15.12.15

Cara Seting Ukuran Kertas Pada Ms Exel

Tags

Untuk mengatur ukuran kertas pada Ms Excel memang tidak sama seperti saat kita mengatur ukuran kertas di Ms Word, terutama pada ukuran custom size. Sering kita alami, dokumen Ms Excel kita yang telah kita atur page setup-nya pada computer kita sudah pas dan fit dan siap cetak, namun ketika dibuka pada computer user lain, pengaturan halaman, margin, ukuran kertas menjadi berbeda atau berubah.

Hal tersebut sebenarnya disebabkan oleh jenis printer dan pengaturan serta setting printer yang terisntall pada computer berbeda. Sehingga ketika file excel dibuka dikomputer lain, maka kita harus mengatur lagi pengaturan margin, size atau page setup-nya. Berbeda dengan Ms Word, jika dibuka dikomputer lain meskipun printer yang terinstall berbeda, namun pengaturan page setupnya masih tetap sama.

Pada artikel tentang exel kali ini, mari kita bahas sama-sama bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada Ms Excel khususnya untuk mengatur ukuran custom size. Untuk pengaturan ukuran kertas yang lazim atau standart, anda tinggal memilih pilihan yang telah ada sebelumnya. Untuk mengatur setting ukuran kertas atau custom size, tentunya dikomputer anda harus sudah terinstall driver printer. Sebagai contoh disini saya menggunakan printer Canon iP 2770. Anda nanti bisa menyesuaikan sendiri tampilan pada jenis printer yang terinstall dikomputer anda.

Cara Seting Ukuran Kertas Pada Ms Exel

1. Silahkan buka file dokumen exel Anda -> Klik Page Setup.

Cara Seting Ukuran Kertas Pada Ms Exel

2. Pada page setup silahkan klik tanda panah kecil pada sisi kanan, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini -> lalu klik Option.

Cara Seting Ukuran Kertas Pada Ms Exel

3. Setelah klik Options, lalu akan muncul seting printer, pada Printer Paper Size pilih Costm size.

Cara Seting Ukuran Kertas Pada Ms Exel

4. Atur ukuran kertas menjadi, Width 215 dan Height 330. lalu klik Ok.

Cara Seting Ukuran Kertas Pada Ms Exel

Tiap merk printer tentunya mempunyai tampilan cara setingnya berbeda-beda namun dalam intinya tetap sama. Anda bisa menyesuaikan seting pada tampilan masing-masing printer yang Anda gunakan.

Demikian Cara Seting Ukuran Kertas Pada Ms Exel, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat, terima kasih. Jangan ketinggalan simak juga Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya

12 komentar

cara menentukan ukuran kertas di exel jika tidak hati-hati akan membahayakan hasil cetakannya dong kang

Justru itu kang bila pakai costum size malah bisa menyesuaikan.

perlu dipraktekkan langsung nih soalnya jarang jarang pake printer

Silahkan diotak-atik mas dwi :)

Untuk mengatur kertas di ms excel mesti perlu hati-hati juga biar bagus hasil printnya :D

Betul mbak, kadang kalau dilihat pada komputer sendiri sudah bagus, namun bila dibuka pada komputer lain jadi berubah, itu disebabkan karena setingan tiap komputer beda-beda. :)

bermanfaat sekali nih ilmunya mas, memang kadang sering kali kita keseulitan dalam melakukan print pada excell, dengan mengetahui seting ukuran kertas yang pas, akan sesuai dengan apa yang kita inginkan

jadi harus sering cek pengaturan kertasnya ya mas kalau mau print, karena excel sering berubah2 tidak seperti words

jangan di otak atik, ntar gak bisa kembalikan lo, wakakaka

Iya mas Pur, kadang stetelan di komputer sendiri sudah fit, eh.. ketika dibuka di komputer lain jadi berantakkan.

oh gitu ya kang cara ngatur kertas di exel.
akan coba saya terapkan kayaknya nggak terlalu sulit

Sukses sudah di TKP, kini saatnya memberi hadiah pada kang isrofi, makasih kang

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon