Blog Dan Potensinya Bagi Generasi Muda

Blog Dan Potensinya Bagi Generasi Muda - Dalam era modern seperti sekarang ini, sudah menjadi hal yang lumrah jika para generasi muda saat ini pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya internet dan media sosial. Berbagai media sosial tumbuh semakin pesat, baik itu Facebook, Tweeter, Instagram, WhatsApp dan juga Blog.

Blog merupakan salah satu media sosial yang mempunyai banyak manfaat bagi generasi muda, untuk itu pada artikel kali ini, saya akan sedikit mengulas tentang Manfaat Dan Potensi Blog Untuk Generasi Muda. Sebelum kita masuk ke pokok bahasan mengenai potensi blog untuk generasi muda, terlebih dahulu kita uraikan, apa makna dari potensi itu sebenarnya.

Potensi-Blog
Ilustrasi Potesi Blog
Menurut (Myles Munroe) Definisi potensi adalah suatu bentuk sumber daya atau kemampuan yang cukup besar, namun kemampuan tersebut belum tersingkap dan belum diaktifkan. Pedek kata, arti dari potensi adalah kekuatan terpendam yang belum dimanfaatkan, bakat tersembunyi atau keberhasilan yang belum diraih, padahal sejatinya kita mempunyai kekuatan untuk mencapai keberhasilan tersebut. 
Berbicara mengenai potensi hal itu tidak hanya ditujukan untuk manusia, tetapi juga untuk hal lain seperti, potensi daerah, potensi wisata dan juga hal lainnya seperti blog. Setiap orang mempunyai potensi yang berbeda-beda. Orang yang pandai berbicara pasti akan berpotensi untuk menjadi pembicara yang handal, Orang yang pandai menulis akan berpotensi menjadi penulis yang handal, dan salah satu media yang bisa dijadikan untuk mengembangkan kreatifitas menulis, salah satunya adalah media blog.

Walaupun setiap orang mempunyai potensi, namun tidak akan ada artinya jika potensi tersebut tidak dikembangkan dengan baik dan juga dengan cara yang tepat. bagi anda generasi muda yang memang kebetulan mempunyai hoby dalam hal menulis dan juga bidang pemrograman, blog adalah media yang tepat untuk mengembangkan potensi yang Anda miliki.

Potensi yang sudah dikembangkan dengan baik, tentu akan membuahkan hasil dan juga prestasi serta keuntungan finansial yang akan kita dapatkan dari mengembangkan potensi yang ada pada diri kita secara optimal. Namun untuk mengembangkan potensi yang ada, tentu dibutuhkan ketekunan dan niat yang kuat untuk menyongsong kesuksesan.

Lalu Apa Potensi Blog Untuk Generasi Muda Modern?

Ok, sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai potensi blog untuk generasi muda. Di era modern seperti sekarang ini, tentu anak muda-nya sangat beda dengan anak muda di tahun 80-90 an. Anak muda saat ini tentu telah melek dengan dunia internet dan juga media sosial, karena memang dalam setiap aktifitas saat ini tidak akan pernah lepas dengan yang namnya internet.

Sedangkan blog adalah media yang berisikan berbagai tulisan yang dimuat dalam betuk web. Oleh sebab itu blog sangat berpotensi untuk mengembangkan kreatifitas menulis dan juga media untuk belajar bahasa pemrograman, karena bahasa web  adalah bahasa pemrograman dalam betuk html.

1. Potensi Menajadi Penulis Profesional Yang Handal
Sebagai media yang memang khusus untuk memuat postingan dalam bentu artikel, blog sangat perpotensi untuk mengembangkan bakat-bakat menulis bagi generasi muda. Dengan menjadi blogger, tentu kita akan belajar membuat sebuah tulisan yang enak untuk dibaca oleh orang lain. Semakin sering dalam menulis tentu ketrampilan didalam mengolah kata akan semakin terasah, oleh sebab itu blog sangat berpotensi untuk menciptakan penulis-penulis profesional yang handal.

Bukan hanya menjadi penulis yang handal saja, dengan memiliki blog, kita akan belajar bagaimana agar tulisan kita mampu untuk bersaing dengan penulis-penulis lainya di mesin pencari. Secara tidak langsung kita akan belajar menjadi jurnalis secara otodidak, dan hal ini tentu akan mengasah sebuah bakat terpendam yang kadang tidak kita sadari merupakan potensi yang ada pada diri kita yang sebelumnya tidak pernah kita tau.

2. Potensi Berbagi Ilmu Dan Juga Pengetahuan
Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa berguna juga bagi orang lain. Dengan menjadi blogger, kita secara tidak langsung telah menjadi seorang pendidik denggan apa yang kita bagikan melalui tulisan kita lewat blog. Namun hal terpenting disini tentu hal yang kita bagikan memang mempunyai manfaat bagi orang lain, bukan malah menyesatkan.

Ilmu dan pengetahuan yang kita bagikan, jika dibaca oleh orang lain dan ternyata ilmu tersebut memang sangat dibutuhkkan dan bermanfaat tentu kita telah membantu orang lain didalam memecahkan sebuah masalah. Untuk itu bagi Anda generasi muda yang memang mempunyai kreatifitas dan juga ilmu, alangkah lebih bijak bila ilmu yang kita punya kita bagikan walaupun hanya lewat tulisan di blog.

3. Potensi Mendapatkan Penghasilan
Di era modern sekarang ini, blog tidak lagi hanya dijadikan ajang untuk berbagi tulisan, karena saat ini blog juga berpotensi untuk dijadikan ajang untuk mencari uang. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang paling mudah adalah dengan menjadi Publisher Adsense. Adsense adalah program periklanan milik raksasa mesin pencari yaitu Google.

Anda pasti telah banyak membaca kisah-kisah orang sukses melalu blog dengan mengikuti program periklanan google Adsense. Bukan hanya dari google adsense saja untuk mendapatkan penghasilan melalui blog, masih banyak program periklanan lain yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang. Jika blog Anda telah banyak pengunjung dan terkenal, bukan tidak mungkin akan banyak program periklanan mandiri yang akan bekerja sama dengan Anda.

4. Potensi Untuk Mengembangkan Bakat
Selain untuk mengembangkan bakat dibidang menulis, blog juga mempunyai potensi untuk mengembangkan bakat lainnya, salah satu pengembangan bakat yang bisa disalurkan melalu blog adalah menjadi desainer template blog, baik itu template blogger maupun theme wordpress.

Bagi blogger yang telah lama berkecimpung di dunia blog pasti sangat mengenal Mas +Adhy Suryadi dan Mbak +Arlina Fitriyani, Beliau-beliau ini adalah para pembuat template yang handal, karya-karya beliau telah banyak digunakan oleh banyak blogger, termasuk saya sendiri yang menggunakan template dari Mbak Arlina Fitriyani. dan masih banyak blogger lain yang sukses lewat template yang mereka buat.

Untuk menjadi seperti mereka memang dibutuhkan proses dan juga kemampuan yang lebih, tapi Anda pun bisa jadi seperti mereka asalakan mau dan juga memang mempunyai potensi di bidang tersebut. Dan salah satu cara untuk menggali potensi yang ada, tentu Anda harus bersentuhan langsung dengan dunia blog.

5. Potensi Menambah Wawasan
Potensi lain dari blog adalah akan semakin bertambahnya wawasan kita, karena dengan menjadi blogger, tentu kita akan banyak membaca dan mencari referensi tentang hal-hal baru, berita baru, sesuatu yang lagi trend dan juga lainnya terutama yang ada kaitannya dengan dunia blogging. Secara tidak langsung, kita akan selalu dituntut untuk belajar hal-hal baru, dan ini tentu akan semakin menambah wawasan dan pengetahuan kita.

6. Potensi Mempunyai Banyak Teman Yang Sehoby
Dengan memiliki blog, kita akan berpotensi untuk terhubung dengan banyak orang se Nusantara bahkan Dunia. Oleh sebab itu kita akan mempunyai banyak teman, terutama teman yang memiliki hoby yang sama yaitu blogging. dengan semakain banyaknya teman yang ada, kita bisa bertukar pengalamman, ilmu dan juga hal-hal lain dan itu salah satu nilai positif serta kenikmatan tersendiri menjadi blogger.

7. Potensi Menghindari Hal-Hal Negatif
Potensin blog yang paling bermanfaat bagi generasi muda adalah untuk menghindari hal-hal negatif. Dengan memiliki blog tentu kita akan lebih memanfaatkan waktu luang yang ada untuk mengelola blog kita dengan menulis artikel daripada hura-hura yang terkadang berpotensi dan mmenjurus ke hal yang negatif.

Bagi generasi muda, memiliki blog sejak dini justru akan  mempunyai kans yang besar untuk mencapai kesuksesan melalui blog. Coba Anda bayangkan, jika umur Anda saat ini baru 17 tahun, dan Anda telah memiliki blog, saat umur Anda 25 tahun nanti Anda akan memiliki 2000an artikel, hal ini jika dalam satu hari Anda posting satu artikel, jika lebih, berapa artikel yang bisa Anda buat?.

Sebuah blog dengan banyak artikel tentu akan semakin bagus di mata mesin pencari, namun semua itu juga tidak lepas dari kualitas artikel yang Anda buat. Untuk itu, bagi generasi yang masih muda-muda dan terutama yang telah memiliki blog, manfaatkan waktumu untuk hal positif dengan mengelola blog Anda, niscaya suatu saat nanti Anda akan merasakan apa yang telah Anda buat saat ini.

8. Pontensi Menjadi Internet Marketing
Menjadi blogger, Anda juga ber-potensi untuk menjadi internet marketing yang handal, secara tidak Anda sadari sebenarnya dengan mengelola blog Anda telah belajar menjadi internet marketing. Salah satu tugas internet marketing adalah bagaimana mempromosikan produk yang Anda tawarkan kepada orang lain.

Mempromosikan blog yang kita kelola, itu juga termasuk dalam kategori internet marketing agar blog yang kita kelola bisa dikenal oleh banyak orang, dan hal itu bukan tugas yang mudah. Oleh sebab itu dengan memiliki blog tentu kita akan terbiasa dengan promosi-promosi online yang sering kita lakukan dalam mempromosikan blog.

Kesimpulannya, Blog bisa di jadikan ajang untuk mengembangkan kreatifitas diri dibidang menulis dan juga belajar dan berbagi tentang berbagai hal, baik itu tentang internet marketing, bahasa pemrograman, ladang untuk mencari penghasilan, tehnik seo dan hal-hal positif lainnya yang memang sangat bermanfaat, terutama bagi generasi muda modern yang kreatif.

Kiranya delapan itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Potensi Blog Untuk Generasi Muda Modern. Dengan tulisan ini saya berharap banyak anak muda yang lebih berfikir positif dan meninggalkan hal-hal negatif dan salah satunya adalah dengan menjadi blogger. Akhir kata, Salam blogger and happy blogging.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!