Profil Desa Dan Kelurahan (Aplikasi Berbasis Web Online)

(PRODESKEL) Profil Desa Dan Kelurahan (Aplikasi Berbasis Web Online). Seiring dengan perkembangan jaman yang serba cepat seperti sekarang ini, maka segala informasi maupun laporan data juga harus menyesuaikan dengan era perkembangan ilmu tekhnologi. Dengan perkembangan tersebut sekarang desa pun dituntut harus menyesuiakan diri dalam menyajikan pelaporan data dengan berbasis online. Baru-baru ini Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan peraturan agar semua desa yang ada di Indonesia diharuskan untuk mengembangkan sistem teknologi komunikasi dan informasi nasional di bidang Profil Desa dan Kelurahan.

Sistem Informasi Profil Desa dan Kelurahan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Prodeskel PMD) merupakan sistem informasi (aplikasi) berbasis Web (Online) dimana pedoman penyusunan dan pendayagunaan datanya berlandaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 (Permendagri 12/2007).  Permendagri 12/2007 tersebut merupakan amanat UU 32/2004 tentang pemerintahan daerah dan UU 26/2007 tentang Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) yang diharuskan untuk mengembangkan sistem teknologi komunikasi dan informasi nasional di bidang Profil Desa dan Kelurahan.

Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan.

Prodeskel PMD adalah sistem informasi yang pengelolaannya dibawah Kendali Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri. Tujuan yang hendak dicapai oleh Prodeskel PMD adalah menjadi penyelenggara pusat data desa dan kelurahan di seluruh Indonesia yang terintegrasi dan berkelanjutan. Pengguna Prodeskel PMD yang diregistrasi mulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat nasional, sehingga dimasa kini dan yang akan datang sistem ini bisa berfungsi sebagai sarana untuk menggali data dan informasi yang akurat dan terkini mengenai desa dan kelurahan.

Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan.

Silahkan simak juga : Cara Cepat Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel

Spesifikasi minimal perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan dan menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut :

1.  PERANGKAT KERAS
Perangkat keras dapat menjalankan aplikasi ini daftarnya adalah sebagai berikut :
  • Komputer Personal (Desktop atau Notebook) - (Direkomendasikan)
  • Tablet
  • Smartphone
  • Printer (Opsional)
2.  PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan perangkat keras tersebut diatas adalah sebagai berikut :
  • Sistem Operasi :
  • Microsoft Windows XP / 7 / 8 untuk Komputer Personal
  • Android untuk Tablet dan Smartphone
  • MacOS untuk MacBook, iPad dan iPhone
  • Windows Phone untuk tablet dan smartphone berbasis Windows
  • Printer PDF : Bullzip, CutePDF (opsional), dapat diunduh secara gratis dari internet.
3.  PERAMBAN WEB
Web browser (browser), peramban ramatraya disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.  Menu bar browser memiliki beberapa fasilitas seperti membuka halaman baru, menyimpan copy halaman yang kita kehendaki, cetak halaman, menyimpan riwayat atau halaman-halaman yang pernah kita kunjungi, bookmark alamat, serta pengaturan browser.   Bagian browser yang paling sering digunakan adalah alamat web (Address Bar) yaitu bagian browser untuk mengentri alamat web yang akan dituju/dijelajahi.

Daftar peramban web populer yang dapat digunakan antara lain adalah :
  • Google Chrome - (Direkomendasikan)
  • Mozilla Firefox - (Direkomendasikan)
  • Internet Explorer
  • Opera
  • Safari
4.  MEMULAI PRODESKEL PMD
Aplikasi ini merupakan sistem informasi yang berbasis web sehingga untuk mengaksesnya membutuhkan koneksi internet.  Alamat untuk mengakses aplikasi ini adalah : prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id.   Setelah menuliskan alamat aplikasi ini di bar alamat peramban web, maka sistem akan merespon dengan menampilkan halaman beranda seperti gambar di bawah ini.

Profil Desa Dan Kelurahan (Aplikasi Berbasis Web Online)

5.  MENU OTENTIKASI PENGGUNA
Otentikasi pengguna merupakan syarat untuk masuk ke dalam aplikasi ini dan merupakan bagian dari keamanan dasar bagi sebuah sistem informasi berbasis web.Dalam halaman otentikasi pengguna harus memasukkan kode registrasi atau nama pengguna di kotak teks Kode Registrasi dan kata sandi pada kotak teks Kata Sandi.  Jika Kode Registrasi dan Kata Sandi tidak cocok dengan Kode Registrasi dan Kata Sandi dalam basisdata aplikasi ini.
  • Klik tombol Masuk
  • Isi Kode Registrasi dengan kombinasi angka :
  • 10 digit untuk pengguna tingkat Desa/Kelurahan atau
  • 7 digit untuk pengguna tingkat Kecamatan
  • 4 digit untuk pengguna tingkat Kabupaten/Kota
  • 2 digit untuk pengguna tingkat Provinsi
  • Nama login untuk pengguna yang melakukan registrasi di Datakini
  • Isi Kata Sandi dengan kata sandi yang benar
  • Klik tombol Kirim
Jika Kode Registrasi dan Kata Sandi benar dan cocok dengan basisdata selanjutnya halaman berubah dengan halaman berikut ini (untuk pengguna tingkat desa/kelurahan)

6.  KELUAR DARI APLIKASI (LOGOUT / SIGN OUT)
Untuk menjaga keamanan sistem dari pihak-pihak yang berniat “jahat“ sebaiknya setelah selesai dengan seluruh kegiatan pengguna mengamankan data yang sudah dientri dalam sistem ini yaitu dengan cara :
  • Klik menu Keluar
  • Sistem akan kembali ke halaman Beranda awal
  • Seluruh data yang ada tidak dapat dimodifikasi oleh siapapun.
Demikian tentang Aplikasi Prodeskel profil desa yang brbasis aplikasi web online, bagi anda yang ingin membukanya silahkan anda meminta passwordnya pada desa atau kelurahan setempat, asalkan jangan untuk disalah gunakan. Semoga bermanfaat. Simak juga Deskripsi Menu Aplikasi Profil Desa (Prodeskel)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

33 Responses to "Profil Desa Dan Kelurahan (Aplikasi Berbasis Web Online)"

  1. Aplikasi Cara Cepat Input KK AK DDK Prodeskel Kemendagri selesai Hanya dalam hitungan 1 hari Hubungi 082214303878

    BalasHapus
  2. kok, saya gagbisa konek,,,, katanya server eror,,,,,gmana ya...? by sms : 082248072380
    makasih..... mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tetap bisa masuk mas, mungkin jaringan setempat mas.

      Hapus
  3. Bagaimana kalau lupa pasword y pak, adakah solusi nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa minta lagi di capil terdekat mas Saiful

      Hapus
  4. Saya dari pemdes tempurejo saya ingin mendapatkan password

    BalasHapus
  5. Saya dari pemdes tempurejo saya ingin mendapatkan password

    BalasHapus
  6. BAGAIMANA UNTUK BISA MENDAPATKAN PASSWORD PEMDES TEPUREJO KAB MGL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Panjenengan hubunggi Capil setempat mas, kalau dulu desa pernah ada pelatihan pasti sudah punya paswwordnya.

      Hapus
  7. mas vinsen lie nanti apa iya masukan DDK bisa dalam hitungan hari, tar sy hub lewat HP. 081 313 192 066

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana cara mendapatkan kode registrasi dan password untuk desa ?

      Hapus
  8. mau nanya nih mas, web nya masih online kah? atau sedang diperbaikin? soalnya begitu saya search mau login input data, kok keterangannya web di hapus dari tgl 05 mei tadi, mohon infonya,, soalnya penginputan data untuk daerah saya belum selesai,
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau gitu lg ada perbaikan mbak, kalau dihapus rasanya ndak mungkin, coba nanti saya cek. Kalau ada pertanyaan biar cepet lewat hangout G+ aja mbak.makasih.

      Hapus
  9. Saya sudah memasukkan kode registrasi dan sandi yang benar, tapi kok tidak bisa login ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin masih salah kodenya

      Hapus
    2. Dicoba lagi, mungkin masih salah, saya bisa login kok.

      Hapus
    3. Hari ini apps prodeskel tidak bisa buat KK baru, tertera diatas kalau buat simpan muncul peringatan dikolom paling atas nomor KK "karakter paling banyak maksimal 10karakter", padahal nomer KK lebih dari 10 karakter. Apakah ini sedang perbaikan?

      Hapus
  10. APLIKASINYA OK,SANGAT MEMBANTU,TRIMKSH

    BalasHapus
  11. jika password tidak bisa masuk keaplikasi prodeskel bagaimana cara memulihkannya,mohon petunjuknya,terimakasih

    BalasHapus
  12. saya lupa kode registrasi dan pasword loging untuk desa lantibongan kecamatan bontosikuyu kabupaten kepulauan selayar, mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kirim email ke alamat ini Pak, sapa@kemendagri.go.id atau bisa kunjungi situs sapa.kemendagri.co.id

      Hapus
  13. Mohon informasinya kami dari kelurahan paslaten dua kota tomohon kami tidak punya kode registrasi dan password-nya , bagaimana cara memiliki kode dan pass baru . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kirim email ke alamat ini Pak, sapa@kemendagri.go.id atau bisa kunjungi situs sapa.kemendagri.co.id

      Hapus
  14. bagaimana untuk login bagi pengguna baru, register cemana dapat faswd nya cemana? yang di tunjukkan ini yang sudah terdaftar jadi bagi yang belum atau yang mau daftar gimana?///??? aeh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kirim email ke alamat ini Pak, sapa@kemendagri.go.id atau bisa kunjungi situs sapa.kemendagri.co.id

      Hapus
  15. bisa nginput pembuatan kartu keluaga dan akta kelahiran juga????

    BalasHapus
  16. Mohon Maaf, Pasword pernah diganti oleh operator lama, dan sekarang lupa, bagaimana solusinya ??????
    Mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika lupa password, jalan satu satunya adalah dengan me resetnya Pak, namun yang punya wewenang Reset Password/Kata sandi Prodeskel hanyalah pengguna tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel ini Pak, http://www.kemejingnet.com/2017/10/cara-reset-kata-sandi-aplikasi-prodeskel.html

      Hapus
  17. knp aplikasi prodeskel ngga bisa ke bukaya, padahal jaringan Ok..

    BalasHapus
  18. knp aplikasi prodeskel ngga bisa ke buka ya, padahal jaringan Ok. .

    BalasHapus
  19. LUPA KODE REGISTRASI SAMA PASWORD GMNA YA

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel