1.2.18

Cara Memunculkan Kata Dengan Rumus Excel: Iferror Vlookup

Microsoft excel adalah program yang memang dirancang untuk pekerjaan acounting. Dengan excel pekerjaan yang erat hubungannya dengan perhitungan, terutama keuangan akan lebih mudah karena microsoft excel dilengkapi dengan rumus-rumus perhitungan yang sangat komplit dan akurat. Pengguna excel tinggal memasukkan kode-kode rumus yang telah ditentukan maka excel akan menemukan jawabannya.

Execel juga bisa digunakan untuk menulis dokumen seperti pada word, namun fungsi utama excel sebenarnya adalah dalam hal dokumen acounting. Namun pada umumnya dokumen acounting pun tidak melulu hanya angka-angka saja, akan tetapi ada pula yang dalam bentuk tulisan huruf.

Pada tutorial excel kali ini, kita akan sama-sama belajar bagaimana menemukan jenis kata yang sama atau kata berulang dengan hanya memasukkan kode saya. Tentunya akan capek dan membosankan bila menulis data banyak tapi dengan jenis kata nya sama, dan terkadang malah terjadi kesalahan dalam penulisan.

Untuk memunculkan kata yang sama dengan hanya menuliskan kode, disini rumus yang kita gunakan adalah "Iferror" dan "Vlooup". Ok, sekarang kita belajar sama-sama bagaimana cara menggunakan rumus Iferror dan Vlooup ini.

Sebagai bahan contoh soal, disini saya menggunakan buku bank. Dalam buku bank, sering ada transaksi tertentu yaitu, Setoran tunai, Pembayaran Bunga Tabungan, Penarikan Tunai, Pajak Bunga Tabungan, Biaya Administrasi Bulanan, Dana Transfer dan Pemindah Bukuan Kredit.

Dari ke 7 item jenis transaksi tersebut, sering digunakan sandi atau kode unuk membedakan jenis transaksi. Nah, bagi Anda terutama yang bekerja sebagai Bendahara, terkadan harus rekap buku tabungan kedalam dokumen excel, dan akan sangat membosankan jika harus berulang menulis jenis transaksi yang sama.

Contoh Soal :

Sandi Jenis Transaksi
1000 Setoran Tunai
1052 Pembayaran Bunga Tabungan
5000 Penarikan Tunai
5057 Pajak Bunga Tabungan
5058 Biaya Administrasi Bulanan
1117 Dana Tranfer
1008 Pemindah Bukuan Kredit

#Langkah Pertama

Buka microsoft Excel Anda, pada sheet pertama silahkan masukkan contoh soal diatas seperti gambar dibawah ini. Setelah selesai beri nama sheet dengan Link, atau bisa menyesuaikan.

Excel-Iferror-Vlookup

#Langkah Kedua

Pada sheet kedua silahkan buat tabel dengan menu, No, Tanggal Sandi Uraian/Jenis Transaksi, Masuk Keluar dan Saldo.

Exel-Iferror-Vlookup-1

#Langkah Ketiga


  • Setelah tabel dibuat kini saatnya membuat rumus pada kolom D, yaitu jenis transaksi yang akan dimunculkan dengan menuliskan kode pada kolom C.
  • Pada kolom D ketikkan =IFERROR(VLOOKUP(C7;Link!$A$1:$B$7;2;0;"")

Keterangan Rumus  :

  • C7  :  Adalah kolom dimana ditulis kode/sandi untuk memunculkan jenis transaksi pada kolom D.
  • Link :  Adalah dimana referensi yang digunakan untuk memunculkan rumus.
  • $A$2  :  Adalah kolom jenis kode/sandi referensi, yaitu kolom A1 di sheet Link.
  • $B$7  :  Adalah Kolom jenis transaksi referensi, dan angka 7 adalah jumlah baris yang ditampilkan yaitu 1-7.

Itulah cara memunculkan jenis kata dengan menggunakan sandi, dan rumus yang digunakan adalah dengan IFERROR dan VLOOKUP. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Hanyalah manusia biasa yang jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon