Cara Merawat Blog Agar Tetap Bagus Dimata Mesin Pencari Dan Pembaca

Cara Merawat Blog Agar Tetap Bagus Dimata Mesin Pencari Dan Pembaca. Memilki blog, ibaratnya kita memiliki sebuah rumah, rumah yang baru saja dibangun pasti akan kelihatan masih indah untuk dipandang dan ditempati, namun apabila sudah lama tentu telah banyak kerusakan disana-sini dan perlu diperbaiki. Begitupun dengan sebuah blog, blog yang masih baru tentu masih segar dan belum banyak error yang terjadi.

Apakah perlu merawat sebuah blog?

Pertanyaan diatas pasti terlintas dikepala Anda. Pasti masih banyak yang mengira kalau setelah membuat blog lalu posting artikel, kemudian blog tidak perlu lagi dirawat. Seperti telah saya katakan diatas, kalau blog itu ibarat rumah, lambat laun pasti akan banyak kerusakan yang perlu diperbaiki. Untuk itu blog perlu perawatan secara berkala agar tetap bagus dimata mesin pencari maupun dimata pembaca.

Kerusakan apa yang bisa terjadi pada blog?

Ada banyak kerusakan atau kesalahan yang bisa terjadi pada sebuah blog, misalnya
  • Blog Terkena Deindex
  • Loading Blog Makin Lambat
  • Banyak Page Not Found 404
  • Tampilan blog/Template
Ok, sekarang saya uraikan mengenai kerusakan yang bisa terjadi pada keempat point diatas

#1. Blog Terkena Deindex
Bila sebuah blog terkena deindex itu artinya tidak ada satupun dari domain blog kita yang terindex oleh mesin pencari. Bila Anda mengandalkan traffic blog dari mesin pencari terutama google, sudah barang tentu deindex merupakan malapetaka yang besar bagi kelangsungan blog yang Anda kelola.

Ada banyak penyebab kenapa blog bisa terkena deindex, misalnya, banyak duplikat content, terlalu banyak nyepam dalam optimasi SEO, dan lain sebagainya. Adapun untuk mengetahui blog terkena deindex atau tidak caranya adalah dengan menggetikkan alamat blog Anda seperti ini "site.domainanda.com"


Deindex

Apabila blog Anda masih terindex, baik itu homepage maupun artikel blog, itu berarti blog /website Anda masih aman dan bebas dari Google Deindex, namun jika sebaliknya google tidak mengindex sama sekali baik homepage maupun artikel blog /web Anda berarti blog Anda terkena Google Deindex.

#2. Tampilan Blog/Template
Template blog juga salah satu hal yang perlu diperhatikan dan juga dirawat, jangan terlalu banyak menambahkan widget yang tidak perlu, karena hal tersebut hanya akan memberatkan loading blog saja. Pastikan template yang Anda pakai memiliki stuktur data yang baik agar mesin pencari bisa mengindex halaman Anda secara sempurna.

Pilih warna atau background yang tidak membuat mata pembaca menjadi lelah, dan gunakan ukuran font yang tidak terlalu kecil, agar pengunjung yang membaca artikel Anda merasa nyaman dan betah berlama-lama di blog Anda.

#3. Loading Blog Berat
Setelah sekian lama blog Anda aktif, silahkan cek kembali apakah blog Anda mempunyai loading yang cepat atau tidak. Kecepatan loading sebuah halaman akan sangat berpengaruh terhadap traffic blog yang Anda Kelola.

Memang pada awalnya loading blog akan cepat, namun jika anda telah menambahkan beberapa javacript pada template yang Anda gunakan, tanpa Anda sadari blog Anda akan menjadi lambat. Mengecek kecepatan loading blog adalah salah satu cara merawat sebuah blog agar tetap bagus dimata mesin pencari maupun pengunjung.

Salah satu teknik SEO yang disukai oleh mesin pencari adalah dengan memaksimalkan kecepatan load sebuah halaman. Sebuah halaman yang mempunya loading cepat tentu juga akan disukai oleh pembaca, karena halaman bisa cepat terbuka tanpa harus menunggu lama dan juga menghabiskan kuota inernet pengguna.

Adapun cara mengecek kecepatan loading blog, Anda bisa menggunakan thinkwitgoogle maupun dengan GTmetrix. Ada bisa menggunakan dua situs tersebut untuk mengecek kecepatan loading blog Anda.

thinkwithgoogle

#4. Banyak Page Not Found 404
Page not found adalah halaman yang tidak bisa ditemukan ketika pengguna mengunjungi situs Anda. Ada banyak penyebab terjadinya page not found dan salah satunya adalah rusaknya sebuah link yang ada pada sebuah halaman.

Bila dibiarkan dan terlalu banyak page not found di halaman blog Anda, tentu hal ini sangat kurang bagus dimata pengunjung. Hal ini akan mengakibatkan menurunnya jumlah traffic blog Anda. Untuk itu sebaiknya Anda cek secara berkala apakah banyak page not found atau tidak pada blog Anda.

Bila banyak terjadi page not found, tentu Anda harus menghapusnya, adapun caranya adalah dengan mengunjunggi google webmastertool console, adapun langkah menghapus page not found 404 bisa Anda baca di artikel saya 6 Langkah Mudah Menghapus Error 404 Page Not Found

Error Page Not Found 404


Selain dengan sering update artikel, empat cara merawat blog diatas perlu dilakukan agar blog mempunyai reputasi yang bagus baik dimata seacrh engine maupun dimata pengguna, adapun cara yang ketiga, sebaiknya dilakukan secara berkala baik itu minguan ataupun bulanan agar tidak semakin banyak terjadi error.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan mengenai cara merawat blog agar tetap bagus dimata mesin pencari maupun pembaca, kurang lebihnya mohon maaf bila banyak salah dalam penyampaian. Saran dan kritik selalu saya tunggu lewat kolom komentar agar kita bisa saling berbagi. Salam blogger And happy blogging.

Hanyalah manusia biasa yang jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah