Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami

Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami. Gula aren adalah salah satu komoditi pertanian yang didapat dari pohon aren atau sering juga disebut enau. Mengenai pohon aren silahkan Anda baca pada artikel yang telah saya tulis sebelumnya yaitu Mengenal Pohon Aren Atau Enau.

Gula aren dihasilkan dari penyadapan bunga pohon aren, air yang disadap dari bunga pohon aren dinamakan nira, dan dari nira itulah selanjutnya bisa dihasilkan gula aren. Proses dari penyadapan sampai dengan menghasilkan gula aren memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Jika Anda ingin mengetahui prosesnya silahkan Anda baca Mengintip Proses Penyadapan Nira Aren.


Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami

Salah satu produk yang menjadi andalan Desa Kemejing adalah gula aren, mayoritas penduduk yang mata pencahariannya petani adalah petani penyadap nira aren disamping kegiatan pertanian lainnya. Kondisi Desa Kemejing yang berbukit memang sangat cocok untuk pertumbuhan pohon aren itu sendiri.

Mungkin bagi Anda yang kebetulan membaca artikel ini bertanya, kenapa judul artikel ini ada kata-kata Gula Aren Alami?.  Memang adakah gula aren yang tidak alami?. Jawabannya silahkan baca terus artikel ini yah..

Gula Aren Alami 
Gula Aren Alami adalah gula aren yang benar-benar murni yang dihasilkan dari cairan nira tanpa ada campuran dari bahan lainnya. Perlu Anda ketahui ada berbagi jenis gula yang ada dipasaran, ada gula yang dihasilkan dari penyadapan pohon kelapa yang produknya sering disebut gula kelapa atau kadang disebut juga gula jawa.

Gula Aren Non Alami
Gula aren non alami adalah gula aren yang sudah tidak murni lagi dibuat dari cairan nira. Disini ada 3 macam gula aren yang sudah tidak asli lagi karena sudah dicampur dengan bahan lain. Berikut ini diantarannya :

1. Gula Aren Campuran Gula Kelapa  :
Pada kasusu ini biasanya para produksi gula atau petani gula akan mencampurkan cairan yang dihasilkan dari penyadapan pohon kelapa dan cairan nira yang dihasilkan dari penyadapan pohon aren. Pada gula jenis ini kualitasnya masih cukup bagus walaupun tidak seperti gula aren yang asli tanpa campuran.

Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami

2. Gula Aren Campuran Dengan Gula Pasir  :  
Pada gula jenis ini biasanya dilakukan oleh para pedagang. Pada kasus ini biasanya dilakukan untuk menghasilkan jenis gula yang tadinya kualitasnya kurang bagus (terlalu hitam) akan diproses kembali dan dicampur dengan gula pasir. Campuran yang dihasilkan dari keduanya akan menghasilkan tampilan gula aren yang lebih menarik (kuning kecoklatan). Namun gula jenis ini umumnya konturnya sangat keras, biasanya para pedagang melakukan hal ini adalah untuk menaikkan harga pasar.

3. Gula Aren Dengan Campuran Bahan Berbahaya  :
Disini adalah kasus yang paling mengerikan, peredaran bahan-bahan pengawet makanan berbahaya saat ini tidak hanya terjadi di perkotaan saja, di desapun demikian pula. Kasus bahan makanan berbahaya yang ada digula aren, biasanya dilakukan oleh para produksi gula aren karena ingin mendapatkan hasil yang bagus pada produksi gulanya. Namun disini saya sendiri belum sempat membuktikannya. 

Pada kasus ini ada beberapa petani yang mencampurkan sebuah serbuk putih yang kalau dicium baunya sangat menyengat, namun saya sendiri tidak mengetahui apakah itu formalin atau boraks. Hal ini dilakukan manakala hasil dari nira sangat sulit untuk diproses, dan juga karena ingin mendapatkan hasil produksi yang bagus (kuning kecoklatan) agar harga pasaran tinggi.Gula jenis ini tidak akan kuat bertahan lama, gula berbau amis, cepat meleleh, bila tidak disimpan rapat maka akan tumbuh jamur pada gula.

Cara Mendapatkan Gula Aren Yang Benar-benar Alami.
Untuk mendapatkan gula aren yang benar-benar alami, tentunya dibutuhkan pengetahuan tetang ciri-cirinya, atau bila Anda bisa membelinya dari para petaninya langsung sekalian bisa menayakan keaslian gula aren tersebut. Mengenai ciri-ciri gula aren alami dan non alami silahkan tunggu pada update artikel yang selanjutnya.

Demikian mengenai Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami, semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi semua terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel