Jenis Prosesor Intel Dari Waktu Kewaktu

Jenis Prosesor Intel Dari Waktu Kewaktu - Prusahaan Intel Corporation berdiri sejak tahun 1968. Perusahaan ini adalah perusahaan multinational yang bergerak dibidang rancangan dan produksi mikro procesor dan yang lebih spesifik adalah dalam sirkuit terpadu. Selain itu perusahaan yang berpusat di Amerika ini juga memproduksi kartu jaringan, chipset papan induk, komponen dan juga alat yang lainnya yang berhubungan dengan jaringan komputer.

Sejak 1970-an, Intel telah menawarkan beberapa keluaran prosesor yang semakin hari semakin canggih baik untuk komputasi bisnis maupun personal. Setiap prosesor merupakan inti dari sistem komputer yang melaksanakan operasi aritmatika dan logika serta mengakses memori penyimpanan digital dengan kecepatan hingga miliaran operasi per detik-nya. Sejak akhir 1990-an, Intel telah beralih ke prosesor dengan beberapa core untuk menangani beban kerja yang lebih besar pada perangkat lunak yang lebih canggih.

Jenis-Prosesor-Intel-Dari-Waktu-Kewaktu

Berikut ini jenis-jenis prosessor intel yang telah dikeluarkan dan digunakan oleh banyak orang dari jaman terdahulu sampai dengan yang terbaru sekarang ini :

Atom
Intel prosesor Atom dirancang untuk keluarga netbook dan perangkat mobile lainnya. Prosessor ini memilikin konsumsi daya yang sederhana dan bisa menghemat baterai. Prosesor aton sebenarnya adalah lanjutkan dari Intel kompatibilitas dengan prosesor x86 jenis sebelumnya seperti Pentium 4 dan Core Duo, yang memungkinkan Atom untuk menjalankan software yang sama seperti Microsoft Windows dan Linux. Model Atom berjalan pada kecepatan dari 600 MHz ke 2 GHz dan mengkonsumsi 1,3-10 watt.

Itanium
Itanium merupakan produk keluaran yang terbatas dari jenis kompatibilitas dengan prosesor Intel lainnya. Itanium dikembangkan bersama dengan Hewlett-Packard pada tahun 1990 dan dimaksudkan sebagai teknologi "generasi berikutnya" untuk aplikasi yang menuntut kompleksitas chip yang terbukti dapat menggurangi beban bagi pengembang perangkat lunak. Intel telah terus meningkatkan desain-nya dan menghasilkan versi saat ini yaitu, "Itanium 2," yang HP sendiri menggunakan ini di server high-end. Chip ini memiliki sepasang 16KB Level 1 Cache kenangan, 1MB Level 2 dan 6MB cache Level 3. cache terus baru digunakan data dalam hirarki area penyimpanan memori on-chip, memaksimalkan efisiensi prosesor.

Xeon
Workstation kinerja tinggi dan server kebanyakan menggunakan prosesor Intel Xeon. Seperti kebanyakan dari mikroprosesor Intel, Xeon tersebut kompatibel dengan instruksi x86 set, software pendukung utama seperti Microsoft Windows dan manajer database Oracle. desain Xeon menggabungkan kemajuan seperti beberapa core dan Hyper-threading untuk menjaga beberapa proses yang aktif pada saat yang sama. Chip ini memiliki peningkatan kinerja lainnya, termasuk sepasang unit memori cache 64KB untuk data dan instruksi.

Core i3, i5 dan i7
Core i3, i5 dan i7 mikroprosesor membawa fitur kinerja untuk komputer desktop standar, baik untuk rumah maupun bisnis. Seperti dengan prosesor Xeon, sebagian besar seri ini memiliki beberapa core dan termasuk Intel Hyper-threading yang mempunyai kecepatan hingga dua proses pada setiap inti. Chip ini memiliki 1,2 GHz ke 3,6 GHz, dengan prosesor i7 memiliki kecepatan yang sangat cepat. Ketiga jenis ini cocok pada 64-bit dengan desain yang mencakup teknologi virtualisasi VT-x, dan bisa memanjakan Anda dalam menjalankan beberapa sistem operasi pada prosesor pada saat yang sama.

Bagi Anda yang telah menggunakan komputer dari banyak generasi pasti telah tau dan merasakan perkembangan dari jenis-jenis prosesor intel, baik itu dari segi kecepatan akses datanya maupun yang lainnya. Demikian semoga bermanfaat.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!