25.1.17

Cara Cek Link Error Blog Dan Solusi Mengatasinya

Tags

Cara Cek Link Error - Link blog error, atau bahasa kerennya sering disebut broken link merupakan sebuah link yang telah rusak, dan ketika link tersebut di klik akan menampilkan pesan error page not found 404 atau halaman tidak ditemukan.

Sebenarnya, untuk Cek link error sangatlah mudah, karena di internet telah ada beberapa situs yang memang khusus bisa digunakan untuk cek link error yang ada didalam blog. Pada artikel kali ini sengaja akan kita bahas bagaimana cara cek link error pada blog serta cara mengatasinya, untuk itu silahkan baca artikel cara cek link error ini dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan saat menghapus lin-link error yang ada. 

Penyebab Terjadinya Link Error Pada Blog (Broken Link)

Ada beberapa penyebab terjadinya link error, diantaranya adalah matinya sebuah link yang sebelumnya ada didalam blog. Link mati tersebut bisa saja diakibatkan karena link tersebut telah dihapus. Link yang ada, biasanya bisa dibuat oleh pemilik blog sendiri yang menuju blog lain dan juga bisa juga link tersebut ditinggalkan oleh pengunjung yang berkomentar di blog Kita.

Selain beberapa link yang telah disebutkan diatas, link profil google plus dari pembaca yang berkomentarpun pun bisa menyebabkan broken link, ketika profil google plus tersebut telah dihapus maupun telah berganti nama. Selain link profil pengguna yang komentar dengan open id juga bisa menyebabkan terjadinya link error jika link nya juga sudah mati.

Manfaat Dan Cara Mengecek Link Error

Salah satu penilaian blog yang SEO adalah blog selalu terjaga kesehatannya. Blog yang sehat tentu tidak terdapat broken link yang banyak. Untuk itu sangat disarankan untuk selalu cek link blog yang error secara berkala dan kemudian menghapusnya.

Untuk mengecek broken link bisa dilakukan di Google Webmaster Tool, namun yang akan dibahas disini adalah cek broken link dan cara mengatasinya dengan mengunjungi situs Broken Link Checker. Situs ini bisa kita gunkan untuk cek link blog yang error serta bagaimana mengatsinya, dan tentunya gratis.

Langkah cek broken link di Broken Link Checker adalah sebagai berikut  :
  • Silahkan kunjungi situs Broken Link Checker.
  • Kemudian masukkan URL blog Anda, lalu klik Find broken link.
Cara-Cek-Link-Error-Blog-Dan-Solusi-Mengatasinya
  • Masukan Security Codenya kemudian klik Find broken link now. Tunggu sampai proses pencarian slesai semua.
Cara-Cek-Link-Error-Blog-Dan-Solusi-Mengatasinya
  • Jika proses telah selesai, maka akan ditampilkan berapa jumlah broken link yang ada di blog kita, seperti gambar dibawah ini.
Cara-Cek-Link-Error-Blog-Dan-Solusi-Mengatasinya
  • Langkah selanjutnya adalah menghapus link-link yang error yang terdapat di blog kita satu persatu. Jika banyak terdapat link yang error disini kita harus sabar agar semua link  error terhapus.
  • Adapun solusi cara menhapusnya adalah, silahkan Anda lihat pada kolom "Page where found" Disitu terdapat dua link url dan scr, jika di klik url maka akan menuju halaman blog kita yang terdapat link error tersebut. Jika di klik pada link scr, maka akan menuju sumber link dalam mode html, seperti gambar dibawah ini.
Cara-Cek-Link-Error-Blog-Dan-Solusi-Mengatasinya
  • Silahkan lihat kode html yang diberi warna merah jambu, disitulah letak link error yang harus dibetulkan atau dihapus.
  • Jika link yang error akibat sebuah link menuju halaman lain, itu bisa dipastikan halaman tersebut sudah dihapus atau diganti makanya terjadi broken link. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan menhapusnya atau menggantinya dengan link lain.
  • Jika link error terdapat pada komentar, silahkan di cek, apakah ada link yang ditinggalkan oleh pembaca di kolom komentar atau tidak, jika iya, pastikan untuk mengeceknya atau bisa juga sekaligus menghapus komentar tersebut.
  • Jika link error terdapat pada profil google plus di komentar, silahkan di cek apakah profil tersebut masih aktif atau tidak, jika sudah tidak aktif, silahkan hapus komentar tersebut.
  • Setelah semua link yang ada dihapus, silahkan cek kembali dengan cara memasukkan kode security dan klik Find broken link now. Jika sudah tidak muncul lagi link-link yang error berarti Anda sudah berhasil menghapus broken link yang ada di blog Anda.
Tips tambahan  :  Setelah melakukan penghapusan link error sepeerti langkah-langkah diatas, silahkan Anda kunjungi Webmaster Tool  untuk mengecek error 404 page not found. Adapun caranya bisa Anda baca di artikel berikut  Cara Mudah Menghapus Error 404 Page Not Found

Sangat di sarankan oleh webmaster untuk selalu mengecek kesehatan sebuah situs secara berkala dan salah satunya adalah dengan menghapus broken link atau link error. Situs yang sehat selain SEO juga situs akan bagus dimata mesin pencari.

Demikian Cara Cek Link Error Blog Dan Solusi Mengatasinya, semoga bermanfaat.

3 komentar

yang aku tanyakan apakah situs Broken Link Checker itu juga milik Google atau bukan mas??

Kalau soal milik Google atau tidak, saya sendiri jg blm tau.

Namun terlepas dari itu, tool tersebut sangat membantu, karena setelah cek dan perbaiki broken link, di webmaster blog langsung naik menurut kesehatan situs mas.

Keberadaan situs pembersih broken link seperti Broken Link Checker ini sangat penting ya mas, buat bersih2 link yang rusak yang bisa mengurangi kualitas blog, saya sering pake ini juga...

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon