Antisipasi Agar Komputer Terhindar Dari Virus

Komputer kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, terutama bagi yang bekerja di kantoran maupun lembaga-lembaga yang berkutat dengan administrasi. Bagi anda yang tiap harinya harus berkutat dengan komputer dalam urusan pekerjaan, alangkah lebih baik jika melakukan antisipasi agar komputer/laptop yang Anda gunakan tetap aman dari serangan virus.

Virus, sampai saat ini masih menjadi momok bagi pengguna komputer, walaupun komputer telah di beri pengamanan dengan berbagai anti virus, namun virus terkadang masih bisa masuk dan merusak file-file yang ada di komputer. Penyebaran virus komputer terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah.

1. Transfer file melalui USB Flasdisk.
2. Komputer terlalu sering digunakan akses internet.
3. Jarang Update anti virus terbaru.

Ketiga hal diatas adalah faktor yang paling sering membuat virus komputer cepat berkembang biak didalam komputer yang Anda gunakan. Untuk mengatasi atau mengantisipasi agar komputer terhidar dari serangan virus, hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

Dangerous-Malware

Cara Agar Komputer Tetap Aman Dari Virus

1. Berhati-hati dalam trabsfer file lewat Flasdisk

Penyebaran virus komputer terbesar adalah melalui tranfer file lewat flasdisk. Flasdisk yang sring kali terhubung kedalam banyak komputer sangat rentan terinfeksi firus. Untuk itu berhati-hatilah saat melakukan transer file.

Agar komputer tetap aman dari virus yang bisa masuk lewat flasdisk, sebaiknya aktifkan pemindaian otomatis ketika flasdisk duhububgkan ke komputer. Salah satu Anti Virus yang mendukung pemindaian otomatis pada flasdisk adalah Anti Virus Smadav.

Artikel Terkait :
  1. 5 Daftar Antivirus Terbaik Untuk Pc Dan Windows
  2. 10 Alat Penghapus Virus Malwer Terbaik Untuk Widows Pc

2. Gunakan 2 Anti Virus Dalam Komputer Anda

Untuk lebih aman dari penyebaran virus, gunakan 2 anti virus dalam komputer Anda. Satu anti virus yang bisa bekerja untuk pemindaian flashdisk dan satunya lagi adalah anti virus yang bekerja untuk melindungi komputer Anda dari dalam.

Anti Virus Smadav

Salah satu anti virus produk Indonesia yang banyak digunakan untuk menjaga penyebaran virus dari flasdisk adalah Smadav. Smadav terbukti ampuh untuk melindungi penyebaran virus yang ditularkan lewat flasdisk.

Smadav sendiri ada versi pro dan juga versi free, versi pro bisa digunakan dengan fitur yang lengkap serta serta akan update otomatis. Adapun smadav free, fiturnya sangat terbatas dan harus update secara manual dengan download versi terbarunya.

Anti Virus Avira

Avira banyak digunakan pengguna komputer untuk melindungi serangan dan membasi virus dari dalam komputer. Anti virus yang satu ini juga terbukti cukup ampuh dalam melindungi komputer dari serangan virus.

3. Jika Pakai Anti Virus Yang Free, sebaiknya selalu Update Versi Terbaru.

Salah satu penyebab virus bisa merusak file-file dan system dalam komputer adalah kuranya perrlindungan. Walaupun komputer sudah menggunakan anti virus, namun jika anti virus yang digunakan adalah versi free dan sudah kadaluwarsa maka anti virus tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.

Bagi Anda yang menggunakan anti virus versi free, sebaiknya Anda harus sering-sering cek apakah anti virus yang Anda gunakan sudah kadaluwarsa atau tidak. Pada umunya anti virus yang free akan di update secara berkala, untuk itu Anda juga harus update versi terbarunya agar komputer terhidar dari virus.

4. Berhati-hati Jika Komputer Digunakan Untuk Akses Internet.

Bagi Anda pengguna komputer yang sering mengakses internet dengan komputer, Anda juga harus berhati-hati, karena penyebaran virus bisa juga melalui situs-situs yang Anda kunjungi. Situs yang banyak menyebarkan virus adalah situs download aplikasi, terutama aplikasi yang gratisan. Untuk itu sangat disarankan untuk berhati-hati jika mencari aplikasi di internet. Silahkan cari aplikasi melalui situs yang benar-benar terpercaya, atau bisa langsung download di situs resminya.

Itulah beberapa antisipasi yang bisa dilakukan agar komputer terhindar dari virus. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Hanyalah manusia biasa yang jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon