logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Manfaat Dari Menulis Artikel

KemejingNet.Com 5 Manfaat Dari Menulis Artikel. Bagi seorang master blogger atau penulis profesional membuat sebuah artikel tentunya bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan, dari sebuah ide yang kecil seorang penulis profesional bisa membuat sebuah tulisan yang bermanfaat dan enak untuk dibaca.

Namun lain halnya bagi orang yang jarang menulis seperti saya, untuk membuat sebuah tulisan yang menarik sangatlah sulit untuk saya lakukan, memang kadang ide-ide itu ada, namun untuk menjabarkannya agar menjadi sebuah artikel yang menarik itu yang agak susah.

Sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapat dari membuat sebuah tulisan atau artikel dan bisa juga disebut karya tulis, seperti telah saya sebutkan di atas setiap orang pasti mempunyai ide, pandangan, serta pengalaman dan juga ilmu yang bermacam-macam.

5 Manfaat Dari Menulis Artikel

Kemampuan setiap individu pasti ada keterbatasan di daya tampung dalam memori fikiran manusia, maka akan lebih bermanfaat apabila semua yang ada di fikiran kita, kita tuangkan dalam sebuah tulisan.

Maksud menulis disini dapat dilakukan dengan berbagai media, Mengetik di komputer untuk dijadikan artikel atau buku pun merupakan kegiatan menulis dan hasilnya disebut “karya tulis”. dan berikut ini 5 manfaat dari menulis artikel, ini menurut versi saya  :

5 Manfaat Dari Menulis Artikel

1. Sebagai Dokumentasi Pribadi  
Waktu terus berputar dan berjalan, tidak mungkin kita bisa seperti doraemon untuk pergi ke masa lalau, he..he.. kejadian-kejadian di masa lalu tak mungkin akan kita ingat semuanya, apalagi bila telah tertutup dengan kejadian-kejadian yang baru.

Diantara kejadian dalam hidup kita tentunya ada sebuah kejadian, pengalaman ataupun kenangan yang sangat penting untuk kita abadikan dalam sebuah tulisan. Sehebat dan sepintar apapun manusia tidaklah mungkin akan menampung semua kejadian yang telah kita lewati, oleh karena itu catatan atau tulisan bisa kita jadikan sebagai sarana dokumentasi apa yang telah kita lalui di masa yang telah lalu.

2. Olah Raga Otak  
Kenapa menulis bisa dikatakan olah raga otak, menurut pandangan saya dengan menulis otak kita akan terbiasa bekerja terutama dalam merangkai sebuah kata yang enak untuk dibaca. Tentunya dengan banyaknya aktifitas otak akan merasa lelah, marah dan sebaginya.

Dengan menulis, Ini akan memberikan kesempatan bagi otak kita untuk mengambil alih keadaan dimana hati yang sedang emosi, marah, serta sedih dan sebagainya, itu bisa kita curahkan dalam tulisan, dan itu akan bisa membuat emosi kita menjadi reda.

3. Mengembangkan Kemampuan
Dalam membuat suatu tulisan ataupun artikel tentunya kita pasti melalui sebuah proses. Yang pertama tentunya mencari inspirasi apa yang akan kita tulis, mencari referensi agar tulisan kita bisa mempunyai makna dan bermanfaat, dan dengan menulis kita secara tidak langsung akan mengembangkan kemampuan kita dalam hal tata bahasa agar tulisan kita bisa dibaca dengan enak oleh orang lain.

4. Sebagai Warisan Sejarah
Dengan membuat catatan, secara tidak langsung kita telah mencatatkan sejarah kita sendiri yang nantinya setelah kita tiada tulisan-tulisan kita bisa dibaca oleh anak cucu kita. Sebagai contoh apabila kita membuat catatan tentang sejarah suatu desa atau tentang daerah tertentu, itu akan sangat bermanfaat sekali bagi generasi yang akan datang, agar meraka tau tentang sejarah daerahnya. Banyak sejarah yang hilang dan tidak bisa ditelusuri itu disebabkan karena sumber sejarah tidak didokumentasikan.

5. Menghasilkan Uang/Penghasilan
Untuk yang terakhir ini bagi saya sendiri masih sangatlah jauh untuk saya lakukan. Namun lain halnya bagi para master-master blog yang sudah profesional, dari tulisan mereka dapat mendapatkan pudi-pundi uang yang sangat melimpah.

Tapi tentunya untuk mencapai taraf itu para webmaster telah melewati proses yang panjang dan itu pun dilalui dengan tidak mudah dan perlu perjuangan, dan semoga saja saya bisa mereka. Silahkan baca juga Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Demikian mengenai 5 manfaat dari menulis artikel menurut saya. Pada intinya buatlah tulisan atau artikel semampu dan sebisa kita. Karena pengetahuan sekecil apa pun bisa jadi akan berguna bagi orang lain.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

manfaat tersebut pasti akan berpengaruh setiap harinya, apalagi yang tiap hari posting artikel, ya memang mengasah otak mas..

Balas

kalau posting setiap harai bisa senam otak mas Hendri

Balas

Setelah membaca ulasannya saya melihat bahwa dokumentasi dan warisan sejarah sama mas.
Terima kasih atas ulasannya, nambah pengetahuan baru buat saya.
salam kenal

Balas

Salam kenal juga, terima kasih kunjugannya mas Rudhy

Balas

Kita pasti bs seperti para master mas.....rajin2 aja nulis biarr tambah banyak dan kualitas tulisannya makin bagus

Balas

Iya mas, memang semua butuh proses,makasih kunjungannya.

Balas

kalau saya bisa tambahkan, manfaat lainnya adalah dapat berbagi informasi dengan sesama.... oya untuk point ke lima, kesannya gimana gitu...ambisi GA kayaknya hehehe juzt kidding pak :D

Balas

saya biasanya dilatih senam itu fisik, tapi kok saya baru sadar saya suka senam otak juga yah.hehe

Balas

ha...ha... ceritanya patah hati karna ditolak

Balas

he... he... biar otaknya sehat dan encer mas hendri

Balas

iya mas, diusahakan setiap hari ga boleh kehabisan ide..

Balas

Setuju banget sama 5 point diatas...
Dan paling bikin semangat itu point no.5 maknyos...

Balas

Saya paling suka menulis artikel untukm olah raga otak jadi otak tidak beku selalu berpikir bahkan semakin tajam

Balas

Paling bikin semangat ya mas.

Balas

Fikiran jadi sehat ya mas.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger