Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-alap

Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-alap

Sebagian orang masih bingung membedakan Burung Elang dan Burung Alap-alap. Kedua burung ini memang memiliki bentuk fisik, dan karakter yang hampir mirip. Tak salah jika masih banyak orang yang menganggap bahwa kedua burung ini adalah jenis burung yang sama. Akan tetapi, Elang dan Alap-alap memang masih kerabat dekat. Oleh karena itu, banyak yang masih kesulitan membedakan kedua burung ini.

Elang dan Alap-alap merupakan anggota ordo falconiformes, namun berbeda famili(beda spesies). Oldo falconiformes sendiri tersebar dari ujung barat hingga ujung timur di Indonesia. Dan merupakan penghuni udara dan pegunungan tinggi. Keduanya sama-sama hewan karnivora(pemakan daging). Namun, ternyata terdapat perbedaan diantara keduanya.

Secara sains, Elang dan Alap-alap adalah dua jenis burung yang berbeda. Bisa kita lihat dari segi fisik, keduanya memiliki bentuk yang berbeda dan ciri khas masing-masing.

Ini dia beberapa perbedaan burung Elang dan Alap-alap :

1. Bentuk ukuran tubuh

Secara garis besar tubuh Elang memiliki ukuran yang lebih besar daripada Alap-alap. Oleh karena itu, Elang adalah predator bagi mangsa-mangsanya. Elang berada di puncak rantai makanan. Dengan tubuhnya yang besar, Elang dapat memangsa hewan hewan yang seukuran dengannya. Seperti, rusa bahkan serigala. Sedangkan Alap-alap memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari Elang. Ini menyebabkan Alap-alap hanya mampu memangsa hewan yang lebih kecil. Seperti, burung merpati, kadal dan hewan kecil lainnya.

2. Bentuk sayap

Cara berikutnya, untuk dapat membedakan burung Elang dan Alap-alap adalah bentuk sayap keduanya. Saat terbang, Elang dan Alap-alap dapat dibedakan melalui sayapnya. Sayap Elang berbentuk lebar dan ujung yang menjari saat terbang. Sedangkan Alap-alap memiliki bentuk sayap yang sempit dan ujungnya meruncing.

3. Bentuk kepala

Antara Elang dan Alap-alap juga memiliki perbedaan di kepala mereka. Pada kepala Elang cenderung ramping dan runcing. Sedangkan pada Alap-alap memiliki kepala yang bulat dan lebar.

4. Bentuk cakar

Elang memiliki bentuk cakar dan kaki yang besar dibandingkan dengan Alap-alap. Bentuk cakar yang lebih besar berguna untuk mencabik-cabik mangsa yang tentunya juga sama besar.

5. Bentuk paruh

Bentuk paruh antara Elang dan Alap-alap juga berbeda, Elang memiliki paruh yang lebih tajam dan runcing. Sedangkan, Alap-alap paruhnya lebih kecil. Namun, keduanya sama-sama memiliki paruh yang tajam dan berguna untuk memakan mangsanya.

6. Kecepatan terbang

Perbedaan selanjutnya terletak pada kecepatan terbang keduanya. Keduanya sama-sama cepat. Akan tetapi, Alap-alap jauh lebih cepat. Kecepatan Alap-alap saat terbang bisa mencapai 390km/jam. Sedangkan pada Elang, kecepatan maksimum hanya bisa mencapai 300km/jam.

Setelah mengetahui tentang perbedaan Burung Elang dan Alap-alap. Ada beberapa fakta unik yang musti kalian tahu mengenai Elang dan Alap-alap. Berikut adalah fakta unik yang musti kalian tahu :

 

Sekilas tentang Burung Elang

Predator

Burung Elang adalah salah satu species burung predator yang dapat ditemui di seluruh dunia. Jenis burung Elang berbeda-beda di setiap negaranya. Elang adalah predator besar/hewan pemangsa yang berasal dari Accipitridae terutama Genus Aquila.

Satwa yang dilindungi

Semenjak tahun 1992, Elang ditetapkan menjadi salah satu hewan yang langka di Indonesia. Perdaran Elang di dunia juga semakin berkurang. Sehingga, Elang merupakan satwa liar yang dilindungi. Selain itu, Elang juga termasuk hewan yang sulit berkembang biak. Elang hanya akan bertelurdalam waktu satu tahun sekali. Telur yang dihasilkan juga tidak banyak, hanya 2-3 butir setiap tahun. Itulah mengapa Elang termasuk satwa yang dilindungi dan harus terjaga di alam liar.

Sering dijadikan maskot

Fakta lain dari hewan satu ini adalah, Elang sering dijadikan maskot oleh beberapa negara. Biasanya, Elang dijadikan symbol/maskot untuk acara-acara besar. Tak salah, alasan banyak negara menjadikan Elang mascot karena Elang memang mempunyai keunikan tersendiri. Selain dari tampilan yang bagus, burung ini memiliki kharismatik tersendiri yang menjadikan burung ini semakin unik dan dicari.

Penglihatan tajam

Elang meupakan hewan berdarah panas, Elang memiliki penglihatan yang sangat tajam. Burung Elang mampu melihat mangsanya 100 kaki dari udara. Penglihatan Elang 8x jauh lebih baik dari manusia normal. Hal inilah yang membuat Elang sangat berbahaya bagi mansa seperti, Ular, Tikus dan lain-lain.

Memiliki kecepatan terbang hingga 300km/jam

Elang dapat melaju dengan sangat cepat saat terbang. Burung Elang dapat melaju dengan kecepatan mencapai 300km/jam. Saat akan memburu mangsanya, elang akan bersiap-siap dari udara dengan kecepatan yang benar-benar cepat.

Hewan Monogami

Elang juga dapat dikategorikan hewan yang sangat-sangat setia kepada pasangannya. Akan tetapi, Elang juga akan mencari pasangan lagi apabila pasangannya telah mati.

Berbeda dengan burung Elang, ada beberapa fakta unik tentang burung Alap-alap yang semestinya kalian tahu :


Sekilas tentang burung Alap-alap

Burung Alap-alap memiliki banyak sekali jenis yang tersebar di dunia. Dan beberapa jenis dari mereka merupakan satwa yang dilindungi. Yakni, Alap-alap capung, Alap-alap sapi, Alap-alap macan, dan Alap-alap sawah. Beberapa orang masih menyamakan burung Alap-alap dan Elang. Padahal kedua burung ini merupakan jenis yang berbeda. Secara garis besar, Alap-alap memang punya banyak kesamaan dengan Elang. Baik dari segi fisik dan karakter. Namun, ada beberapa fakta unik  yang harus kalian ketahui terkait Alap-alap :

Mampu menjadi sahabat petani

Pada saat hidup di alam bebas, Alap-alap mencari mangsa seperti tikus, burung-burung sawah, kadal dan lain-lain. Hal itulah yang menjadikan Alap-alap sebagai sahabat petani, karena Alap-alap memangsa hama yang ada di sawah. Sehingga ini dapat menjadi symbiosis mutualisme (saling menguntungkan).

Memiliki cengkeraman yang kuat

Sama seperti Elang, Alap-alap memiliki cakar yang tajam. Inilah yang membuatnya menjadi predator yang cukup ditakuti. Pada saat mendapat mangsanya, alap-alap akan melukai tenggorokan mangsanya dan merobek tubuh mangsanya dengan cakar sebelum akan memakannya di sarang.

Dapat menyimpan udara cukup banyak

Alap-alap memiliki kemampuan cukup unik, ia dapat terbang di udara dengan cukup lama. Hal ini dikarenakan Alap-alap memiliki paru-paru yang dapat menampung udara dengan kapasitas yang cukup banyak. Alap-alap punya kebiasaan bersender ke dahan pohon untuk mengumpulkan udara, sebelum kemudian terbang kembali mencari mangsa.

Perkembang biakan yang lambat

Memiliki kesamaan seperti Elang, Alap-alap juga merupakan hewan yang memiliki perkembangbiakan yang lambat. Perkembangbiakan alap-alap termasuk lama, dalam sekali reproduksi, burung ini hanya dapat menghasilkan paling banyak 4 butir telur. Dari 4 butir telur, pasti ada yang tidak dapat bertahan. Karena telur burung Alap-alap rentan sekali terhadap bahaya. Seperti jatuh dari sarang, dan dimangsa oleh predator lain. Hal inilah yang membuat populasi burung ini semakin menipis dan harus dilestarikan.

Nah, itulah perbedaan yang ada pada burung Elang dan Alap-alap. Semoga setelah membaca penjelasan diatas, kalian makin paham perbedaan terkait Burung Elang dan Alap-alap ya ! Jika penjelasan ini bermanfaat, jangan lupa di share. Terima Kasih !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-alap"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel