disini bisa bermanfaat. Salam Tani.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!