Perbedaan Gula Aren Dan Gula Jawa

Perbedaan Gula Aren Dan Gula Jawa. Bagi orang yang belum begitu faham akan gula tradisional, kebanyakan pasti mengira kalau gula aren dan gula jawa itu sejenis atau sama saja. Namun pada kenyataanya gula aren dan gula jawa itu beda, karena dihasilkan dari pohon yang berbeda pula.

Gula aren adalah gula yang dihasilkan dari penyadapan pohon aren atau nira, Sedangkan gula jawa adalah gula yang dihasilkan dari penyadapan pohon kelapa. Adapun dari segi fisik dan rasa, ada beberapa perbedaan yang sangat kentara dari kedua jenis gula ini.

Ciri Ciri Gula Aren
  • Gula aren dibuat dari hasil penyadapan nira pohon aren.
  • Gula aren lebih gelap dibandingkan gula kelapa. Warnanya agk cokelat kehitaman
  • Gula aren memiliki aroma gula yang sangat khas keharumannya.
  • Pada umumnya, gula aren dicetak agak besar, dengan menggunakan tempurung kelapa.
Perbedaan-Gula-Aren-Dan-Gula-Jawa
Gula Aren

Karena memiliki aroma yang khas, gula aren sering digunakan untuk berbagai macam bahan makanan dan juga minuman khas daerah, seperti campuran kopi dan juga bandrek dan yang lainnya.


Ciri Ciri Gula Jawa/Kelapa
  • Gula jawa terbuat dari nira yang diambil dari pohon kelapa.
  • Warna gula jawa atau gula kelapa terlihat lebih terang, cokelat agak kuning keputihan.
  • Adapun aroma tidak begitu mencolok seperti gula aren.
  • Rasa gula jawa juga tidak terlalu manis seperti gula aren.
  • Hasil cetakan gula jawa lebih kecil, biasanya dicetak dengan menggunakan dakon maupun potongan bambu (Namun tidak semua tempat sama)
Perbedaan-Gula-Aren-Dan-Gula-Jawa
Gula Jawa
Dari perbedaan tersebut, tentunya kedua jenis gula yang dihasilkan dari fermentasi nira itu mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Pilihan orang pun berbeda-beda dalam mengkonsumsi gula ini, ada yang lebih suka gula aren, namun ada juga yang lebih memilih gula jawa.

Dalam memilih jenis gula tradisional sebaiknya Anda juga harus berhati-hati, karena saat ini banyak gula yang sudah dicampur dengan bahan-bahan kimia serta gula yang dihasilkan dari daur ulang yang sudah ditambah dengan bahan gula pasir.

Itulah Perbedaan Gula Aren Dan Gula Jawa, semoga artikel ini bermanfaat bagi semua. Mengenai gula hasil daur ulang akan saya ulas pada artikel selanjuntnya, Salam Tani.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!