logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Inilah Perbedaan Batik Tradisional Dan Batik Modern

KemejingNet - Inilah Perbedaan Batik Tradisional Dan Batik Modern. Dalam artikel saya sebelumnya, saya pernah membahas tentang 15 Jenis Nama Motif Batik Tradisional Indonesia. Nah,... pada kesempatan ini kembali saya akan membahas tentang batik, yaitu mengenai perbedaan batik tradisional dan batik modern.

Dalam pembuatan jenis kain batik, ada 2 metode cara pengerjaannya yaitu cara tradisional dan cara modern. Cara tradisional adalah pembuatan batik yang dilakukan secara tulis (batik tulis) sedangkan cara modern adalah batik yang dibuat dengan metode batik cap, batik sablon, dan juga batik printing. Ketiga cara terakhir adalah kategori batik modern.

Seni membatik adalah sebuah karya budaya yang mengagumkan, dari hasil seni inilah tercipta berbagai motif kain batik yang saat ini telah dipakai oleh banyak orang, baik itu kalangan muda maupun kalangan orang dewasa. Saat ini kain batik telah berkembang dengan banyak motif dan disesuaikan dengan berbagai model baju yang lebih modern.

Saat ini di pasaran banyak sekali kita temui berbagai macam jenis batik baik itu batik tradisional maupun batik modern, namun taukah Anda apa yang membedakan dari keduanya?.  Nah berikut ini KemejingNet bagikan kedua perbedaan dari batik tersebut.

Inilah Perbedaan Batik Tradisional Dan Batik Modern

Batik Tradisional

Batik tradisional adalah batik yang dibuat dengan cara melukisnya secara manual dengan cairan lilin malam. Batik tradisional atau batik tulis merupakan sebuah seni dengan membuat garis serta titik yang kemudian membentuk motif. Dalam pembuatan susunan motifnya yang terikat antara satu dengan yang lainnya ada aturan baku yang harus diterapkan.

Dalam pengerjaan batik tradisional akan lebih sulit dan juga memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan membuat batik modern.  Maka tidak salah kalau batik tradisional cenderung memiliki sisi estetika yang lebih tinggi dan cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan batik cap, batik sablon dan juga batik printing.

Batik Modern

Perbedaan batik modern dan batik tradisional, juga bisa dibedakan dari pengerjaannya. Dalam membuat batik tradisional biasanya tidak terikat dengan aturan-aturan tertentu, baik itu dalam hal pembuatan susunan motifnya ataupun warna yang digunakan, oleh karena itu batik modern lebih mudah dalam teknik pengerjaannya dan lebih menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Batik modern cenderung lebih fleksibel karena lebih menonjolkan sisi estetika keindahan yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan juga model baju yang lebih masa kini. Batik modern akan lebih mudah didapatkan di pasaran bila dibandingkan dengan batik tradisional. Dalam segi harga, batik modern memiliki harga yang lebih murah daripada batik tradisionsl.

*********

Dari kedua pengertian diatas, perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah dari segi pembuatannya. Batik tradisional lebih memakan waktu yang lama dalam pembuatannya dan jika dilihat dari segi motifnya batik tradisional cenderung lebih terikat didalam membuat motif-motifnya, karena harus mematuhi pakem yang berlaku menurut nama motifnya.

Baca juga  :  15 Jenis Nama Motif Batik Tradisional Indonesia

Sedangkan untuk batik modern cenderung akan lebih cepat dalam pengerjaannya, serta lebih mudah di dalam teknik pembuatan motif-motifnya dan lebih bebas karena tidak ada suatu aturan yang membatasinya, karena batik ini lebih menyesuaikan dengan pekembangan jaman.

Dari segi pembuatan kedua batik tersebut, tentu hal itu akan berdampak pada sisi eksklusif dari batik itu sendiri. Batik tradisional cenderung memiliki sisi eksklusif yang lebih tinggi dan memang batik tradisional cenderung memiliki harga yang lebih mahal bila dibandingkan batik modern.

Demikian mengenai perbedaan batik tradisional dan batik modern, semoga bisa menambah khasanah dan wawasan kita semua dalam mengenal salah satu seni budaya warisan nenek moyang bangsa ini, Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi  :
  • hanleebatik.com
  • detik.com

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Pantas saja batik tradisional lebih mahal di banding batik modern karena cara pembuatan nya yang rumit dan membutukan waktu yang lebih lama serta ketelitian dan skil sangat di butuhkan

Balas

Yang membedakan iyalah segi pembuatannya

Balas

hmmm, iklan diatas pada tengah artikel ttg batik mas.
itu iklannya muncul dgn sdnri ya ttg batik jg. google keren yaa :D hehe

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger