Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon iP 2770 Berantakan

Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon iP 2770 Berantakan - Setiap printer memilih kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti halnya printer Canon iP 2770, printer ini memiliki kelebihan yaitu harganya yang sangat terjangkau, dengan budget dibawah 1 juta kita sudah dapat membawa pulang printer Canon iP 2770 ini.

Beberapa keluhan yang sering terjadi pada printer Canon iP 2770 salah satunya adalah hasil cetakan yang berantakan ketika printer ini telah lama digunakan. Penyebab cetakan printer ini karena diakibatkan oleh kotornya pita Encoder. 2 dua pita yang terdapat didalam printer yang satu berbentuk pajang sekitar 40 cm meter yang terdapat dibelakang cartridge dan yang satu berbentuk bulat disamping kiri. (Lihat gambar dibawah)

Cara-Mengatasi-Hasil-Cetakan-Printer-Cannon-iP-2770-Berantakan
Pita Encoder Printer iP2770

Fungsi dari pita encoder

Ada yang sedikit terlewatkan mengenai fungsi pita encoder ini :
  • Fungsi pita Encode pajang :  Pita ini mempunyai fungsi untuk mensejajarkan hasil cetakan secara horisontal. Jika pita ini rusak atau kotor maka hasil cetakan horisontal akan berantakan.
  • Fungsi pita Encoder bulat : Pita ini mempunyai fungsi untuk mensejajarkan hasil cetakan secara verstikal. Jika pita ini rusak atau kotor maka hasil cetakan Pita ini mempunyai fungsi untuk mensejajarkan hasil cetakan secara horisontal. Jika pita ini rusak atau kotor maka hasil cetakan horisontal akan berantakan.vertikal akan berantakan dan tidak sejajar. (lihat gambar dibawah)
Cara-Mengatasi-Hasil-Cetakan-Printer-Cannon-iP-2770-Berantakan
Hasil Certakan Printer iP2770 Berantakan

Penyebab terjadi hasil cetakan yang berantakan itu diakibatkan oleh kotornya pita Encoder ini, Kasus terbesar adalah terkenanya tinta yang kemudian mengotori pita. Adapun Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon iP 2770 Berantakan adalah membukanya dan dibersihkan, namun jika kerusakan sudah terlalu parah terpaksa Anda harus menggantinta dengan pita encoder yang baru.

Berikut langkah-langkah untuk membersihan pita encoder canon iP2770

  • Buka cassing printer Cann0n iP2770 Anda, Ada empat baut yang mesti dibuka pakai obeng kecil.
  • Setelah terbuka, lihat pojok kanan dekat cartridge, Tarik kemudian lepaskan.
  • Gunakan tisu atau kain halus yang diberi air biar basah.
  • Usap pita encoder dari atas kebawah secara perlahan sampai bersih.
  • Peringatan :  Usahakan jangan sampai warna cream sampai hilag, untuk itu bersihkan secara perlahan, juga sudah bersih silahkan pasang kembali.
  • Adapun untuk pita yang yang bulat, karena sulit untuk membukanya, Anda cukup membersihkannya dengan tanpa membukannya.
Itulah Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon iP 2770 Berantakan, sebelum Anda membawanya ke tukang service, namun jika hal tersebut diatas sudah Anda lakukan tapi hasil cetakan printer Anda masih berantakan, alangkah baiknya Anda membawanya ke tukang service sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah. Semoga bermanfaat.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!