4 Faktor Kenyamanan Bagi Pengunjung Blog

KemejingNet - 4 Faktor Kenyamanan Bagi Pengunjung Blog. Memiliki sebuah blog itu ibaratnya kita memilki sebuah rumah, enak dan tidaknya sebuah rumah untuk dilihat dan juga disinggahi itu tidak bisa diukur dari tampilan yang terlihat megah ataupun mewah, namun sebuah rumah yang enak ditempati atau disinggahi menurut saya itu terletak pada tata ruang yang memang selaras.

Begitu pula dengan sebuah blog, sebuah blog yang enak untuk disinggahi itu tidak bisa diukur dari bagusnya template yang dipakai, namun lebih pada apa yang ada dalam blog tersebut. Dan faktor yang juga sangat menunjang adalah sang tuan rumah itu sendiri.



Berikut ini beberapa faktor blog yang nyaman untuk disinggahi.

1. Loading Blog Ringan.
Kecepatan loading sebuah blog adalah faktor penting dari sebuah blog bagi pengunjung, loading blog yang lambat kemungkinan besar akan ditinggalkan orang yang mau mengunjungi sebelum orang tersebut berhasil membuka pintu blog Anda.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi lambatnya loading sebuah blog, namun disini saya tidak akan membahas soal faktor-faktor tersebut, karena pasti sebagai seorang blogger Anda semua telah mengetahui hal itu.

Baca juga  :  5 Hal Yang Bisa Mempengaruhi Pengunjung Blog

2. Artikel
Sebuah blog yang memiliki banyak artikel yang bermanfaat pasti akan disukai oleh pengunjung, dan bahkan tidak menutup kemungkinan, pengunjung akan kembali dan kemabli lagi mengunjungi blog Anda untuk mendapatkan berbagai informasi maupun pengetahuan yang bisa dipelajari dari blog Anda.

3. Struktur Navigasi
Struktur navigasi juga mempunyai peranan penting bagi kenyamanan pengunjun sebuah blog, dengan struktuktur navigasi yang jelas, pengunjung dapat menjelajah blog kita dengan leluasa dan enak.

Pada umumnya struktur navigasi dipasang di header, sidebar dan juga footer. Bentuk struktur navigasi tersebut diantaranya, menu label, widget artikel popular, widget artikel terbaru, arsip blog maupun widget follower, dll.

Dengan adanya navigasi tersebut pengunjung dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah di blog kita. Dengan adanya widget-widget yang saya sebutkan tersebut pengunjung kemungkinan besar akan betah lama dan nyaman untuk mencari informasi yang dibutuhkan dengan mudah.

4. Tuan Rumah (Admin Blog)
Admin blog mempunyai andil besar bagi kenyamanan pengunjung blog, bisa Anda bayangkan apabila Anda bertamu ketempat orang namun sang pemilik rumah kurang menyambut dengan enak, pasti Anda akan merasa tidak betah lagi dan cepat-cepat ingin pulang, dan yang pasti Anda akan kapok untuk berkunjung kembali.

Agar pengunjung tidak kapok untuk datang ke blog kita lagi, alangkah baiknya kalau kita bisa membalas setiap komentar yang ditinggalkan oleh pengunjung. Pengunjung yang komentarnya ditanggapi tentu akan merasa dihargai.

Memang hal ini kadang saya sendiripun belum bisa melakukannya 100%, apalagi kalau lagi banyak pekerjaan offline, pasti jadi jarang membuka blog, dan akhirnya, jadi telat untuk membalas komentar yang ada, dan juga untuk blogwalking balik.

Itulah 4 faktor kenyamanan bagi pengunjung blog, menurut pendapat saya, mungkin Anda punya pendapat lain tentang hal ini, silahkan tulis pendapat Anda di kolom komentar, agar kita bisa saling berbagi. Demikian semoga ada manfaatnya. Happy blogging.

Hanyalah manusia biasa yang jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah