Panduan Web Hosting Murah, Pengertian dan Apa itu Hosting

Bagi Anda pengelola website profesional, kata domain dan hosting tentu sudah tidak asing lagi, Namun bagi pemula atau yang baru mau memulai mengelola website, tentu nama domain dan hosting masih terasa masih asing. Nah, artikel berikut akan menjelaskan apa itu pengertian domain dan web hosting.

Mempercayakan website pada penyedia web hosting murah cepat dan tentunya aman adalah hal penting agar bisnis online anda cepat berkembang dan sukses.

Jenis layanan hosting yang menyewakan satu server untuk satu pelanggan adalah pilihan yang tepat untuk memperoleh kepercayaan pelanggan agar website anda memiliki loading page yang tidak error dan juga lambat agar website anda bisa bersaing dengan kompetitor Anda

hosting-murah-dan-terbaik-di-indonesia

Definisi Web Hosting

Definisi Hosting atau Web Hosting adalah layanan untuk menyimpan semua file dan data website agar bisa online di internet dan diakses oleh siapa pun. Sederhananya Web hosting ibarat sebuah rumah bagi website Anda, sehingga orang-orang bisa mengunjunginya dari mana saja.

Web hosting mempunyai untuk mengelola serta menjalankan server, mengamankan website, dan juga memastikan data seperti teks, foto, dan file website lainnya bisa diakses pengunjung melalui web browser.

Perlu anda ketahui, ada beberapa jenis web hosting, untuk itu silahkan baca artikel ini sampai selesai agar anda tau dan faham apa itu hosting beserta cara kerjanya.

Jenis-jenis Web Hosting

Ada beberapa jenis web hosting yang banyak ditawarkan oleh penyedia jasa web hosting sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dalam artikel ini ada 4 jenis web hosting yang akan kita bahas, yaitu :

  • Shared Hosting
  • Virtual Private Server (VPS) Hosting
  • Dedicated Server Hosting
  • Cloud Hosting

Semakin besar dan semakin berkembangnya sebuah website, tentu semakin besar pula space yang dibutuhkan. Bagi para pemula, Anda bisa memulai dengan paket Shared Hosting, ini adalah paket terendah, baru ketika nanti website mulai ramai Anda bisa upgrade ke hosting yang lebih tinggi.

Pada umumnya penyedia web hosting menawarkan banyak paket, seperti di Niagahoster misalnya, Anda bisa memilih paket web hosting murah sesuai budget yang anda miliki.

1. Shared Hosting

Shared Hosting adalah tipe hosting paling murah, web hosting yang satu ini adalah paket yang paling populer. Paket shared hosting ini sangat cocok untuk blog dan website sedrhana.

Pengguna shared hosting, disini akan berbagi server dengan pelanggan yang lainnya di provider hosting. Dalam hal ini website yang di online-kan di server yang sama akan berbagi semua resouce, seperti memori, computing power, disk space dan yang lainnya.

2. Virtual Private Server (VPS) Hosting

VPS Hosting (Virtual Private Server) sangat cocok bagi pengguna website yang trafficnya tinggi. Dengan menggunakan Virtual Private Server hosting, disini anda masih berbagi server dengan pengguna lainnya.

Kelebihan Virtual Private Server hosting dengan Shared Hosting adalah, disini penyedia web hosting telah mengalokasikan beberapa bagian server khusus bagi anda sendiri. Hal ini tentu anda sudah mendapatkan space server yang sejumllah power computing dan memory yang lebih.

3. Dedicated Server Hosting

Dedicated Server Hosting adalah layanan web hosting yang memberikan satu server penuh kepada penggunanya. Secara sederhananya pengguna sama saya dengan menyewa server sekaligus dengan isinya.

Jika dibandingkan dengan jenis layanan hosting yang lain, Dedicated Server Hosting memberikan kendali penuh seluruh server kepada pemiliknya. Ibarat rumah, pengguna bebas menggunakan seluruh ruangan dan semua isi yang ada didalamnya. 

4. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis web hosting yang menggunakan resource dari beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load), serta mempercepat performa, dan memaksimalkan uptime dari sebuah website.

Cloud Hosting menggunakan server virtual untuk menghosting website. Sementara itu, layanan hosting tradisional biasanya menghosting satu atau beberapa website pada satu server fisik. Jadi, cloud hosting umumnya lebih cepat daripada shared hosting.

Cara Memilih Hosting Murah yang Tepat

Dalam memilih hosting, tentunya harus memperhitungkan banyak hal. Hal yang paling menjadi perhitungan pelanggan adalah memilih hosting yang musah tapi juga tempat. 

Perlu diingat, dalam memilih hosting tentu kita pasti memilih yang murah, namun yang paling penting jangan murahan. Berikut ini beberapa tips cara memilih hosting yang murah dan tepat yang bisa dijadikan referensi:    

  1. Banyak Bertanya dengan Web Developer.
  2. Cari Tahu Kebutuhan Bisnis Kamu.
  3. Ada Berapa Banyak Situs yang Kamu Miliki.
  4. Tentukan Lokasi Server yang Sesuai.
  5. Cari Harga yang Bersahabat.
  6. Pilih Layanan Tim Support 24 Jam.
  7. Cari Melalui Rekomendasi Orang.

Ada banyak penyedia hosting murah, namun anda harus selektif dalam memilih. Salah satu penyedia layanan hosting murah dan vps murah indonesia yang dapat di percara dan salah satunya adalah Niagahoster.

Perbedaan Domain dan Web Hosting

Selain web hosting, Anda juga harus membeli domain. Apa perbedaan web hosting dan nama domain? Website hosting adalah space server untuk situs Anda, sedangkan domain adalah alamat situs Anda. 

Contohnya seperti berikut, nama domain kami adalah kemejingnet.com. Jika user ingin mengakses situs Anda, mereka akan mengetikkan nama domain ke kolom address browser. Baru kemudian Server akan memindahkan konten yang user minta.

Pada penyedia layanan web host, Anda bisa membeli nama domain secara terpisah. Di sisi lain, jika sebelumnya Anda sudah memiliki nama domain, Anda dapat mentransfernya ke penyedia hosting saat ini. Sama halnya dengan paket hosting, Anda wajib membayar nama domain setiap tahun untuk mengamankan kepemilikan domain.

Bayak juga penyedia web host menawarkan paket beli hosting dengan gratis domain selamanya, dan masih banyak paket lain yang di tawarkan yang bisa ada dapatkan.

Kesimpulan

Panduan Web Hosting Murah, Pengertian dan apa itu hosting ini semoga bisa menjadi refernsi bagi anda yang sedang dan akan membangun website sebagai media bisnis online agar nantinya website anda bisa bersaing dan meraih kesuksesan

Dan bagi anda yang sedang mencari penyedia web hosting murah, VPS Murah Indonesia dan juga yang mau beli domain murah, salah satu penyedia layanan web hosting terpercaya di Indonesia adalah Niagahoster. 

Niagahoster telah menjadi penyedia web hosting terpercaya sejak lama, dengan mengedepankan pelayanan yang murah namun tidak murahan. Dari segi pelayanan Niagahoster juga dapat dipercaya dan cepat merespon kepetingan pelanggan.

Demikian Panduan Web Hosting Murah, Pengertian dan apa itu hosting yang bisa admin informasikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam memilih layanan hosting yang cocok dengan bisnis yang nanti akan kamu jalani.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Web Hosting Murah, Pengertian dan Apa itu Hosting"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel