10.8.17

Cara Mengatasi Lokal Disk C Penuh Secara Aman

Tags

Cara Mengatasi Lokal Disk C Penuh Secara Aman - Laptop maupun PC Komputer penuh merupakan sebuah peringatan. Agar windows tetap berjalan dengan lancar, sebaiknya Pc Komputer maupun Laptop harus memiliki ruang yang bebas dan longgar pada harddisk komputer maupun laptop dan khusunya pada lokal disk C.

Penyebab lokal disk C penuh, itu bermacam-macam, salah satunya adalah banyaknya aplikasi yang terinstal. Selain itu file sampah juga menjadi penyebab lokal disk C ini penuh, apalagi jika komputer maupun laptop sering digunakan untuk internetan. Karena OS membutuhkan untuk menjalankan berbagai tugas, jika lokal disk C sudah ada tanda peringatan merah, itu artinya harus segera di atasi secepatnya.

Cara Mengatasi Lokal Disk C Penuh
  1. Cara Manual
  2. Disk CleanUp
  3. Menghapus Temporary File
  4. Menggunakan Software CCleaner
  5. Menambah Partisi Yang Lebih Besar
Kelima cara mengatasi lokal disk C penuh diatas, terbukti bisa mengembalikan ruang yang tadinya penuh menjadi longgar kembali. Ok, sekarang kita ulas satu-satu keempat cara mengatasi lokal disk C penuh diatas.

1. Cara Mengatasi Lokal Disk C Penuh Secara Manual

Cara manual mengatasi lokal disk C yang sudah penuh adalah dengan menghapus aplikasi yang sekiranya kurang perlu dan jarang digunakan. Silahkan pilih satu persatu jenis aplikasi yang tidak penting.  Selain menghapus aplikasi yang tidak penting, silahkan buang juga file dokumen dan juga gambar yang tidak terpakai yang tersimpan di lokal disk C.

2. Cara Mengatasi Lokal Disk C Penuh Dengan CleanUp

Cara mengatasi disk C penuh dengan CleanUp adalah sebagai berikut  :
  • Klik kanan pada lokal disk C, lalu klik properties
  • Pada menu lokal disk C Properties, klik Disk Cleanup

Lokal-Disk-C-Penuh-Dan-Cara-Mengatasinya

  • Tunggu sampai proses Disk Cleanup selesai.
  • Centang semua pilihan dan klik Ok

Lokal-Disk-C-Penuh-Dan-Cara-Mengatasinya

3. Cara Mengatasi Lokal Disk C penuh Dengan Menghapus Temporary File

Temporary file adalah file sementara yang dibuat oleh windows untuk menyimpan data internal yang fungsinya diperlukan untuk operasi pada saat itu juga, file ini tidak akan diperlukan lagi untuk keperluan selanjutnya, untuk itu file sampah ini aman untuk dihapus.

Cara menghapus Temporary File  :
  • Klik start windows.
  • Pada kolom pencarian ketikkan "%temp" (tanpa tanda petik).
  • Lalu klik Enter pada keyboar.
  • Jika folder temporary file sudak kebuka, silahkan pilih semua file kemudian delette.

4. Cara Mengatasi Lokal Disk C penuh Dengan Software CCleaner

Menghapus file-file yang ada di lokal disk C yang sudah penuh bisa juga dengan menggunakan software CCleaner. CCleaner bisa digunakan untuk menghapus file-file yang terkadang bandel utuk dihapus secara manual. Silahkan cari software CCleaner ini di google.

5. Menambah Partisi Yang Lebih Besar.

Ini adalah cara terakhir untuk membuat lokal disk C memiliki ruang yang lebih besar. Namun cara ini memang memerlukan teknis tersendiri, untuk itu bila Anda berniat menambah partisi lokal disk C menjadi lebih besar, Anda perlu mempelajarinya atau bisa juga dengan membawa komputer/laptop pada teknisi komputer.

Itual 5 Cara Mengatasi Lokal Disk C Penuh yang bisa kami sampaikan, jika Anda memiliki cara lain yang lebih praktis, silahkan untuk berbagi dikolom komentar, agar bisa bermanfaat bagi yang lain. Salam.

2 komentar

Kalau menambah partisi lebih besar apakah harus install ulang mas?

Ndak harus instal ulang jg bisa mas, caranya cuma membaginya kembali.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon