Nasi Kebuli Dan Resep Cara Membuatnya

Nasi Kebuli Dan Resep Cara Membuatnya - Pada kesempatan ini kembali Alya akan berbagi sebuah resep khas Nusantara. Setelah pada kesempatan sebelumnya Alya berbagi tentang nasi kuning. Simak juga Resep Nasi Kuning Khas Indonesia.

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih. Seperti halnya nasi kuning Nasi kebuli juga dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah-rempah.Namun bedanya nasi kebuli ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, dan disajikan dengan daging kambing goreng dan terkadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis.

Resep-Nasi-Kebuli

Hidangan nasi kebuli ini sangat populer di kalangan warga Betawi, di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini mirip dengan nasi Biryani.

Dalam budaya Betawi, nasi kebuli biasanya sering disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW. Nasi kebuli juga populer di kawasan kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik.

Nasi kebuli dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing (bisa juga diganti dengan santan). Daging kambing ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan juga membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas.

Bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ditumis bersama nasi ini adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin. Kemudian daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang. Daging kambing ini bisa diiris kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan asinan nanas, kadang juga ditambahi sambal goreng hati.

Berikur ini resep nasi kebuli yang bisa Anda coba. Namun resep berikut tidak menggunakan kaldu kambing dan juga susu. Namun resep berikut kaldu kambing diganti dengan santan. Berikut resepnya  :

RESEP NASI KEBULI

Bahan-bahan.
  • 6 mangkuk beras (1 kg).
  • 6 gelas santan.
Bumbu-bumbu
  • Ketumbar, jinten, merica, kayu manis, daun salam, laos, serai, dau jeruk purut (semua bumbu dihaluskan kecuali daun salam, laos, serai, dan daun jeruk purut)
Cara membuatnya
  • Cuci beras, campurkan semua bahan dengan bumbu. Tanak nasi hingga matang. Nasi kebuli bisa dihidangkan dengan tahu goreng, telur rebus goreng kemudian disambal, daun seledri dan ketimun.
Demikian mengenai nasi kebuli serta resep dan cara membuatnya, semoga bisa menambah khasanah kita tentang berbagai macam masakan Nusantara. Semoga bermanfaat.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!