Cara Mengurangi Penggunaan Data Internet Pada Komputer

Cara Mengurangi Penggunaan Data Internet Pada Komputer - Dalam kehidupan modern saat ini, salah satu penggunaan komputer paling penting adalah untuk terhubung ke Internet. Banyak orang menghabiskan berjam-jam untuk surfing di internet dengan menggunakan komputer, baik browsing di situs favorit, situs jaringan sosial, menikmati musik dan video secara online maupun melakukan kegiatan yang jauh lebih banyak di komputer yang memiliki koneksi Internet. 

Penggunaan data internet adalah salah satu yang menjadi perhatian utama bagi sebagian besar pengguna. Seperti kita ketahui penggunaan data internet melalui smartphone dengan komputer sangatlah jauh berbeda, jika menggunakan komputer tentunya data internet akan lebih besar yang dibutuhkan. Disinilah letak permasalaan yang sering dialami ketika data internet yang dimiliki sangat terbatas.


Cara-Mengurangi-Penggunaan-Data-Internet-Pada-Komputer

Oleh karena itu, banyak orang selalu mencari cara bagaimana mengurangi penggunaan data Internet pada komputer. sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan data Internet pada komputer. Salah satunya adalah dengan mengontrol penggunaan data internet pada komputer Anda. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk meningkatkan browsing Anda serta kecepatan download tanpa harus khawatir data internet yang anda punya akan cepat habis.

Berikut ini beberapa tips dan trik untuk Anda, yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi penggunaan data Internet pada komputer Anda. Setelah menerapkan tips dan trik yang akan dijelaskan dibawah, Anda akan melihat perubahan yang signifikan dalam penggunaan data Internet Anda serta kecepatan browsing Anda tanpa menyia-nyiakan data internet yang Anda punya untuk hal-hal yang tidak perlu.


Bagaimana Mengurangi Penggunaan Data Internet Pada Komputer.


1. Atur sambungan dengan cara meteran (hanya untuk Windows 10).

Dengan diperkenalkannya fitur terbaru di upgrade Windows, ada sebuah fitur yang sangat berguna yang dapat membantu untuk mengurangi penggunaan data pada komputer windows Anda. Anda dapat mengatur sambungan Internet Anda dengan sistem BERARGO, pengaturan ini bisa digunakan agar Windows tahu kalau Anda memiliki Data terbatas dan sehingga  tidak memakan data Internet yang berlebihan di latar belakang untuk update dan sinkronisasi. Anda dapat mengurangi banyak penggunaan data Internet dengan koneksi meteran, dalam hal ini Windows akan menonaktifkan semua latar belakang ketika kita menggunakan Internet.

Cara menetapkan sambungan Internet Anda dengan sistem meteran.

Langkah 1: Buka koneksi WiFi atau LAN Anda yang berada di sisi kanan bar tugas.
Langkah 2: Buka pengaturan lanjutan.
Langkah 3: Lalu pilih  "Ditetapkan sebagai meteran".

2. Gunakan Browser Pihak ke-3.

Internet Explorer atau Microsoft adalah browser bawaan pada Windows komputer. Dulu microsoft mengklaim bahwa browser ini sangat maju dan dapat digunaka dengan baik. Namun, saat ini browser tersebut telah tertinggal jauh di belakang pesaing browser lainnya seperti Google Chrome, Mozzila Firefox maupun Opera. Peramban seperti Chrome, Mozzila  dan Opera telah menggunakan teknologi kompresi dan mode booster yang akan memuat laman web dengan lebih cepat dan sangat menghemat data. Oleh karena itu disarankan untuk menginstal browser Web pihak ketiga selain default Microsoft browser.

3. Google Chrome Data Saver.

Karena sebelumnya saya telah memberitahu Anda untuk menginstal browser lain, Anda dapat mengatur setingan lebih lanjut untuk mengurangi penggunaan data Internet pada komputer Anda. Jika Anda menggunakan Google Chrome pada komputer Anda, hal ini akan lebih mudah untuk Anda lakukan. Ada ekstensi Chrome yang dikenal sebagai data Saver. Instal ekstensi ini di Google Chrome browser Anda dan Anda akan melihat penurunan yang besar dalam penggunaan data Internet. Namun, ekstensi ini tidak akan mempengaruhi pengalaman browsing Anda. Jadi hal ini adalah perlu Anda coba.

4. Nonaktifkan Semua Pembaruan Otomatis.

Salah satu alasan utama dari penggunaan Internet yang tinggi pada komputer adalah seringnya terjadi pembaruan otomatis perangkat lunak yang ada dikomputer. Seperti yang telah dijelaskan di point pertama kita bisa mengatur pembaruan windows dengan pengaturan sambungan sebagai berargo, kita harus selalu memeriksa perangkat lunak serta aplikasi yang ada di komputer. Banyak perangkat lunak seperti anti virus dan keamanan, iTunes, dll yang selalu memperbarui sendiri secara otomatis di latar belakang. Oleh karena itu, pastikan Anda menonaktifkan pembaruan otomatis untuk aplikasi ini juga, jika ini dilakukan setidaknya bisa menggurangi pemakaian data internet dalam jumlah besar, disable auto updates.

5. Periksa Auto-Start boot.

Alasan lain untuk penggunaan Internet yang tinggi pada komputer adalah bahwa aplikasi dan perangkat lunak memulai boot dan mulai loading data. Hal ini terutama terjadi dengan download manager dan pesan aplikasi seperti Skype. Jadi, solusi untuk masalah ini adalah untuk mencegah apps pada otomatis dimulai pada boot. Anda dapat memilih mana apps dan perangkat lunak yang Anda inginkan untuk memulai pada boot dan yang Anda inginkan untuk memblokir start up at boot

6. Pindai Adware & Malware.

Hal berikutnya yang masih dapat mengurangi penggunaan Data pada komputer adalah penghapusan semua malware. Jika ada malware pada komputer Anda atau di browser Anda, hal itu akan mengkonsumsi banyak data Internet Anda, untuk memata-matai Anda dan mengirim log aktivitas Anda ke server. Dengan demikian, sangatlah penting untuk memindai PC Anda untuk malware untuk mengurangi penggunaan data Internet. Ini juga akan membuat Anda tetap aman serta menghemat sumber daya memori.

7. Buat Offline Data awan.

Hari ini, banyak orang menyimpan file mereka di internet. Ekstensif menggunakan OneDrive dan Google drive telah membuat kita malas. Kami membuka file langsung dari penyimpanan cloud. Penyimpanan cloud ini. Oleh karena itu, untuk menghemat penggunaan data Internet, kami sarankan Anda untuk menjaga file secara offline. Anda dapat juga menonaktifkan sinkronisasi otomatis dari layanan cloud secara manual dan membukanya kembali secara manual ketika diperlukan.

8. Matikan Auto Sync & Backup.

Saat ini, orang lebih suka mencadangan file mereka secara otomatis. Ada beberapa layanan seperti Google foto yang yang digunakan banyak orang. Untuk menghemat penggunaan data Internet, Anda dapat menonaktifkan backup otomatis. Kami sarankan, Anda untuk melakukan backup secara manual seperti menggunakan data jauh lebih sedikit. Jika mungkin, Anda harus mengurangi frekuensi sync dan cadangan untuk menyimpan Internet data PC Windows Anda.

Itulah 8 untuk Cara Mengurangi Penggunaan Data Internet Pada Komputer, yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan data Internet pada komputer Windows Anda. Jika Anda memiliki saran atau cara lain, silahkan tulis dikolom komentar untuk saling berbagi.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!