10.12.16

Gunung Kunir Benowo, Destinasi Wisata Alam Purworejo

Gunung Kunir Benowo Destinasi Wisata Alam Purworejo
Puncak Gunung Kunir Benowo

Gunung Kunir Benowo, Destinasi Wisata Alam Purworejo - Gunung Kunir, merupakan gunung yang masih dalam satu kesatuan perbukitan menoreh. Gunung Kunir tepatnya berada di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Salah satu daya tarik dari gunung kunir adalah, pengunjung bisa menyaksikan indahnya sunrise.

Gunung kunir benowo ini, memiliki ketingian sekitar 975 mdpl. Disaat cuaca cerah pengunjung dapatmenyaksikan munculnya sang mentari di pagi hari hingga saat matahari terlihat bulat penuh dengan warna merah tua keclokatan. Bagi Anda yang ingin melihat indahnya sunrise dari puncak gunung kunis benowo ini, Anda harus berangkat saat subuh dari kota purworejo, karena jarak tempuh Desa Benowo dari kota purworejo sekitar 20 km. Tempat ini sangat bagus bila dijadikan destinasi wisata alam.

Gunung Kunir Benowo Destinasi Wisata Alam Purworejo

Bagi Anda pencinta alam dan juga petualang yang dari luar kota yang tidak ingin kehilangan moment sunrise di puncak gunung kunir benowo, Anda bisa membawa tenda untuk berkemah di sekitar gunung kunir, atau kalau tidak Anda bisa menginap dirumah penduduk Desa Benowo sambil sekalian bisa menikmati nikmatnya kopi benowo yang bisa Anda dapat di warung.

Selain bisa menikmati indahnya sunrise, Anda juga melihat pemandangan lain yang tak kalah menariknya. Saat matahari mulai naik Anda akan disuguhi pemandangan eksotis dari 4 gunung tinggi yang ada di Jawa Tengah yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Dari puncak gunung kunir, keempat gunung tersebut akan membuat mata Anda terpukau sambil menikmatisejuknya udara pagi yang masih segar.

Gunung Kunir Benowo Destinasi Wisata Alam Purworejo
Pemandangan Dari Puncak Benowo Di Pagi Hari

Seiring dengan program pariwisata yang dicanangkan oleh Bpk. Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM, bagi desa yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan, sejak tahun 2016 geliat pembangunan di sektor kepariwisataan kini mulai dilirik oleh desa-desa yang tentunya memiliki potensi wisata, dan salah satunya adalah Desa Benowo, Kecamatan Bener ini dengan potensi Gunung Kunirnya.

Sedikit flash back kebelakang, Desa Benowo adalah desa yang memiliki sejarah. Dalam sejarahnya Nama Desa Benowo diambil dari salah satu nama putra dari raja kerajaan Pajang yaitu Pangeran Benowo. Pangeran benowo adalah putra dari sultan Hadiwijaya atau yang lebih dikeal dengan nama Jaka Tingkir.

Pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1600M Pangeran Benowo beserta para pengikutnya menepi atau tirakat disuatu tempat dalam perjalanan dari kerajaan Pajang menuju Kerajaan Mataram yaitu di Perbukitan Menoreh, yang tepatnya di sebuah bukit yang di namakan bukit Batur, saat ini di tempat tersebut terdapat petilasan Pangeran Benowo.

Gunung Kunir Benowo Destinasi Wisata Alam Purworejo
Souce : Petilasan Pangeran Benowo

Selain Gunung Kunir, Desa Benowo juga memiliki pesona alam lainnya yang tak kalah menarik, salah satunya adalah Curuk Padusan dan Curug Batur juga Sendang Begawan. Konon ceritanya Sendang bengawan inilah yang dulu sering digunakan untuk kebutuhan minum dan mandi Pageran Benowo dan pengikutya, karena memang sendang tersebut letaknya tidak jauh dari petilasan Pangeran Benowo. Selai itu juga, sampai saat ini di Desa Benowo juga masih tersimpan barang-barang yang di pergunakan rombongan Pangeran Benowo. Benda-benda tersebut antara lain, Songsong Agung, Piring Keramik, Guci Keramik, Ulekan Batu, dan lain-lain.

Gunung Kunir Benowo Destinasi Wisata Alam Purworejo
Curug Padusan Benowo

Adapun Rute Perjalanan ke Desa Benowo dari Kota Purworejo adalah lewat Jalan Magelang-Purworejo, setelah sampai di Pertigaan Tumbak Anyar anda belok kanan ke arah jalan Banyuasin-Kulon Progo Samigaluh, sampai ada petunjuk ke Desa Benowo. Anda tidak akan rugi bila menjadikan Gunung Kunir sebagai salah satu destinasi wisata Anda di Purworejo.

Dikarenakan jalan menuju ke Desa Benowo kebanyakan menanjak, sangat disarankan apabila Anda menggunakan sepeda motor, usahakan sepeda motor Anda dalam keadaan fit supaya perjalanan Anda tidak terganggu. Untuk lebih lengkapnya tentang Gunung Kunir Desa benowo, berikut ini bisa Anda tonton Video liputan dari RCTI saat meliput di Benowo.




Biodata Penulis  :
Nama  :  Musliman Ashari
Web  :  MasmusNet.blogspot.co.id
Email  :  muslimanashari10161@gmail.com
Facebook  : Musliman Ashari
Google Plus :  Musliman Ashary

7 komentar

seru kayaknya honeymoon disana ya mas :)

pemadangan disni seru bgt mas, wah trip ke gunung boleh dicoba nih :D

Bener mas, seru banget apalagi jika udara cerah sunrise akan nampak indah.

Kalau ngetrip ke gunung kunir bisa mampir tempat saya :)

wah mantap tuh mas gunung kunir serasa si negeri di atas awan hehe mantep pengen kesitu saya trima kasih informasinya mas. salam :)

Ok, kalau ke gunung kunir mampir ke tempat saya, salam kenal :D

Kapan kapan saya diajak kesana kang

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon