11.4.17

Strategi Penempatan Unit Iklan Adsense Untuk Mendongkrak Pendapatan

Tags

Strategi Penempatan Unit Iklan Adsense - Penghasilan Adsense Anda minim dan turun drastis tidak seperti biasanya?... Ha...ha.. itu wajar broo... karena menjadi publisher adsense itu pasti ada pasang surutnya, kadang dapat bayak kadang juga sedikit. Namun jika penurunannya terus menerus dan tak kunjung normal kembali, itu artinya perlu strategi yang perlu diterapkan, baik itu jenis artikel maupun unit iklan adsense yang dipasang.

Lalu pertanyannya, Strategi yang bagaimana yang perlu diterapkan?

Menjadi publisher adsense itu perlu kreatif, terutama didalam memantau kinerja unit-unit iklan yang kita pasang, jangan harap iklan yang sudah terpasang itu akan menghasilkan pendapatan tanpa perlu di optimasi lagi. Salah satu strategi sederhana yang perlu dilakukan adalah dengan cara memantau perkembangan setiap unit iklan, apakah mempunyai kinerja yang bagus atau tidak didalam menyumbang pendapatan.

Secara umum jenis unit iklan yang sering dipasang oleh para publisher adsense adalah, unit iklan responsive, unit iklan 336 x 280, unit iklan 300 x 250, unit iklan tautan, dan juga unit iklan spanduk utama 728 x 90, unit separuh laman 600 x 300 dan juga spanduk seluler ukuran 320 x 100. Mengenai ukuran iklan yang tersukses silahkan baca DISINI.

Target-Pendapatan-Adsense

Strategi Pertama : Penempatan Iklan

Penempatan iklan juga salah satu strategi yang harus diperhatikan untuk mendongkrak pendapatan adsense. Iklan yang tepat adalah iklan yang bisa langsung dilihat oleh pengunjung yang membaca artikel blog. Oleh sebab itu penempatan iklan yang paling bagus adalah didalam konten. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, akan lebih bijaksana bila didalam konten juga jagan terlalu banyak iklan, karena hal tersebut bisa membuat pengunjung menjadi tidak nyaman.

Sebagai contoh saja, gambar dibawah adalah penempatan iklan minimalis, yaitu dengan hanya menempatkan 3 unit iklan saja didalam sebuah laman. Iklan yang pertama adalah iklan dengan ukuran 728 x 90 yang berada di bawah header dan tepat diatas judul artikel. Slot iklan ini biasanya akan pas bila diisi unit iklan responsive. Unit ini akan terlihat pas juga bila dilihat dalam versi mobile.

Target-Pendapatan-Adsense

Unit iklan yang kedua adalah yang berada didalam artikel, tepatnya di akhir artikel dengan ukuran iklan 336 x 280. Walupun dengan slot ukuran 336 x 280, namun terkadang bisa juga muncul iklan dengan ukuran 300 x 250. Sebagai gambaran, unit iklan inilah yang memiliki jumlah klik paling tinggi di blog ini dan dengan nilai BPK lebih besar dari unit iklan yang lain.

Kenapa penempatan unit iklan ini sangat disarankan?, Secara garis besar ketika pengunjung telah selesai membaca artikel barulah mata pengunjung akan disuguhi iklan, dan bila iklan yang muncul memang sesuai dengan topik yang ada di dalam artikel, maka peluang besar pengunjung akan klik iklan.

Unit iklan yang ketiga, adalah unit iklan dengan ukuran 300 x 250 yang berada di sidebar. Walaupun terkadang performanya masih kalah bila dibandingkan dengan unit iklan yang berada didalam artikel, namun unit iklan di sidebar juga sangat menunjang pendapatan, karena unit iklan dengan penempatan tersebut akan selalu terlihat ketika saat laman dibuka maupun saat di homepage.

Ilustrasi gambar penempatan iklan diatas memang hanya 3 unit iklan saja, namun bila Anda ingin menambah pemasangan iklan, Anda bisa menempatkannya di tengah artikel maupun diatas artikel bawah judul. Tapi seperti yang sudah saya katakan diawal artikel, jangan terlalu banyak memasang iklan karena akan membuat pengunjung kurang nyaman dan selain itu blog Anda akan berat loadingnya.

Strategi Kedua : Melihat Kinerja Iklan

Setelah strategi penempatan unit iklan, strategi yang kedua yang mesti diperhatikan adalah memantau kinerja setiap unit iklan yang telah terpasang, apakah mendapatkan klik yang signifikan atau tidak?. Untuk melihat kinerja iklan bagus atau tidak ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya.

  1. Memberi nama yang tepat pada setiap unit iklan.
  2. Membuat saluran khusus (Costum Channel)

Dengan memberi nama unit iklan dengan jelas, tentu kita dapat melihat dengan mudah, apakah iklan tersebut dapat klik yang banyak atau tidak. Saluran khusus fungsinya juga sama untuk melihat kinerja iklan, namun saluran khusus malah akan lebih tertarget. Mengenai saluran khusus, Anda bisa membacanya lebih lengkap di artikel Mengoptimalkan Iklan Adsense Dengan Cara Membuat Saluran Khusus.

Setelah melihat kinerja unit-unit iklan yang terpasang, disitulah kita bisa menentukan iklan mana yang kinerjanya kurang bagus. Bila ada unit iklan yang kurang bagus didalam mendongkrang pendapatan Anda, itu artinya Anda harus menggantinya dengan unit iklan dan ukuran iklan yang lain. Namun, paling tidak dibutukan waktu sekitar 14 hari atau bahkan 1 bulan untuk melihat kinerja unit iklan Anda, jangan iklan baru dipasang 2 hari dan belum berkinerja baik lalu Anda langsung menggantinya.

Kesimpulan

Pada kesimpulannya, untuk sukses menjadi publisher itu memang harus kreatif dan berani untuk bereksperimen baik itu didalam penempatan unit iklan maupun ukuran iklan. Untuk memahami tentang hal-hal tentang kinerja iklan agar pendapatan semakin meningkat memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Selain strategi penempatan iklan dan juga strategi memantau perkembangan iklan, hal yang paling mendasar didalam bermain adsense adalah dari kualitas konten yang kita buat, jika memang konten yang kita buat memiliki kualitas yang baik dan bisa membuat pengunjung puas, niscaya pendapatan kita pun akan semakin meningkat, karena akan banyak pengunjung yang membuka blog kita.

Akhir kata, teruslah berkreasi dan tentap menjadi blogger yang baik didalam menjunjung tinggi etika yang ada. Bagi yang sudah menjadi publisher Adsense, semoga pendapatan Anda semakin meningkat. Dan bagi Anda yang baru saja memabangun blog dan belum diterima Adsense, jangan berkecil hati, tingkatkan kualitas menuli Anda mudah-mudah suatu saat Anda juga bisa menjadi bagian dari publisher Adsense. Salam.

6 komentar

Wah artikel yang bermanfaat nih.. Saya harus banyak belajar nih.. Sayangnya saya blm pake adsense mas, tkt d tolak..

Bermanfaat infonya hehehehe

Maksih mbak kl bermanfaat, saya juga lg belajar :)
Nyoba aja daftar mbak, tp sekarang emang lebih sulit untuk bergabung dengan adsense.

Maksih mas Rijal, syukur dahkl bermanfaat.

Syukur kl bisa membantu kang Ryan, cuma berbagi aja buat penyemangat.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon