30.4.18

Cara Ganti Nama Domain, Namun Artikel Di Search Engine Tetap Bisa Diakses

Ada banyak alasanan, kenapa seorang blogger atau pemilik situs harus mengganti nama domain. Berbagai alasan tersebut kadang ada hubungannya dengan masalah teknis maupun masalah non tenis. Masalah teknis yaitu, karena memang terpaksa harus ganti domain  karena terpaksa. Sedangkan masalah non teknis biasanya karena selera saja.

Berganti nama domain tidaklah sembarangan, karena jika kita mengganti nama domain itu sama kita membuat blog baru, blog yang baru tentu saja masih sulit untuk bersaing di search engine, belum lagi jika artikel dari blog yang kita ganti domain nya telah banyak artikel yang ke indeks, dengan mengganti domain artikel yang ada di search engine jika di klik oleh pengunjung pasti tidak akan ditemeukan atau error 404.

redirect-blog
Redirect Ilustrasi

Pengalaman Pribadi Kenapa Harus Ganti Nama Domain

Sebelum kita masuk ke cara ganti nama domain namun artikel di search engine tetap bisa diakses, disini saya akan sedikit berbagai pengalaman tentang ganti domain dan alasan nya kenapa saya harus mengganti nama domain di salah satu blog milik saya.

  • Alasan utama saya harus mengganti nama domain di salah satu blog saya adalah, karena blog tersebut terkena penalti dari google adsense. Blog tersebut tidak lagi dapat dipasang iklan karena sebuah pelanggaran, namun pelanggaran tersebut diakibatkan oleh ulah pengunjung yang entah di sengaja atau tidak.
  • Pelanggaran tersebut terkait dengan sebuah link yang menuju ke sebuah situs p*r** yang di ditinggalkan oleh pengunjung di bilah pencarian. Dengan adanya link tersebut, akhirnya salah satu blog saya terkena penalti dari google adsense pada tingkat situs.

Alasan yang saya sebutkan diatas, adalah kenapa saya harus ganti domain. Langkah awal sebelum saya ganti domain agar iklan bisa kembali tampil di blog saya tersebut adalah melakukan banding, namun beberapa kali melakukan banding tetap saja ditolak, oleh sebab itu dengan sangat terpaksa saya harus ganti domain agar blog bisa lagi dipasangi iklan.

Sebenarnya mengganti nama domain adalah keputusan terakhir yang sangat berat bagi saya, alasannya kenapa?, karena dengan ganti nama domain secara otomatis saya akan banyak kehilanggan pengunjung, karena artikel yang sudah ada di search engine akan error jika di klik orang, karena domain telah berganti.

Hal pertama yang saya perhatikan sebelum saya mengganti nama domain adalah bagaimana agar setelah ganti domain, blog saya tersebut tetap bisa diakses seperti semula tanpa terjadi error dan pengunjung tetap seperti biasanya walaupun domain telah ganti. Dan berikut ini trik yang saya lakukan.

Cara Ganti Nama Domain Tanpa Kehilangan Pengunjung

Langkah-langkah berganti nama domain blog tanpa harus kehilanggan pengunjung :

  • Back Up terlebih dahulu artikel di blog lama, caranya Setting -> Lainnya -> Back Up Content (Bila perlu back up sekalian template nya)
  • Buat blog baru seperti biasa, kemudian import artikel blog dari blog lama yang telah di Back Up, caranya Setting -> Lainnya -> Import Content (Bila perlu Ganti juga template nya)
  • Setelah itu barukita ganti dengan domain baru yang telah kita beli, misalnya dari oldblog.com menjadi newblog.net.
  • Langkah terakhir adalah dimana caranya agar semua pengunjung blog lama kita bisa redirect ke blog kita yang baru. Caranya adalah kita pasang sebuah script di blog yang lama agar jika ada orang yang mendapatkan artikel dari blog lama kita di search engine, secara otomatis jika artikel tersebut di klik, maka akan menuju blog yang baru. Berikut ini adalah Script nya
<script type='text/javascript'> var this_url = window.location.href; var new_url = this_url.replace(&quot;www.bloglama.com&quot;,&quot;www.blogbaru.net&quot;); window.location = new_url; </script>

  • Pasang kode diatas dibawah <head> Ganti tulisan warna merang dengan domaian blog lama dan domain blog baru Anda kemudian simpan.
Dengan menerapkan cara ini, kita tidak akan kehilangan pengunjung sedikitpun, walau domain blog kita telah kita ganti dengan domain yang baru, karena setiap pengunjung yang menemukan artikel di blog kita yang lama akan dialihkan secara otomatis ke blog dengan domain baru kita.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan hapus blog lama kita, biarkan sampai beberapa waktu tertentu agar artikel yang ada di blog dengan domain baru terindeks dengan sempurna di search engine.

Itulah cara ganti nama domain, namun artikel di search engine tetap bisa diakses. Demikian pengalaman dari saya, semoga ada manfaatnya bagi Anda yang membutuhkan.

Sumber script : www.contohblog.com

Hanyalah manusia biasa yang jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah

3 COMMENT

Ikut prihatin mas, ujian memang kadang datang nggak ketuk pintu. Setelah saya baca artikel di atas, beresiko sekali mas. Saran saya agar tidak ada masalah yang kedua, hapus blog lama.

Blog lama yang dihapus, tetap meninggalkan jejak di search engine dalam waktu yang relatif lama.

Kalau dipasang script pengalihan otomatis dan blog nggak di hapus, kelebihan nya mmg mengaliri traffic dari blog lama, kekurangan nya script redirect yang terpasang jadi tak berguna kalau blog sudah dihapus.

Jgn nunggu blog baru indeks nya penuh, kalau di peta situs search console utk blog baru sudah mulai di indeks, segera hapus blog lama supaya nggak melanggar pedoman webmaster Google.

Dampak buruknya kalau blog lama masih dibiarkan, blog baru bisa kena pinalti dan di hapus sama bot google mas.

Makasih sarannya mas Nino, ini juga hanya sementara kok, nanti juga saya akan cabut itu link redirect.

Misalakan nanti kena lg juga ndak papa lah he..he...

sekali lagi makasih sarannya.

Oke mas, semoga semuanya lancar. Aamiin. :)

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon