Komputer Mengalami Missing Operating System

Missing Operating System pada komputer adalah, dimana sebuah komputer tidak bisa booting dari harddisk. Hal ini bisa diakibatkan rusaknya system operasi windows sehingga muncul pesan error Missing Operating System. Selain itu komputer mengalami missing operating system juga bisa disebabkan oleh hal lain.

Hal lain yang bisa menyebabkan munculnya error missing operating system pada komputer adalah terlalu banyaknya USB seperti flasdisk maupun harddisk eksternal lain yang tidak dicopot saat komputer dimatikan. Hal tersebut mengakibatkan BIOS menjadi binggung harus booting dari mana.

Komputer-Mengalami-Missing-Operating-System

Hal yang tersebut diatas pernah terjadi pada komputer saya, banyaknya USB yang masih terpasang ketika komputer dimatikan, dan ketika beberapa hari kemudian saya menghidupkan komputer maka terjadilah Missing Operating System.

Bila komputer Anda mengalami Missing Operating System coba lakukan langkah-langkah berikut ini :

Langkah Pertama  :  Lepaskan harddisk yang tidak penting

1. Matikan kembali komputer Anda dengan menekan tombol power.
2. Cabut seluruh hardware USB yang terpasang kecuali mouse dan keyboard.
3. Kemudian hidupkan komputer Anda kembali

Baca juga  :  Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Ini Solusinya

Langkah Kedua  :  Rubah urutan prioritas booting pada BIOS

1. Hampir sama dengan cara sebelumnya, kemungkinan urutan booting di BIOS kemungkinan telah berubah degan tidak sengaja.
2. Akses BIOS anda saat pertama kali dinyalakan komputernya. Kemudian tekan tombol F2 atau Delete untuk masuk ke menu BIOS. 
3. Cari bagian Boot Priority dan ubah ke harddisk yang berisi sistem operasi.

Apabila dengan dua cara diatas komputer Anda masih tetap saja mengalami Missing Operating System, kemungkinan besar system operasi windows-nya telah rusak. Untuk itu terpaksa Anda harus instal ulang komputer Anda.

Selain kedua cara diatas, masih ada cara lain yang bisa Anda coba, silahkan Anda cari di internet dengan kata kunci Cara Mengatasi Missing Operating System,  karena di internet blog lain telah banyak yang share.

Demikian mengenai Komputer Mengalami Missing Operating System dan cara mengatasinya, kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!