logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Meluruskan Gambar Yang Miring Dengan Photoshop

KemejingNet - Cara Meluruskan Gambar Yang Miring Dengan Photoshop. Tehnik meluruskan gambar miring yang akan saya jelaskan pada totorial photoshop kali ini adalah cara, dimana kita bisa meluruskan sebuah foto maupun gambar yang mempunyai sudut pandang yang tidak lurus dengan menggunakan ruller tool, salah satu tool yang ada di photoshop.

Ruller tool ini sangat mudah untuk digunakan, meskipun Anda masih awam dalam menggunakan photoshop. Bila anda mempunyai gambar hasil scan yang miring maupun foto dengan sudut pengambilan yang kurang sempurna Anda bisa meluruskannya dengan ruller tool ini.

Pada kesempatan ini ada dua jenis gambar miring yang akan saya jadikan bahan praktek dalam tutorial ini yang pertama adalah sebuah foto dan yang kedua adalah sebuah gambar hasil scan yang kurang sempurna.

Silahkan baca juga  :  Cara Sederhana Agar Foto Tetap Awet

Cara meluruskan foto yang miring

1. Langkah pertama pastinya Anda buku dulu program photoshop nya, lalu klik file -> Open -> Pilih gambar yang akan diedit.

2. Setelah gambar atau foto terbuka pada lembar kerja photoshop, silahkan pilih roller tool pada menu bar, lihat gambar berikut.


3. Pada contoh gambar diatas, foto kelihatan agak miring kekanan, oleh sebab itu foto akan dicoba untuk meluruskannya.

4. Setelah roller tool dipilih. tentukan dari sudut mana foto akan diluruskan. Pada kasus foto diatas, agar foto menjadi lurus, sudut pertama yang akan diambil adalah bagian foto sebelah kiri atas. Buat garis dengan roler tool dari sebelah kiri atas sampai dengan kanan atas secara miring (Bisa disesuaikan dengan keadaan kemiringan foto) lihat gambar dibawah.


4. Setelah garis roller tool dibuat, silahkan pilih image -> Rotate Canvas -> Arbitrary -> Lalu akan muncup po-up dan klik Ok.


5. Dan hasilnya foto akan seperti gambar dibawah, silahkan potong foto dengan menggunakan crop tool agar untuk menghilangkan backgrounya.


6. Dan hasil akhir foto setelah dipotong dengan crop tool adalah sebagai berikut ini.

Cara meluruskan gambar hasil scan

Sebenarnya caranya pun hampir sama seperti cara diatas, cuma kalau gambar scan malah sedikit lebih gampang karena tingkat kemiringan gambar lebih terlihat jelas.

Sebagai contoh berikut gambar scan KTP yang telihat miring, langkahnya pun masih sama seperti contoh diatas,

1. Silahkan buka gambar hasil scan yang kurang sempurnya milik Anda, klik - Ruller Toll - Buat garis dari sudut yang akan diluruskan lalu pilih Image -> Rotate Canvas -> Arbitrary -> Lalu akan muncup po-up dan klik Ok.

Catatan  :  Dalam hal ini photoshop yang saya gunakan adalah CS3, adapun untuk photoshop CS4, CS5, caranya masih sama, Namun bila Anda menggunakan photoshop CS6, untuk meluruskan gambar ini malah lebih mudah dengan menggunakan Crop toll+ctrl.

Demikian Cara Meluruskan Gambar Yang Miring Dengan Photoshop, semoga bisa difahami dan juga bermanfaat. Salam blogger and happy blogging.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Thanks tutorialnya mas rofi, menambah pemahaman saya ttg penggunaan PS.
biasanya setiap hbs scan cuma pke marquee tool dan move tool aja, hehe. krena saya hny bs dasar" aja. bermanfaat nih mas ^.^

Balas

Sama-sama silahkan dicoba, mudah-mudahan bermanfaat. Bila sering pakai photoshop pasti lama kelamaan juga bisa yang lain, asal mau mencoba aja kok intinya.

Balas

Boleh juga nih kang, saya simpan ya barang kali aja ada foto saya yang miring .. hehehe

Balas

Keren, di buat film juga biar youtube nya update juga.

Balas

Iya mbak, cuma waktunya aja yang terbatas, beum sempet buat vidionya. Makasih sarannya.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger