Cara Terbaik untuk Mempercepat Komputer Anda

Anda mungkin tahu bagaimana rasanya memiliki komputer baru. Yang dalam kondisi prima dan tampaknya menerobos bahkan tantangan terberat sekalipun. Namun, perasaan komputer segar itu memudar, dan terkadang cepat.

File dan folder membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuka, program tidak ditutup secepat yang Anda harapkan, login yang tertunda dan startup tampaknya menjadi kejadian sehari-hari, dan Anda tidak bisa mencambuk seperti dulu. Terlebih lagi, adalah bahwa kadang-kadang program khusus harus disalahkan, sehingga sulit untuk mengetahui di mana harus mulai membersihkan semuanya.

Untungnya, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat komputer Anda agar terlihat baru lagi. Sebelum kita melihat cara membuat komputer yang cepat lagi, mari kita periksa dulu mengapa komputer lambat di tempat pertama.


Cara-Terbaik-untuk-Mempercepat-Komputer-Anda


Mengapa Komputer Saya Lambat Pokoknya?
Seiring waktu, ketika Anda mengunduh file, menjelajah internet, menghapus program, membiarkan aplikasi terbuka, dan melakukan banyak hal lain di komputer Anda, secara perlahan mengumpulkan sampah dan menyebabkan masalah di belakang layar yang tidak selalu mudah ditangkap pertama.

Fragmentasi file adalah pelakunya yang sangat besar. Begitu juga dengan akumulasi file browser web cache, desktop yang berantakan, hard drive penuh, perangkat keras yang lambat, perangkat keras yang kotor, dan banyak hal lainnya.

Namun, komputer Anda sendiri sebenarnya tidak lambat. Anda mungkin hanya mengalami koneksi internet yang lambat karena router yang rusak, koneksi yang buruk, atau kecepatan terbatas yang ditawarkan oleh ISP Anda. Dalam hal apapun, Anda mungkin hanya perlu mempercepat akses internet Anda.

Catatan: Langkah-langkah ini dimaksudkan untuk digunakan dalam kira-kira urutan yang sama seperti yang ditampilkan. Idenya adalah melakukan hal yang paling sederhana dan paling tidak invasif pertama sampai sistem Anda mulai merespons dengan lebih baik. Kemudian, Anda dapat melakukan banyak tugas lainnya saat Anda ingin mencoba memeras sebanyak mungkin kecepatan dari komputer Anda.

Bersihkan File Sampah dan Program
Gunakan pembersih sistem gratis seperti CCleaner untuk menghapus file sampah yang tidak perlu di OS Windows itu sendiri, Windows Registry, dan program pihak ketiga seperti browser web Anda, yang suka mengumpulkan file cache.

Jika file-file internet sementara dan barang-barang tidak berguna lainnya bertahan terlalu lama, mereka tidak hanya dapat menyebabkan program hang dan menjadi tidak responsif dan lamban, tetapi juga mengambil ruang hard drive yang berharga.

Bersihkan desktop Anda jika itu berantakan. Membuat Windows Explorer memuat ikon dan folder itu setiap kali desktop me-refresh dapat memuat beban yang tidak perlu pada perangkat keras Anda, yang menghilangkan sumber daya sistem yang dapat digunakan di tempat lain.

Hapus program yang tidak diinginkan yang hanya tersisa di komputer Anda. Ini tidak hanya mengambil ruang hard drive tetapi mereka mungkin terbuka secara otomatis dengan Windows dan berjalan di latar belakang sepanjang waktu, mengisap prosesor dan memori. Ada beberapa alat uninstaller gratis yang membuat ini sangat mudah.

File sampah juga dianggap apa pun yang tidak Anda gunakan atau inginkan lagi. Jadi, hapus file video lama yang Anda unduh setahun yang lalu dan cadangkan semua data yang tidak mudah digunakan, seperti foto liburan.

Setelah komputer Anda bebas dari file temporer dan sampah yang tidak perlu, Anda harus memiliki lebih banyak ruang hard drive gratis yang tersedia untuk hal-hal lain yang penting. Ruang kosong yang lebih besar pada hard drive juga membantu kinerja karena kapasitas drive tidak terus-menerus didorong ke batasnya.

Defrag Hard Drive Anda
Untuk men-defrag hard drive Anda adalah mengkonsolidasikan semua ruang kosong yang dibuat dalam struktur sistem file saat Anda menambah dan menghapus file. Ruang-ruang kosong ini membuat hard drive Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk berpikir, yang pada gilirannya menyebabkan file, folder, dan program dibuka perlahan-lahan.

Ada banyak alat defrag gratis yang dapat Anda unduh untuk melakukan ini tetapi opsi lainnya adalah menggunakan yang sudah ada di Windows.

Hapus Virus, Malware, Spyware, Adware, dll.
Setiap komputer Windows rentan terhadap malware tetapi ada sedikit alasan untuk terinfeksi jika Anda secara teratur menggunakan program anti-malware.

Setelah virus berada di komputer, biasanya menyimpannya sendiri dalam memori sistem, memonopoli sumber daya yang dapat digunakan oleh program yang sah, sehingga memperlambat semuanya. Beberapa program jahat menampilkan pop-up atau menipu Anda agar membeli "program antivirus" mereka, yang bahkan lebih banyak alasan untuk menghapusnya.

Anda harus memindai komputer Anda secara berkala untuk malware untuk menyingkirkan babi-babi memori sial ini.

Perbaiki Kesalahan Sistem Windows
Menginstal dan menghapus instalasi perangkat lunak dan pembaruan Windows, me-reboot komputer Anda selama pembaruan, memaksa komputer Anda untuk segera dimatikan, dan hal-hal lain dapat menyebabkan kesalahan dalam file sistem Windows.

Kesalahan ini dapat menyebabkan hal-hal terkunci, menghentikan pemasangan dan pembaruan program, dan hanya umumnya mencegah pengalaman komputer yang mulus.

Lihat Cara Menggunakan SFC / Scannow untuk Memperbaiki File Sistem Windows untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin memperlambat komputer Anda.

Sesuaikan Efek Visual
Windows menyediakan sejumlah efek visual yang menarik termasuk jendela animasi dan menu memudar. Ini bagus untuk dihidupkan tetapi hanya jika Anda memiliki cukup memori.

Anda dapat mematikan efek visual ini untuk mempercepat sedikit.

Bersihkan, Ganti atau Tingkatkan Perangkat Keras Anda
Meskipun masalah perangkat lunak adalah penyebab banyak komputer lambat, Anda hanya bisa sampai sejauh ini sebelum Anda perlu mengatasi komponen perangkat keras.

Misalnya, jika komputer Anda tidak memungkinkan Anda membuka lebih dari beberapa program sekaligus, atau tidak membiarkan Anda menonton film HD, Anda mungkin memiliki RAM atau kartu video yang rusak / kedaluwarsa. Anda mungkin juga hanya memiliki perangkat keras yang kotor.

Adalah bijaksana untuk secara berkala membersihkan bagian perangkat fisik Anda. Seiring waktu, dan terutama karena efek lingkungan tertentu, penggemar dan bagian lain di bawah casing dapat mengumpulkan gumpalan kotoran atau rambut, yang membuat mereka bekerja di gir hanya untuk berfungsi secara normal. Bersihkan semuanya sebelum Anda membeli perangkat keras baru - mungkin saja mereka terlalu kotor.

Anda dapat menggunakan utilitas informasi sistem gratis untuk melihat spesifikasi perangkat keras Anda. Alat-alat ini sangat membantu jika Anda berencana mengganti perangkat keras sehingga Anda tidak perlu membuka komputer Anda hanya untuk memeriksa sesuatu.

Misalnya, jika Anda ingin memiliki RAM 4 GB, Anda dapat menggunakan alat info sistem untuk mengonfirmasi bahwa Anda hanya memiliki 2 GB (dan jenis apa yang Anda miliki) sehingga Anda dapat membeli lebih banyak.

Pasang kembali Sistem Operasi Seluruh Windows
Solusi paling drastis untuk mempercepat komputer Anda adalah menghapus semua perangkat lunak dan file, menghapus seluruh OS Windows, dan mulai dari awal. Anda dapat melakukan ini dengan menginstal Windows yang bersih.

Hal yang hebat dalam melakukan ini adalah Anda pada dasarnya memiliki komputer baru, bebas dari perubahan perangkat lunak dan registri serta kesalahan yang tidak Anda ketahui selama bertahun-tahun. Namun, Anda harus benar-benar berpikir lebih dari dua kali untuk melakukan ini karena itu tidak dapat diubah dan merupakan salah satu keputusan terakhir yang dapat Anda buat untuk mempercepat komputer Anda.

Penting: Menginstal ulang Windows adalah solusi permanen, jadi pastikan untuk mencadangkan file dan merekam semua program yang ingin Anda instal ulang.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!