logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tehnik Cara Mencangkok Pohon Buah

Mencangkok sama halnya dengan setek, namun nutrisi yang didapat bibit cangkok berasal dari induknya. Setelah batang yang dicangkok mulai berakar barulah dipisahkan dari induknya. Bila ingin mencangkok sebaiknya pilih pohn induk yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, serta pohon telah berbuah setidaknya sebanyak tiga kali.

Cara mencangkok sebaiknya pilihlah induk yang tampak kuat, subur, dan tidak terserang hama penyakit. Cabang untuk cangkok dipilih yang berukuran sebesar pensil, berwarna cokelat muda dan kulitnya halus. Bentuk cabang tegap lurus, pajangnya sekitar 20-30 cm. Cabang tersebut memiliki daun yang banyak dan sedah pernah berbuah.

Silahkan baca juga  :  Tehnik Pembuatan Bibit Okulasi dan Sambungan

Tehnik Cara Mencangkok Pohon Buah

Berikut ini tiga langkah cara mencangkok.

1. Pilih cabang tanaman yang akan dicangkok. Buat keratan melingkar pada kulit kayunya dengan jarak 2-3 cm. Kupas kulit kayu yang sudah dikerat, lalu bersihkan kambiumnya yang tampak seperti lendir . Caranya kerik lendir tersebut dengan punggung pisau, biarkan beberapa saat hingga kering.

2. Bungkus luka dengan media lembab berupa tanah dicampur dengan pupuk kandang yang telah jadi. Media lain yang dapat digunakan adalah moss basah. Hancurkan kertas koran lembab, atau serabut kelapa. Kemudian media dibungkus dengan plastik. Ikat bagian bawah dan atas dengan tali supaya media tidak lepas dan lembab.

3. Potong cangkokan apabila sudah terlihat banyak akar yang keluar dari bungkusan, yaitu sekitar 1-3 bulan setelah pencangkokan. Pemotongan dilakukan sekitar 2 cm dibawah cangkokan dengan menggunakan gergaji. daun pada cangkokan bila perlu dikurangi untuk mencegah penguapan yang berlebihan. Cangkokan yang telah dipotong siap untu ditanam, tetapi sebaiknya diberi naungan.

Benih/bibit adalah adalah modal dasar dalam berkebun untuk buah-buahan unggul. kesalahan dalam memilih bibit akan sulit memperoleh hasil yang baik, walaupun dikelola dengan sempurnya. oleh karena itu usahakan untuk memilih benih yang benar-benar baik bila akan melakukan pencangkokan.

Demikian cara mencangkok pohon buah-buahan yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk semua.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 komentar

Kalau musim kemarau seperti sekarang bisa sukses nggak ya mas mencangkok? apa sebaiknya nungggu musim hujan saja?

Balas

Bisa saja mas, asalkan disiram

Balas

oooo jadi begitu cara mencangkok buah. dulu saya mau mencangkok buah mangga nggak tau caranya, malah acak gak jelas gitu hihihi. ternyata begitu

Balas

mencangkok kayaknya sederhana,tp dalam prakteknya nggak semua orang bisa yamas.
kudu memiliki pengalaman agar berhasil

Balas

siram pakai air jangan pake kopi

Balas

Ha... ha... pakai kopi biar melek Kang Yanto.

Balas

Betul mas, segala sesuatu memang perlu ilmunya.

Balas

Iya mas, kurang lebihnya seperti hal diatas tentang cara mencangkok.

Balas

saya nyari ilmu cangkok disini aja ah

Balas

saya dong pake kopi eh topi

Balas

Saya jadi keingetan waktu masih sekolah mas, dulu pernah coba praktek mencangkok tapi gagal mas gak numbuh, gak tau kenapa tuh

Balas

iya bener mas kalo cara mencangkoknya mah gampang tapi tehniknya belum tentu benar, makanya kadang suka ada yang gagal

Balas

bukannya pake kupluk

Balas

saya sudah mencoba dari dulu pokok mangga nya ga mampan, ternyata salah yang saya lakukan :(

Balas

mantap infonya, plus gambar akhirnya begini caranya, pantesan saya gagal mulu :(

Balas

makanya banyak belajar mas, belajar dari pengalaman seperti admin nya liat :) saya ngasi jempol

Balas

salah cara, liat tuh seperti gambar gimana mas marnes

Balas

betul mas, mencangkok sedkit berbeda dengan stek, kalo mencangkok misalnya gagal, maka batang tidak akan mati.

Balas

Mengingatkan pelajaran waktu SD dulu gan :D

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger