Mengenal Tanaman Sirih Dan Manfaatnya

KemejingNet - Mengenal Tanaman Sirih Dan Manfaatnya. Sirih adalah tumbuhan yang merambat atau menempel pada tumbuhan inang atau pohon lainnya. Pada umumnya sirih sering ditanam disekitar pekarangan rumah, selain bagus untuk hiasan sirih juga mempunyai manfaat yang bermacam-macam untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia terutama daerah Propinsi Kepulauan riau. Seperti ditulis dalam Wikipedia, Masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih terutama pada saat penyambutan tamu dan juga menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis Penyakit.

Tanaman Sirih
Namun pada umumnya tanaman sirih dapat dijumpai diseluruh Indonesia. Di Jawa pada jaman dulu sirih sering juga digunakan untuk Nginang (Bahasa jawa, mengunyah sirih) oleh para prempuan. Namun pada saat ini sangat jarang dijumpai orang nginang lagi.

Ciri-Ciri Tanaman Sirih

Tanaman sirih adalah tanaman merambat yang bisa mencapai ketinggian 15 m. Sirih mempunyai batang kecoklatan agak hijau dan berbetuk bulat serta mempunyai ruas. Dari ruas-ruas tersebut bisa tumbuh akar yang bisa menenpel pada tumbuhan lain. Daun sirih mempunyai bentuk seperti jantung dan berujung runcing serta mempunyai urat-urat pada daunnya.

Daun sirih akan mengeluarkan bau yang sedap apabila diremas. Sirih juga mempunyai bunga majemuk yang memiliki bulir berbentuk bulat. Dipakal bunga terdapat daun pelindung yang berbentuk bulat panjang. Pada bunga jantan terdapat bulir panjang terdapat 2 benang sari yang pendek. Sedangkan pada bulir betina terdapat kepala putik tiga sampai lima buah yang berwarna putih dan hijau kekuningan. (Wikipedia)

Silahkan baca juga  :  Mengenal Tumbuhan Kepel Dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Tanaman Sirih

Dari sepengetahuan yang pernah saya temui ada dua macam tanaman sirih yang ada, yaitu tanaman siring biasa pada umumnya yang daunnya berwarna hijau dan ada juga tanaman siring yang mempunyai daun berwarna merah tua, atau yang sering disebut suruh wulung.

Sirih Hijau :  Adalah sirih yang mempunyai daun berwarna hijau dan batangnya hijau kecoklatan, sirih jenis ini banyak dijumapai diberbagai tempat di Indonesia.

Sirih Wulung : Adalah sirih yang mempunyai daun berwarna agak merah ungu, batang dari suruh wulung juga berwarna merah ungu. Suruh wulung sering juga disebut suruh keraton.

Tanaman Sirih Wulung

Kandungan Dan Manfaat Daun Sirih

Daun sirih mengandung minyak astiri dan minyak terbang seskuiteropen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang mempunyai daya mematikan untuk membunuh kuman. Daun sirih juga mempunyai daya antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Oleh karena itu daun sirih bisa berkhasiat untuk menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri dan cendawan.

Manfaat lain daun sirih adalah bisa menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit dan gangguan saluran pencernaan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah dan menghentikan perdarahan. Kandungan bahan aktif fenol dan kavinol daun sirih hutan juga dapat digunakan sebagai pestisida nabati untuk pengendalian hama penghisap tanaman.

Mengenal tumbuhan disekitar kita itu sangat bermanfaat dan salah satunya tumbuhan sirih ini. Siapa tau di satu saat kita membutuhkannya untuk dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan suatu penyakit. Semoga bermanfaat. Salam blogger and happy blogging.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Tanaman Sirih Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel