Jaringan 4G LTE Smartfren Ternyata Bisa Menjangkau Daerah Terpencil

KemejingNet - Jaringan 4G LTE Smartfren Ternyata Bisa Menjangkau Daerah Terpencil. Dengan diketoknya Peraturan Menkominfo tentang Penataan Pita Frekuensi Radio 800 MHz maka operator telekomunikasi Code-Division Multiple Access (CDMA) harus pindah frekuensi ke GSM sebelum Desember 2016. Untuk itu Smartfren yang merupakan salah satu operator yang menggunakan CDMA akhirnya mempersiapkan jaringan 4G LTE.

Dan pada tahun 2016 ini jaringan 4G LTE smartfren sudah bisa digunakan. Jaringan 4G LTE dari smartfren saat ini telah mencakup banyak tempat, baik itu diperkotaan maupun di daerah terpencil. Saya sendiri sebagai pengguna smarfren telah merasakan hal tersebut, walaupun tempat saya tinggal termasuk daerah pegunungan tapi jaringan 4G LTE dari smartfren bisa saya nikmati.

Smartfren 4G LTE


Satu keunggulan yang dimiliki oleh smartfren adalah jangkauan 4G nya yang langsung bisa dinikmati oleh para penggunanya. Berbeda dari operator jaringan lain, walupun mereka sudah memiliki jaringan 4G namun jangkauannya belum bisa seluas Smartfren.

Dari hasil googling yang saya dapatkan, kebanyakan jangkauan 4G operator selain smartfren hanya dapat dinikmati di daerah perkotaan saja, itupun tidak semuanya bisa, terutama di kota-kota kecil apalagi di daerah terpencil.

Jangkauan Jaringan Smarfren 4G LTE

Smartfren adalah operator pertama yang menggelar jaringan 4G LTE A di beberapa kota kecil dan bahkan daerah terpencil, hal ini tentu akan sangat membantu pengguna yang tidak dijangkau jaringan 4G GSM. Jaringan 4G GSM kebanyakan hanya mendukung di kota besar di Pulau Jawa saja. Dan bahkan di kawasan Jawa Tengah jaringan 4G GSM belum tersedia.

Dalam hal ini, Smartfren menawarkan yang berbeda dengan mendukung jaringan 4G LTE A banyak kota kota kecil. Jaringan 4G Smartfren menggunakan 2 frekuensi gabungan berbasis frekuensi 850 Mhz mendukung kecepatan 2 - 20 Mbps dan 2300 mhz mendukung kecepatan 2 - 100 Mbps atau yang lebih dikenal Carrier Aggregation.

Gabungan kecepatan tersebut dapat meningkatkan kecepatan 4G LTE hal ini tentunya smartphone juga harus sudah mendukung dengan kedua frekuensi tersebut. Syarat untuk menikmati jaringan super cepat 4G LTE A smarphone harus mendukung frekuensi 850 Mhz dan 2300 Mhz ( Data Only ) atau 2300 Mhz saja.

Kartu Khusus Internet Smartfren 4G LTE

Sepeti dilansir pada situs resmi smartfren.com. Kartu khusus internet smartfren 4G LTE adalah kartu yang dapat di gunakan pada perangkat yang mendukung jaringan LTE 850Mhz & atau 2300Mhz. Kartu ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin merasakan koneksi internet Smartfren 4G LTE dengan menggunakan Handset/perangkat non Andromax.

Menurut beberapa situs ada beberapa smartphone yang bisa dipasang kartu khusus internet smartfren 4G LTE ini, namun saya sendiri juga belum pernah mencobanya. Kabar dari situs smartfren sendiri hanya ada 3 smartphon yang bisa langsung dipasang kartu ini tanpa harus mengatur setingannya (plug and play)

Adapaun ketiga smartphon tersebut adalah  :

  • Samsung Galaxy Tab S2
  • Samsung Galaxy S6 Edge+
  • Samsung Galaxy Note5
Ketiga Smartphone tersebut bisa langsung suport kartu khusus internet smartfren 4G LTE tanpa harus diseting terlebih dahulu. Adapun mengenai info smartphone lain yang bisa dipasangi kartu khusus internet 4G LTE smartfren, Anda bisa mengunjungi gerai smartfren terdekat di kota Anda.

Demikian info mengenai jaringan 4G LTE Smartfren, bagi Anda yang kebetulan lagi mudik di daerah terpencil. kayaknya 4G LTE smartfren bisa menjadi solusi dan semoga bisa membantu Anda yang punya aktifitas sangat mobile melalui internet. Semoga bermanfaat.

Hanyalah manusia biasa yang jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah