logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengenal Tanaman Senggani Dan Manfaatnya


Senggani atau dikenal juga dengan nama senduduk (Melayu), dalam bahasa sunda sering disebut harendong , orang jawa ada juga yang menyebutnya kluruk, dan orang madura sering menyebutnya dengan nama kemanden, di Negara Tiongkok perdu ini disebut yeh mu tan. Senggani adalah tanaman perdu yang tergolong familia Melastomataceae (Wikipedia).


Senggani adalah perdu yang tumbuh tegak hingga mencapai tinggi 0,5m - 4m. Perdu ini mempunyai cabang yang banyak dan dapat tumbuh pada tempat-tempat yang mendapat cukup sinar matahari seperti di lereng gunung, semak, tanah lapang yang tidak terlalu gersang, perdu ini juga sering ditanam di daerah obyek wisata sebagai tanaman hias karena bunganya yang cukup indah.

Senggani dapat tumbuh pada ketinggian sampai 1.650 di atas permukaan laut. Senggani memiliki daun tunggal, bertangkai, letaknya berhadapan bersilang dan berbentuk bulat telur dengan ujung lancip, permukaannya berambut pendek yang jarang dan kaku sehingga bila diraba akan terasa kasar, serta memiliki tiga tulang daun yang melengkung.

Bunga senggani keluar di ujung cabang, berupa malai rata dengan jumlah bunga tiap malai 4 sampai dengan 18. Senggani mempunyai buga yang berwarna ungu kemerahan yang sangat indah.


Menurut beberapa sumber yang saya baca, ekstrak senggani dapat digunakan untuk zat analgetik sebagai penghilang rasa sakit, peluruh kemih, menghilangkan pembengkakan serta menghentikan pendarahan. Namun saya sendiri belum pernah mencobanya.

Adapun manfaat lain dari tanaman senggani yang telah saya buktikan adalah daunnya, daun senggani bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Bila Anda ingin menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya, caranya rebuslah daun pepaya bersama dengan daun senggani, niscaya rasa pahit yang terkandung dalam daun pepaya akan hilang.

Silahkan baca :  Cara Menghilangkan Pahit Daun Pepaya Dengan Daun Senggani

Senggani berkembang biak dengan bijinya, saat buah senggani telah masak, maka buah akan merekah dan berbagi dalam beberapa bagian,. Biji kecil-kecil, yang terdapat pada buah jika jatuk ke tanah maka akan tumbuhlah bibit-bibit senggani baru.

Selain beberapa manfaat yang terdapat pada tanaman senggani yang tersebut diatas, senggani juga sangat cocok bila ditanam di sekitar pekarangan rumah sebagai pemanis halaman, dan jika suatu saat membutuhkan tentunya tidak perlu repot lagi untuk mencarinya.

Demkian mengenai tumbuhan perdu senggani ini, semoga bisa menambah wawasan dan khasanah kita semua tentang tumbuhan yang ada di bumi kita. Smoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

kalo pemdarahan bisa juga ya mas pakai tanaman senggani ini nih, tapi masalahnya saya belum tau nih tanaman sengganinya, saya jarang mas liat tanaman kay gini malahan belum pernah liat deh.heuheu

Balas

senggani memang cocok juga dibuat hiasaan ya mas, saya kira pemanis makanan ternyata pemanis halama :)
saya juga dulu kapok tuh makan daun pepaya pahitnya minta gulaaa pkoknya.
perlu dicoba nih pkai daun senggani ini.
terimakasih infonya mas

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger