Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya

KemejingNet. Pada tutorial exel yang lalu pernah saya bahas mengenai fungsi countif. Nah pada kesempatan ini kembali akan kita bahas mengenai fungsi filter yang ada pada exel dan cara membuatnya.

Seperti kita ketahui program exel adalah program untuk mengolah kata dan pengolah data. Dengan exel kita dapat membuat data dengan akurat dan juga lebih mudah. Banyak fungsi-fungsi dalam exel yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah dan juga mempercepat pekerjaan. Namun pada kesempatan ini yang akan kita bahas adalah fungsi filter.

Fungsi Filter Pada Ms Exel
Microsoft Office Excel dalam hal ini memberikan sebuah fasilitas untuk mempercepat kerja kita. Fasilitas itu adalah FILTER, fasilitas filter berfungsi untuk menyaring (men-filter) data atau kriteria tertentu yang kita butuhkan.

Anda pasti pernh mencari kriteria tertentu dalam suatu data/dokumen excel dengan jumlah yang sangat banyak, Sungguh akan sangat merepotkan dan akan butuh waktu lama untuk mengerjakannya apabila Anda harus mencarinya satu persatu. Nah dengan fasilitas filter ini Anda kan lebih terbantu untuk mengerjakan hal tersebut.

Cara Membuat Filter Pada Ms Exel
Setelah mengetahu apa fungsi dari fasilitas filter yang ada dalam Ms exel ini, sekarang kita praktekkan sama-sama bagaimana cara membuatnya.

1. Langkah pertama.
Buka file dokumen exel Anda yang ingin Anda kasih filter. Sebagai contoh seperti gambar berikut ini.
Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya

2. Langkah Kedua.
Silahkan Anda blok dari kolom No sampai dengan kolom Status, lalu klik Home-> Sort & Filter -> Filter, lihat gambar berikut ini.

Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya

3. Langkah Ketiga.
Cara memfilternya adalah pilih kriteria yang ingin Anda filter, misalnya seperti contoh pada gambar dibawah, saya akan memfilter jenis kelamin laki-laki. Silahkan Anda klik tanda panah kecil yang ada di sudut kolom. Lalu centang pada kriteria yang Anda inginkan lalu klik Ok.

Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya


Dalam Ms exel banyak sekali fungsi-fungsi yang bisa dimanfaatkan, selain cara filter diatas, untuk mencari jumlah kriteria yang Anda inginkan Anda juga bisa menggunakan Countif. Untuk menentkan kriteria menggunakan countif silahkan Anda simak Fungsi Countif Dalam Microsoft Exel.

Demikian mengenai fungsi filter pada exel dan cara membuatnya, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan salam blogger.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Filter Pada Exel Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel