Kalender Masehi Dan Kalender Hijriyah

Kalender Masehi Dan Kalender Hijriyah. Tahun baru Hijriyah 1438 jatuh pada hari Minggu tanggal 2 Oktober 2016. Tahun baru Hijriyah mempunyai makna yang mendalam bagi umat Islam yaitu mengenang Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Dalam menetapkan penanggalan, revolusi bumi dan bulan digunakan sebagai dasar perhitungan penanggalan kalender yang sering digunakan di dunia ini. Adapun sistem penanggalan ada dua macam, yaitu kalender Masehi dan kalender Hijriyah.

Kalender-Masehi-Dan-Kalender-Hijriyah

Kalender Masehi

Kalender masehi dibuat berdasarkan dari revolusi bumi. Tahun Masehi disebut juga tahun Syamsiyah, tahun matahari dan surya. Menurut penanggalan Masehi atau Syamsiyah, satu tahun dibagi menjadi 12 bulan. Nama-nama bulan dan lamanya hari pada penanggalan Masehi adalah seperti pada tabel berikut.

Nama Bulan
Lamanya
Januari 31 Hari
Februari 28 hari
Maret 31 hari
April 30 hari
Mei 31 hari
Juni 30 hari
Juli 31 hari
Agustus 31 hari
September 30 hari
Oktober 31 hari
Nofember 30 hari
Desember 31 hari
Jumlah365 hari

Pada penanggalan Masehi dikenal ada tahun kabisat. Tahun kabisat adalah bulan yang angkanya habis dibagi empat dan tahun abad yang angkanya habis dibagi 400. Pada tahun kabisat, jumlah hari pada bulan Februari adalah 29 hari, sehingga jumlah hari dalam satu tahun menjadi 366 hari.

Baca juga :  Suro Keramat

Kalender Hijriyah

Kalender Hijriyah disebut juga dengan nama kalender Kamariyah. Kalender hijriyah dibuat berdasarkan dengan kala revolusi bulan.

Digunakannya sistem perhitungan tahun baru Hijriyah bermula di masa Umar bin Khattab r.a. atau 6 tahun pasca wafatnya Nabi Muhammad SAW. Salah satu riwayat menyebutkan yaitu ketika khalifah mendapat surat balasan yang mengkritik bahwa suratnya terdahulu dikirim tanpa angka tahun. Beliau lalu bermusyawarah dengan para sahabat dan mereka bersepakat untuk menjadikan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah sebagai awal mula perhitungan tahun dalam Islam.

Seperti halnya kalender Masehi, kalender Hijriyah juga terdiri dari 12 bulan dalam satu tahun. Adapun nama-nama bulan serta lamanya hari pada penanggalan Hijriyah adalah seperti pada tabel berikut ini.

Nama Bulan
Lamanya
Muharam/Syuro   30 Hari
Safar 29 hari
Rabiul Awal/Maulud   30 hari
Rabiul Akhir 29 hari
Jumadi Awal 30 hari
Jumadi Akhir 29 hari
Rajab 30 hari
Sya'ban/Ruwah 29 hari
Ramadhan 30 hari
Syawal 29 hari
Zulkaedah 30 hari
Zulhijah 29 hari
Jumlah354 hari

Pada penanggalan hijriyah juga dikenal tahun kabisat,. Tahun kabisat dalam penanggalan Hijriyah jumlah harinya adalah 355 hari dalam satu tahun. Kelebihan satu harinya kemudian ditambahkan pada bulan Zulhijah, sehingga satu bulan menjadi 30 hari.

Itulah perhitungan Kalender Masehi Dan Kalender Hijriyah yang sering digunakan di beberapa negara termasuk Indonesia, semoga bermanfaat.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!