logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel

Seperti kita ketahui bila exel adalah program pengoladah data yang sangat akurat, kita dapat membuat data dengan mudah dalam exel. Fungsi-fungsi dalam exel dapat dimanfaatkan untuk mempercepat pekerjaan dengan hasil yang akurat. Misalnya dalam hal penjumlahan, dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini akan kita bahas fungsi dari Countif.

COUNTIF, adalah salah satu fungsi statistik, untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria : misalnya, apabila Anda menjadi PPS dalam pemilu pasti Anda akan menyusun Daftar Pemilih Sementara sampai dengan Daftar Pemilih Tetap. dan dalam daftar tersebut pasti disuruh menentukan berapa jumlah pemilih laki-laki maupun jumlah pemilih perempuan yang terdaftar. Alangkah melelahkan apabila Anda harus menghitung satu persatu (Capek dech.... he..he..) disinilah Anda bisa memanfaatkan fungsi Countif tersebut untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Ok, sekarang kita praktek sama-sama, sebagai bahan praktek lihat table berikut ini  :

Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel


Contoh rumus  :

COUNTIF(rentang, kriteria)
Misalnya:
=COUNTIF(C2:C16,"Laki-laki")
=COUNTIF(C2:C16,C2)
Nama argumen
Deskripsi
range    (diperlukan)
Tentukan kelompok sel yang ingin Anda hitung. Rentang bisa berisi angka, array, atau referensi yang berisi angka. Nilai kosong atau teks diabaikan.

Lebih simplenya begini, bila Anda ingin menghitung jumlah laki-laki, maka pada kolom C19 ketik =Countif(C2:C16,"Laki-laki) Enter, ulangi pada kolom perempuan.

Pastikan data Anda tidak mengandung karakter yang salah. Ketika menghitung nilai teks, pastikan data di kolom pertama tidak berisi spasi awal, spasi akhir, penggunaan tanda kutip lurus dan lengkung yang tidak konsisten, atau karakter non-cetak. Dalam kasus ini, COUNTIF mungkin mengembalikan nilai yang salah atau tidak diharapkan.

Demikian artikel singkat mengenai fungsi Counif dalam microsoft exel ini, selamat mencoba, semoga bermanfaat. Silahkan simak juga Mengenal Workbook Dan Worksheet Pada Exel.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Trik ini hampir sama dengan membuat tabel pada postingan blog ya mas...cuma yang membedakan pembuatan langsung di Countif Dalam Microsoft mas..ya...

Balas

Fungsi countif adalah untuk menghitung jumlah kata atau angka yang ada didalam cel mas.

Balas

wah gue bagnet nih, sampai2 saya bikin blog khusus belajar office.....dulu saya ngerti fungsi excel dri buku bagus tentang if.

Makasih atas sharingnya mas

Balas

Sama-sama Mas Daniel, Makasih juga telah mampir.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger