Sosor Bebek Dan Manfaat Kegunaannya

KemekingNet.Com - Sosor Bebak Dan Manfaat Kegunaanya. Sosor bebek lebih terkenal sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, namun sosor bebek juga banyak tumbuh liar di kebun maupun dipinggir parit yang tanahnya banyak berbatu. Selain sebagai tanaman hias cocor bebek juga mempunyai manfaat serta kegunaan sebagai obat herbal.

Tumbuhan yang mempunyai nama latin (Kalanchoe pinnata syn. Bryophyllum calycinum syn. Bryophyllum pinnatum) ini adalah tumbuhan yang konon katanya berasal dari Madagaskar. Yang membuat unik dari tanaman ini adalah cara berkembangbiaknya, cocor bebek berkembangbiak melalui tunas daun (tunas/advensif)

Sosor Bebek Dan Manfaat Kegunaannya

Cocor bebek mempunya tekstur batang yang lunak dan juga beruas, daun dari cocor bebek sedikit tebal berdaging yang banyak mengandung kadar air. Tanaman ini mempunyai warna daun hijau muda, namun ada juga jenis lain yang berwarna abu-abu. Cocor bebek mempunyai bunga majemuk dan buah kotak.

Nama sosor bebek kemungkinan didapat dari jenis daunnya yang memanjang seperti sosor bebek. Penyebaran yang besar pada sosor bebek kemungkinan utamanya adalah karena kepopuleran tanaman ini sebagai tanaman hias.

Silahkan simak juga :  Pesona Indah Bunga Anggrek Hutan

Manfaat Dan Kegunaan Sosor Bebek

Selain indah bila dijadikan tanaman hias, sosor bebek juga mempunya berbagai khasit herbal untuk mengobati berbagai penyakit ringan karena sosor bebek mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalium, oksalat, asam fomiat dan tanin.

Ramuan dari sosor bebek dapat digunakan sebagai obat tradisional yang bisa mengobati berbagai penyakit diantaranya sakit kepala, batuk, borok, dan juga bisa menyembuhkan demam dan obat luka serta bisul.

1. Untuk Mengobati Demam Caranya : Ambilah daun sosor bebek secukupnya lalu dipotong-potong dan ditempelkan pada perut

2. Untuk Mengobati Luka Caranya : Ambilah daun sosor bebek secukupnya, kemudian daun sosor bebek diparut, beri sedikit air lalu tempelkan pada luka, perbaharui setiap 3 jam sekali.

Mungkin yang belum pernah melihat sosor bebek akan sedikit binggung karena memang banyak jenisnya. Ada sosor bebek yang daunnya panjang, namun ada juga sosor bebek yang daunnya agak bulat oval, namun dalam fungsinya sebahai herbal tetap sama.

Demikian postingan singkat kali ini tentang sosor bebek dan manfaat kegunaannya, semoga informasi ini bisa menambah wawasan tentang berbagai macam tumbuhan yang ada di sekitar kita, sekian semoga bermanfaat. Wasalam.

Sumber Referensi :  https://id.wikipedia.org/wiki/Cocor_bebek
Gambar :  Koleksi Pribadi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sosor Bebek Dan Manfaat Kegunaannya"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel