5 Cara Merekam Siaran TV Dengan Mudah

5 Cara Merekam Siaran TV Dengan Mudah  - Beberapa tahun terakhir ini dunia YouTube semakin ramai saja menjadi bahan perbincangan. Banyak orang yang  berlomba untuk mengupload videonya ke chanel youtube yang mereka miliki, Apalagi jika chanel yang telah dimiliki telah terkait sebagai publisher Adsense. Fenomena ini semakin membuat orang tertarik untuk membuat berbagai video.

Berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan video entah itu video yang berkualitas maupun yang biasa. Salah satu cara untuk mendapatkan video adalah Merekam Siaran TV. Cara ini banyak dilakukan oleh para youtuber, karena pada kenyataanya masih banyak orang yang mencari mencari siaran ulang dari suatu acara televisi yang sudah diupload ke YouTube.

Merekam siaran TV dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari hasil pengalaman sendiri maupun dari pengalaman temen yang telah merekam siaran televisi, berikut ini saya bagikan 5 cara mudah merekam siaran TV 

  1. Merekam Siaran TV Dengan Gadget.
  2. Merekam Menggunakan USB TV Stick
  3. Merekam Menggunakan Software Screen Capture
  4. Merekam Dengan Receiver Digital Parabola

Cara-Merekam-Siaran-TV-Dengan-Mudah

Ok, sekarang kita bahas satu persatu keempat cara mereka siaran televisi diatas :

#1. Merekam Siaran TV Dengan Gadget.

Cara pertama ini boleh dikatakan adalah cara yang termudah untuk merekam siaran tv, dengan bermodalkan gadget misalnya, smartphone, kamera digital, dan juga handycame. Dengan menempatkan alat perekam ini persis di depan televisi yang akan kita rekam, lalu kita setting penyesuaian jarak, cahaya dan suara, maka kita akan mendapatkan rekaman siaran televisi.

Namun, walaupun mudah untuk dilakukan, cara ini memiliki banyak kekurangan dalam video yang dihasilkan. Hasil video yang akan Anda dapat sangat dipengaruhi oleh kejelasan televisi yang sedang kita rekam. Pencahayaan juga menjadi masalah tersendiri karena terkadang sinar yang dihasilkan dari televisi memantul ke kamera perekam sehingga hasilnya menjadi redup. Selain itu suara yang dihasilkan akan dapat merekam suara yang dari luar yang bisa masuk ke rekaman.

#2. Merekam Menggunakan USB TV Stick

Cara ini bisa kita lakukan melalui laptop dengan bantuan alat USB TV Stick. Cara akan merekam secara langsung dengan menggunakan software bawaan alat tersebut. Dengan langsung mengeklik tombol record maka proses perekaman bisa langsung dimulai. File yang akan dihasilkan dari perekaman ini umumnya langsung menjadi file .mpg atau .wmv. Dan kita tidak perlu mengeditnya kembali.

Merekam dengan cara ini laptop tidak perlu terhubung ke internet, karena cukup menggunakan antena televisi yang terhubung ke USB TV Stick ini. Kendala dari perekaman ini adalah, Anda harus mempunyai USB TV Stick yang memang khusus dibuat untuk menampilkan acara TV di Laptop atau PC. Untuk memiliki alat ini maka Anda mengeluarkan sekitar 100 ribu sampai 250 ribu tergantung merknya. Adapun hasil videonya juga tergantung dari seberapa penangkapan sinyal dari antena televisi di tempat Anda.

#3. Merekam Menggunakan Software Screen Capture

Software Screen Capture seperti CamStudio, Camtasia Studio, Ashampoo Snap atau lainnya, juga salah satu pilihan yang bisa digunakan untuk merekam siaran TV. Alat ini fungsinya adalah untuk merekam layar laptop / PC kita. Oleh karena itu TV yang akan kita rekam adalah TV Online seperti mivo.com, mytrans.detik.com/live maupun TV online lainnya. Setelah Anda membuka TV streaming online, kemudian jalankan software screen capture tersebut untuk merekam.

Bila menggunakan alat ini, Anda akan sedikit mengeluarkan biaya lebih, karena pada umumnya Software Screen Capture merupakan Software yang berbayar dengan harga yang cukup lumayan menguras budget kita. Walupun ada versi yang gratis seperti CamStudio, namun fitur yang ditawarkan dalam versi free sangatlah terbatas.

Selain harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak proses perekamannya-pun harus menggunakan jaringan internet untuk membuka web TV Online. Dalam hal ini jadi kecepatan akses internet sangatlah menunjang untuk memastikan proses perekamannya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala loading yang lambat.
Aerikel terkait  :  Cara Menggabungkan Beberapa Video Dengan Photoshop

#4. Merekam Dengan Siaran Televisi Dengan Android

Cara yang keempat ini hampir mirip dengan cara nomor tiga, namun cara ini bisa dilakukan melalui hp android. Dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh melalui market Android Google PlayStore secara gratis, Anda dapat menggunakannya untuk merekam siaran televisi di android adalah “Rec. (Screen Recorder)”, “SCR Screen Recorder” dan “Shou.TV (Screen Recorder Pro)”.

Cara kerjanya yakni merekam aktifitas pada layar Android. Untuk merekam siaran televisi, pastikan perangkat Android yang Anda gunakan sudah terhubung dengan siaran TV streaming (via internet). Kemudian yang perlua Anda lakukan adalah mengaktifkan aplikasi perekam tersebut untuk mulai merekam aktifitas layar. Sebelum Anda mulai perekaman, pastikan perangkat Android memiliki RAM 1GB keatas.

#5. Merekam Dengan Receiver Digital Parabola

Saat ini receiver digital sangat banyak digunakan, terutama pada daerah yang jauh dari sinyal UHF. TV satelit merupakan pilihan yang terbaik agar bisa menangkap siaran televisi favorit. Dengan semakin berkembangnya dunia elektronik, saat ini banyak receiver yang telah memiliki  perekam televisi. Bahkan pemakai receiver jenis ini bisa mengatur suatu acara yang dapat direkam. Namun hanya jenis receiver yang mempunyai fitur PVR lah yang menunya paling komplit. Adapun cara merekam siaran televisi melalui receiver adalah sebagai berikut.

  • Colokkan Flashdisk/Memori External ke Receiver.
  • Tunggu hingga USB Flashdisk terbaca oleh receiver.
  • Tekan tombol (o) yang berwarna merah pada remote atau tulisan rekam.
  • Proses perekaman Tv akan berjalan.
  • Untuk berhenti tekan tombol ttersebut kembali atau stop.
Cara ini  adalah cara yang paling mudah dan bisa menghasilkan video yang bagus, Namun hal utama untuk memakai cara ini adalah Anda harus mempunyai receiver yang telah suport dengan yang disebutkan diatas. Adapun harga dari receiver jenis ini sangatlah bervariasi mulai dari yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Itulah 5 Cara Merekam Siaran TV Dengan Mudah  yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan video untuk di uploade ke youtube. Dari kelima cara diatas, pilihlah cara yang termudah dan tentunya sesuai dengan jenis alat yang Anda miliki. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!