logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya

KemejingNet. Pada tutorial exel yang lalu pernah saya bahas mengenai fungsi countif. Nah pada kesempatan ini kembali akan kita bahas mengenai fungsi filter yang ada pada exel dan cara membuatnya.

Seperti kita ketahui program exel adalah program untuk mengolah kata dan pengolah data. Dengan exel kita dapat membuat data dengan akurat dan juga lebih mudah. Banyak fungsi-fungsi dalam exel yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah dan juga mempercepat pekerjaan. Namun pada kesempatan ini yang akan kita bahas adalah fungsi filter.

Fungsi Filter Pada Ms Exel
Microsoft Office Excel dalam hal ini memberikan sebuah fasilitas untuk mempercepat kerja kita. Fasilitas itu adalah FILTER, fasilitas filter berfungsi untuk menyaring (men-filter) data atau kriteria tertentu yang kita butuhkan.

Anda pasti pernh mencari kriteria tertentu dalam suatu data/dokumen excel dengan jumlah yang sangat banyak, Sungguh akan sangat merepotkan dan akan butuh waktu lama untuk mengerjakannya apabila Anda harus mencarinya satu persatu. Nah dengan fasilitas filter ini Anda kan lebih terbantu untuk mengerjakan hal tersebut.

Cara Membuat Filter Pada Ms Exel
Setelah mengetahu apa fungsi dari fasilitas filter yang ada dalam Ms exel ini, sekarang kita praktekkan sama-sama bagaimana cara membuatnya.

1. Langkah pertama.
Buka file dokumen exel Anda yang ingin Anda kasih filter. Sebagai contoh seperti gambar berikut ini.
Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya

2. Langkah Kedua.
Silahkan Anda blok dari kolom No sampai dengan kolom Status, lalu klik Home-> Sort & Filter -> Filter, lihat gambar berikut ini.

Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya

3. Langkah Ketiga.
Cara memfilternya adalah pilih kriteria yang ingin Anda filter, misalnya seperti contoh pada gambar dibawah, saya akan memfilter jenis kelamin laki-laki. Silahkan Anda klik tanda panah kecil yang ada di sudut kolom. Lalu centang pada kriteria yang Anda inginkan lalu klik Ok.

Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya


Dalam Ms exel banyak sekali fungsi-fungsi yang bisa dimanfaatkan, selain cara filter diatas, untuk mencari jumlah kriteria yang Anda inginkan Anda juga bisa menggunakan Countif. Untuk menentkan kriteria menggunakan countif silahkan Anda simak Fungsi Countif Dalam Microsoft Exel.

Demikian mengenai fungsi filter pada exel dan cara membuatnya, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan salam blogger.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Nah ini salah satu yang saya suka di kemenjingnet Mas Isrofi Achmad, berbagi informasi tentang exel yang setiap hari saya berkutat dengan nya dan juga words tentunya.

Tips diatas berguna banget buat saya untuk memfilter data di exel, jadi tidak mendelik lagi cek satu-persatu data. hehe maklum saya wong ndeso mas, megang laptop dan ndak meleduk saja sudah sangat bersyukur saya. hehehe

Saya harap Mas Isrofi bisa terus ulas lebih dalam tentang ilmu exel ini mas. Sebab saya yakin pasti banyak orang yang membutuhkan informasi semacam ini. :D

Balas

Saya juga wong ndeso mas, mungkin jauh lebih ndesonya dari tempatnya mas Dory, mudah-mudahan mas kedepannya, ini saya juga kagi proses belajar tentang exel.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger